Tips & Trik Cara Menabung yang Mudah

06 Mar 2019 by Edwin

Jika menabung adalah hal yang mudah untuk dilakukan, mungkin sudah banyak dari kita yang memiliki banyak uang dalam rekening.

Nyatanya, perkara menabung itu bukan hal yang sepele lho. Masih banyak orang yang belum menemukan formula dan cara menabung yang sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

Alasan kenapa susah menabung? Masih banyak orang yang menggantungkan hidup dari gaji ke gaji sehingga susah menyisihkan uang untuk ditabung.

Jika Kamu ingin terbebas dari lingkaran hidup dari gaji ke gaji dan mulai menabung, ikuti tips dan trik berikut untuk memahami cara menabung yang tidak memberatkan!

1. Taati budget

Memang sulit untuk menabung jika masih nggak tahu sama sekali kemana saja gajimu pergi dalam sebulan.

Maka dari itu, Kamu perlu rutin membuat perencanaan budget untuk mengatur gaji bulananmu.

Porsi membagi gaji untuk berbagai kebutuhan yang paling umum adalah dalam porsi 50/30/20.

20% dari gaji bulananmu sebaiknya disisihkan untuk keperluan finansial, seperti membayar tagihan maupun menabung.

Nah, kalau sudah punya perencanaan budget seperti ini, Kamu perlu menaatinya agar nilai tabunganmu terus bertambah setiap bulannya.

Agar terasa lebih ringan, di awal tabung dulu paling tidak 10% dari gaji selama 3-4 bulan di awal. Setelah menabung dengan jumlah tersebut dirasa ringan, Kamu bisa menambah porsi tabunganmu hingga 20% dari gaji atau malah lebih.

2. Menabung secara otomatis

Teknologi sudah semakin canggih. Sekarang pun sudah memungkinkan untuk menabung secara otomatis, yaitu dengan tabungan berjangka/auto debit.

Dengan mendaftar sistem ini, uang dalam rekeningmu akan otomatis dipotong oleh sistem dari bank untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan.

Sehingga Kamu nggak perlu repot-repot lagi transfer dari rekening biasa ke rekening tabungan secara rutin dan manual.

Tabungan berjangka memiliki sistem kunci uang, dimana Kamu nggak akan bisa mengakses uang tabunganmu hingga periode menabung berakhir.

Cara menabung ini cocok buat yang sering mengalami kesulitan menyisihkan uang untuk ditabung.

Selain itu, cara menabung dengan tabungan berjangka cocok bagi orang-orang yang membutuhkan dana besar untuk beberapa tahun kedepan.

3. Ada pemasukan tambahan? Langsung ditabung!

Kalau Kamu adalah tipe orang yang suka mengerjakan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama, penghasilan dari pekerjaan sampingan sebaiknya langsung ditabung!

Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk “memanjakan diri” dengan hasil kerja keras dari kerja sampingan.

Boleh-boleh saja memanjakan diri, hanya saja agar pekerjaan sampingan terasa lebih menguntungkan, sisihkan sebagian penghasilan kerja sampingan tersebut untuk ditabung.

Selain penghasilan tambahan dari kerja sampingan, jika Kamu mendapat kenaikan gaji, itu artinya kenaikan jumlah tabungan, bukan malah peningkatan gaya hidup.

4. Hindari belanja mendadak

Kamu datang ke pusat perbelanjaan dengan tujuan awal membeli kebutuhan bulanan. Tapi Kamu pulang dengan sekantong belanjaan dan sepasang sepatu baru yang tidak dibutuhkan.

Kalau sering mengalami hal ini, tandanya Kamu punya kecenderungan untuk belanja secara impulsif atau kebiasaan belanja mendadak.

Kebiasaan ini tidak baik untuk keuangan pribadimu! Uang akan cepat habis di luar perencanaan yang Kamu buat di awal.

Untuk menghindarinya, biasakan untuk selalu membawa daftar belanjaan sebelum berangkat belanja.

Selain itu, sebisa mungkin Kamu perlu menghindari sosial media. Kemudahan belanja online hanya dengan swipe up setelah melihat iklan sepatu sering menjadi alasan untuk belanja online secara impulsif.

5. Aturan pembelian 24 jam

Bagi Kamu yang hobi belanja online, aturan pembelian 24 jam ini cocok untuk menghemat pengeluaran.

Aturannya, setelah membeli barang dari aplikasi eCommerce, jangan langsung selesaikan pembayaran pada saat itu juga!

Tunggu sampai mendekati 24 jam sebelum menyelesaikan transaksi.

Waktu 24 jam adalah waktu yang cukup untuk kembali mempertimbangkan pembelian, apakah barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Dengan menunda pembayaran, seringkali Kamu akan lupa sudah membeli barang tersebut karena sebenarnya barang tersebut tidak benar-benar Kamu butuhkan.

Jangka waktu 24 jam biasanya adalah waktu maksimal untuk menyelesaikan pembayaran sebelum pesanan dibatalkan oleh aplikasi eCommerce.


Dengan mengikuti berbagai cara menabung di atas, Kamu akan lebih mudah mengumpulkan uang dalam rekening tabungan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman onlinebagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

[su_button url=”https://kp.onelink.me/o4cz/blog” target=”blank” style=”flat” background=”#79c143″ size=”8″ text_shadow=”3px 2px 3px #000000″]Pinjam Sekarang![/su_button]

mobile-closeKredit PintarDownload