Tanggal Berapa Awal Puasa 2022? Ini Jadwal Puasa

22 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 05 Apr 2022

Setiap tahunnya, masyarakat pasti akan menjalani puasa Ramadan. Ibadah puasa tersebut merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan selama satu bulan penuh. Biasanya, tanggal berapa awal puasa sudah mulai diperkirakan oleh para pemuka agama Islam. Begitu juga dengan puasa 2022 yang sebenarnya sudah diperkirakan akan jatuh pada awal-awal bulan April mendatang.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\10\Tanggal Berapa Awal Puasa 2022 Berikut Prakiraan Jadwalnya.jpg

Namun, seperti apa metode penentuan awal puasa yang dilakukan oleh umat Islam? Lalu, kira-kira tanggal berapakah perkiraan awal puasa 2022? Untuk mengetahui jadwal prakiraan tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Apa Itu Fidyah? Ini Cara Membayar Fidyah Puasa

Cara Penentuan Awal Puasa dan Idul Fitri 

Dalam menentukan awal puasa dan hari raya Idul Fitri, umat Islam mempunyai caranya tersendiri. Cara tersebut disesuaikan dengan ajaran dari Nabi Muhammad SAW. Penentuan awal puasa termasuk puasa 2022, dapat ditentukan dengan 2 metode. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\10\Cara Penentuan Awal Puasa dan Idul Fitri.jpg

Metode pertama adalah hisab dan metode kedua adalah rukyatul hilal. Kedua metode itu sama-sama digunakan untuk menentukan berakhirnya bulan lalu dan dimulainya bulan baru dalam kalender Hijriah. Dalam metode hisab, dilakukan perhitungan yang didasarkan pada posisi geometris benda-benda di langit seperti bulan, bumi, dan matahari. Ilmu hisab ini juga disebut dengan ilmu astronomi. 

Ada 2 metode yang dipakai dalam metode hisab yaitu hisab urfi dan hisab hakiki. Hisab urfi merupakan metode penentuan awal bulan yang tidak berpatokan dengan gerak benda langit. Sementara itu, hisab hakiki adalah metode yang dilakukan dengan menghitung gerak faktual bulan. Perlu kamu ketahui jika metode hisab ini dipakai oleh Muhammadiyah untuk menentukan awal dan akhir bulan Hijriyah.

Selanjutnya, selain metode hisab, ada juga metode rukyatul hilal. Ruqyah diartikan sebagai aktivitas melihat dan mengamati bulan yang terlihat di ufuk barat. Lalu, hilal adalah penampakan bulan baru yang menandakan dimulainya bulan baru. Jadi, jika diterjemahkan, rukyatul hilal adalah metode penentuan bulan baru dengan penglihatan secara fisik. 

Sesuai dengan metode rukyatul hilal, awal bulan dalam kalender Hijriyah bisa ditetapkan jika bulan telah berada di ketinggian 2 derajat. Penentuannya biasanya dimulai saat matahari terbenam atau saat magrib, karena menyesuaikan dengan perhitungan hari sesuai dengan kalender Hijriyah. Metode satu ini biasanya digunakan oleh Nahdlatul Ulama’ atau NU. 

Jadwal Puasa 2022

Pemerintah Indonesia akan melakukan sidang isbat untuk menentukan tanggal berapa puasa 2022 tepatnya. Hanya saja, sidang isbat tersebut akan dilakukan di akhir bulan sya’ban. Sehingga, untuk saat ini belum ditentukan secara pasti kapan dimulainya puasa 2022.

Baca juga: 6 Rekomendasi Resep Bumbu Jagung Bakar yang Enak

Namun, jika merujuk pada perhitungan yang dilakukan oleh organisasi Islam seperti PP Muhammadiyah maupun kalender Islam Global tahun 1443 H, maka kita bisa memperkirakan kapan awal puasa 2022. 

Menurut Kalender Islam Global tersebut, puasa 2022 atau 1 Ramadan 1443 H akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022 hingga Minggu, 1 Mei 2022. Dengan begitu, untuk hari raya Idul Fitri dapat diperkirakan akan jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. 

Adanya prakiraan ini setidaknya bisa dijadikan sebagai bentuk persiapan bagi para umat Muslim. Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat Islam. Di bulan tersebut, umat Islam bisa meningkatkan ibadahnya secara penuh. Lalu, di akhir puasa bisa menyambut hari raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan. 

