Tipe Orang yang Harus Kamu Tolak Saat Meminjam Uang

19 Feb 2018 by Edwin

Permintaan meminjam uang seringkali menjadi awal mula rusaknya persahabatan. Apalagi jika si peminjam tidak kunjung mengembalikan dana tersebut. Namun di sisi lain, kamu terkadang tidak tahu apakah orang tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Oleh sebab itu, sangat penting bagimu untuk tahu tipe orang yang sebaiknya tidak kamu pinjamkan uang. Yuk kita telisik lebih lanjut 3 tipikal orang yang harus dihindari dalam meminjamkan uang:

  1. Orang yang Langsung Menolak Bank
    Ketika kamu diminta untuk meminjamkan uang, cobalah tawarkan padanya untuk meminjam langsung ke bank. Dan tanyakan padanya bahwa kamu akan membantu mengurus persyaratan agar pinjamannya diterima oleh pihak bank.Seseorang yang memang membutuhkan uang, dan memiliki niat mengembalikannya akan setuju kepada tawaran yang kamu ajukan.

    Terkadang bank hanya akan menerima 70-80% saja dana yang diajukan. Kamu bisa menjanjikan akan membantu menyediakan kekurangan dana tersebut.

    Namun jika orang tersebut sejak awal sudah tidak mau berurusan dengan bank, ada baiknya kamu tidak perlu memperdulikan permohonan pinjaman uang yang dia ajukan.

  2. Tidak Mau Memberikan Jaminan
    Beberapa orang sangat berharap bahwa pertemanan selama ini akan memuluskan urusan pinjam meminjam. Walaupun orang tersebut sudah sangat sering membantumu dalam pekerjaan, namun urusan uang haruslah kamu lakukan dengan “management resiko” yang baik.Kamu bisa menawarkan memberikan pinjaman dengan jaminan sesuatu yang memiliki nilai yang cukup berharga. Kamu dapat mengatakan padanya bahwa jaminan tersebut akan kamu simpan dengan sebaik-baiknya.

    Jika dia ragu pada janji yang kamu berikan, besar kemungkinan diapun sebenarnya meragukan memiliki kemampuan mengembalikan hutang.

  3. Memiliki Banyak Alasan
    Beberapa orang yang ingin berhutang akan mengatakan padamu bahwa dia tidak bisa berhutang ke bank karena:- Tidak memiliki rekening di bank
    – Masih memiliki hutang di bank
    – atau Tidak mau berurusan dengan bank

    Beberapa orang yang ingin berhutang juga akan mengatakan bahwa dia tidak memiliki barang berharga lainnya karena:

    – Sedang dijaminkan di pihak bank
    – Memang tidak memiliki barang berharga

    Teman yang berhutang padamu dengan alasan tersebut, sebaiknya tidak perlu kamu pedulikan. Karena pada dasarnya merekapun sedang memiliki hutang yang tidak sanggup mereka bayar.

Namun tentu saja, artikel ini tidak dapat menjadi sebuah patokan mutlak. Semua harus dilihat dari berbagai sisi. Semisal dari sisi kemanusiaan.

Kamulah yang tetap memegang kendali akan dibawa ke mana hubungan pertemanan ini.

Nah, daripada meminjam ke teman, yuk download KreditPintar, app pemberi pinjaman tanpa ribet dan cuma butuh  tersedia di google play. Yuk, download aplikasinya disini https://goo.gl/NpwFBz