Kenapa Kamu Belum Bisa Ajukan Pinjaman Kredit Pintar?

22 Jul 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 22 Jul 2022

Hi Sobat Pintar. Bingung kenapa kamu belum bisa mengajukan pinjaman Kredit Pintar? Tenang, kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini, Kredit Pintar memang sedang melakukan pemeliharaan sistem untuk memperkuat sistem pengajuan pinjaman.

Pemeliharaan sistem ini dilakukan karena Kredit Pintar, sebagai lembaga keuangan non-bank kategori fintech lending, terus berupaya melakukan pengembangan-pengembangan dalam fitur aplikasinya.

Baca juga: Kredit Pintar Berikan Edukasi Literasi Keuangan kepada Pengemudi Ojek Online 

Kami segera beroperasi setelah merampungkan pemeliharaan sistem ini sehingga kamu dapat mengajukan pinjaman Kredit Pintar dengan lebih aman ke depannya. Jadi, tunggu kabar lanjutan dari kami ya!

Ciri pinjaman online yang aman

Jangan lupa juga Sobat Pintar, kalau pinjaman online pilihanmu harus aman. Nah, mau tahu apa saja ciri-ciri pinjaman online yang aman? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Bunga dan biaya tambahan ditampilkan secara transparan

Tidak jarang pengguna aplikasi pinjol bingung karena jumlah pencairan dana di rekening yang diterima, lebih kecil daripada yang diajukan dalam aplikasi. Umumnya, potongan tersebut berasal dari biaya lain-lain saat melakukan pengajuan. Sayangnya, tidak semua pinjaman online memperlihatkan potongan tersebut secara transparan, sehingga pengguna merasa jumlah pencairannya tidak sesuai dengan pinjaman yang diajukan.

Selain itu, ada juga bunga pinjaman yang tidak ditampilkan secara transparan pada halaman pengajuan pinjaman. Sehingga, ada pengguna yang terkejut dengan nominal bunga yang muncul secara tiba-tiba menjelang jadwal pembayaran pinjaman. 

Bagi pinjaman online aman, praktek tersebut tidak diperbolehkan, sehingga pastikan bahwa aplikasi pinjaman pilihanmu menampilkan bunga dan biaya tambahan secara transparan, ya. 

2. Meminta izin akses kamera, mikrofon, dan lokasi

Dalam setiap aplikasi yang diinstal pada smartphone, umumnya akan meminta izin mengakses fitur tertentu. Namun, pada aplikasi pinjaman online aman hanya akan meminta akses CAMILAN (camera, microphone, dan location). Permintaan izin akses tersebut bertujuan untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan saat menggunakan layanan pada aplikasi pinjaman online.

Baca juga: Gandeng Komunitas, Kredit Pintar Gelar Kelas Pintar Bersama di Bandung

Artinya, berhati-hatilah jika aplikasi pinjaman online pilihanmu meminta izin akses di luar 3 fitur tersebut karena berpotensi menghadirkan ancaman ketidakamanan pada proses pengajuan pinjaman.  

3. Layanan pelanggan yang disediakan tidak pernah meminta transfer dana

Dengan adanya layanan pelanggan yang mudah diakses, pengguna bisa menyampaikan keluhan, pertanyaan, maupun saran bagi penyedia pinjaman online dengan aman. 

Umumnya, informasi layanan pelanggan tersedia dalam media sosial yang memiliki centang biru, email yang memiliki nama domain sama dengan perusahaan penyedia pinjaman, dan telepon. Tim layanan pelanggan akan siap sedia melayani pelanggan hingga permasalahan selesai.

Namun, perlu diingat bahwa layanan pelanggan tidak akan pernah meminta pengguna untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening pribadi. Jika hal tersebut terjadi, jangan lanjutkan percakapan karena kemungkinan besar itu adalah modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan penyedia layanan pinjaman online. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

22 Jul 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download