Persiapan Menyambut Bulan Puasa 2022

Nah, setelah mengetahui perkiraan tanggal berapa awal puasa 2022, ada beberapa  hal yang tentunya harus kamu persiapkan. Persiapan tersebut diantaranya berhubungan dengan fisik, mental, materi, hingga persiapan amal seperti dalam penjelasan berikut.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\10\Persiapan Menyambut Bulan Puasa 2022 (2).jpg

Mempersiapkan Amal Sebelum dan Saat Puasa

Bulan puasa atau bulan Ramadhan ditujukan sebagai bulan ibadah untuk masyarakat Muslim. Ibadah yang bisa dilakukan tidak terbatas pada ibadah puasa saja, melainkan juga ibadah lainnya. Meskipun bulan puasa 2022 belum tiba, tetapi tidak ada salahnya kamu juga mulai mempersiapkan dan meningkatkan amal ibadah. 

Contohnya, dengan rutin melakukan puasa senin-kamis di bulan Rajab dan Sya’ban. Apalagi dua bulan tersebut juga menjadi bulan yang dimuliakan dalam agama Islam. Lalu, ada baiknya juga apabila kamu mulai merencanakan ingin mencapai target ibadah apa saja di bulan puasa nanti. 

Misalnya saja, kamu ingin khatam 30 juz selama bulan puasa, maka setidaknya dalam 1 hari kamu harus bisa membaca 1 juz. Apabila mampu, tidak ada salahnya juga jika kamu mulai membantu umat Islam lain untuk berbuka puasa. Sehingga, bukan hanya amalan puasa saja yang kamu lakukan, namun ada amalan tambahan lainnya yang bisa melipatgandakan pahala. 

Baca juga: 10 Cara Mengobati Cegukan yang Dapat Kamu Lakukan

Mempersiapkan Fisik dan Jasmani

Selain mempersiapkan amal, salah satu persiapan penting untuk puasa 2022 yang harus dilakukan adalah persiapan fisik dan jasmani. Apalagi di tengah wabah Covid-19 yang belum sempurna berakhir, kesehatan fisik dan jasmani harus tetap dijaga supaya bisa melakukan ibadah dengan penuh.

Jangan lupa untuk mempersiapkan persediaan vitamin, obat, maupun suplemen untuk menjaga tubuh kamu tetap fit. Ibadah puasa juga sering kali menyebabkan dehidrasi, sehingga konsumsi air juga harus dipenuhi. Usahakan untuk tetap konsumsi air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. 

Mempersiapkan Kebutuhan Puasa Sehari-Hari

Kebutuhan sehari-hari selama puasa juga tidak kalah penting untuk dipenuhi. Setiap harinya, kita akan melakukan sahur dan buka puasa. Hidangan yang disajikan setidaknya harus memenuhi kriteria makanan sehat dan bergizi. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\10\Persiapan Menyambut Bulan Puasa 2022.jpg

Selain itu, ada pula makanan-makanan khas bulan puasa yang sayang sekali untuk dilewatkan. Contohnya, kurma, kolak, es buah, gorengan, maupun makanan-makanan khas lainnya. Tidak lengkap rasanya jika makanan-makanan khas tersebut tidak disajikan saat berbuka. 

Mempersiapkan Materi

Tidak dapat dipungkiri jika bulan puasa sebenarnya membutuhkan pengeluaran cukup banyak. Mulai dari pengeluaran untuk sahur, berbuka, shodaqoh, hingga persiapan lebaran. Tentu saja, hal ini juga harus turut kamu persiapkan untuk membantu memaksimalkan ibadah di puasa 2022 nantinya. 

Persiapan materi ini bisa kamu lakukan bahkan sebelum puasa. Cobalah untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang tepat sebelum bulan Ramadhan. Sehingga, saat puasa tiba nantinya, kamu masih memiliki persediaan keuangan yang cukup.

Mempersiapkan Perlengkapan Ibadah

Persiapan terakhir yang perlu kamu perhatikan untuk puasa 2022 tidak lain adalah perlengkapan ibadah. Perlengkapan ibadah yang dimaksud di sini adalah berhubungan dengan ibadah sholat. Apalagi saat bulan puasa, pastinya akan ada ibadah sholat tarawih. Nah, untuk itu, tentu kamu bisa mulai mempersiapkan perlengkapan seperti mukenah, sajadah, peci, sarung, dan lainnya. 

Baca juga: 6 Manfaat dari 6 Cara Manajemen Waktu Paling Efektif

Dari penjelasan di atas, akhirnya terjawab sudah pertanyaan tanggal berapa bulan puasa 2022 nantinya. Dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan, mari mulai meningkatkan ibadah dan jangan lupa untuk mulai mempersiapkan beberapa hal di atas, termasuk persiapan fisik. Jangan lupa tetap jaga kesehatan supaya kita bisa jalani bulan puasa dengan lebih maksimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download