10 Cara Mengobati Cegukan yang Dapat Kamu Lakukan

21 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Sobat Pintar pernah mengalami cegukan? Walau tidak berbahaya, tetapi kadang terganggu ya jika sedang melakukan suatu kegiatan dan tiba-tiba cegukan? Baca lebih lanjut di sini untuk mengetahui bagaimana cara mengobati cegukan.

Cegukan atau singultus biasanya ditandai dengan suara chik yang disebabkan karena kontraksi yang terjadi pada diafragma atau membran otot yang memisahkan antara rongga dada dengan rongga perut. Kontraksi yang terjadi pada organ dalam tubuh tersebut mengakibatkan pita suara tiba-tiba menutup sehingga menghasilkan suara cegukan.

Baca juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Biasanya cegukan disebabkan oleh beberapa sumber pemicu yaitu:

  • Minuman beralkohol
  • Minuman panas
  • Minuman soda
  • Makanan pedas
  • Merokok
  • Perut kembung
  • Makan terlalu cepat
  • Stres, gembira, atau takut

Cegukan biasanya memang hanya terjadi sebentar, tetapi ada juga beberapa kasus yang menyebabkan cegukan berlangsung lebih lama yaitu lebih dari dua hari. Jenis cegukan ini biasanya terjadi disebabkan adanya masalah kesehatan seperti:

  • Gangguan sistem saraf, seperti radang jaringan otak atau ensefalitis, stroke, dan tumor
  • Gangguan metabolisme, seperti hiperglikemia, diabetes, dan hipoglikemia
  • Gangguan pernapasan, seperti asma, pleuritis, dan pneumonia
  • Gangguan saraf vagus, biasanya terjadi karena penyakit gondok, meningitis, atau faringitis
  • Gangguan pencernaan seperti GERD, obstruksi usus, atau radang usus
  • Reaksi psikologi, seperti sedih, takut, syok, stres, atau gembira

Baca juga: 15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

Cara mengobati cegukan

Cara mengobati cegukan atau menghentikan cegukan bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Menahan napas

Salah satu cara mengobati cegukan sederhana yang paling banyak diketahui dan dipraktekkan oleh orang-orang adalah menahan napas. Caranya adalah Sobat Pintar menahan napas sekitar 10-20 detik kemudian lakukan gerakan menelan saat cegukan dirasa akan kembali muncul. Lakukan langkah ini sebanyak 2 hingga 3 kali. Tarik napas, kemudian mulai kembali ke langkah awal.

  1. Menutup hidung saat minum

Salah satu cara mengobati cegukan yang paling banyak diketahui selanjutnya adalah menutup hidung saat minum. Caranya adalah Sobat Pintar tarik napas yang dalam kemudian tutup hidung menggunakan tangan. Minumlah sebanyak 10 tegukan ketika sedang tidak bernapas.

Sobat Pintar juga disarankan untuk minum sambil posisi membungkuk agar membantu menghilangkan cegukan. Jika Sobat Pintar mengalami cegukan saat puasa, Sobat Pintar bisa melakukan gerakan seperti akan menelan sambil menekan hidung. Gerakan ini bisa membantu otot diafragma agar bisa berelaksasi.

  1. Menutup kedua telinga

Cara selanjutnya untuk mengatasi cegukan adalah dengan menutup kedua telinga menggunakan jari tangan selama kurang lebih 20 hingga 30 detik. Dengan melakukan cara ini, dikatakan bahwa saraf vagus yang terhubung ke diafragma akan mengirimkan sinyal relaksasi sehingga bisa menyebabkan cegukan menjadi hilang.

  1. Bernapas di dalam kantong kertas

Jika Sobat Pintar ingin mencoba cara ini, Soba Pintar tinggal menghirup udara lalu buang napas di dalam kantong kertas, ulangi beberapa kali. Cara untuk melakukan langkah ini adalah Sobat Pintar tempelkan kantong kertas ke hidung dan mulut kemudian tiup dan hirup udara sebanyak 10 kali secara cepat dan kuat.

Cara ini diyakini bisa meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah dan juga bisa membuat otot diafragma yang sebelumnya tegang, menjadi rileks kembali sehingga membuat cegukan berhenti. Sobat Pintar dianjurkan untuk tidak menggunakan kantong plastik karena kantong plastik akan menempel ke hidung dan mulut saat Sobat Pintar mengambil napas.

  1. Menelan satu sendok teh gula pasir 

Cara sederhana lainnya untuk menghentikan cegukan adalah dengan menelan satu sendok teh gula pasir yang kering (tidak diseduh air). Hal ini dikarenakan gula dipercaya bisa memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan.

  1.  Membalikkan posisi tubuh

Sobat Pintar bisa berbaring dengan posisi tubuh terbalik lalu letakkan kaki pada dinding. Posisi ini akan menempatkan kepala di bawah dan kaki di atas sehingga dipercaya bisa menghentikan cegukan.

  1. Duduk sambil memeluk lutut

Posisikan tubuh Sobat Pintar dalam posisi duduk sambil memeluk lutut. Tekuk kaki lalu dekaktkan kaki ke arah dada lalu peluk menggunakan kedua tangan. Condongkan badan ke depan agar memberikan penekanan ke area diafragma.

Cara ini bisa dilakukan selama beberapa menit sampai cegukan berkurang atau menghilang.

  1. Pijat telapak tangan

Menekan telapak tangan di bagian bawah ibu jari yang ada di antara ibu jari dan jari telunjuk dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi cegukan. Caranya adalah dengan menekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan yang lainnya.

Selain itu Sobat Pintar menekan telapak tangan yang terletak di bagian bawah ibu jari yang terletak antara ibu jari dan jari telunjuk. Lakukan beberapa kali hingga cegukan hilang.

  1. Pijat arteri sekitar leher

Arteri pada leher atau disebut karotis bisa diketahui letaknya dengan merasakan denyut nadi di kedua sisi leher kemudian pijat dengan lembut. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan ketika puasa karena tidak memerlukan air.

Tidak perlu memijat terlalu kuat, cukup letakkan kedua tangan di area arteri karotis leher kemudian putar kepala berlawanan dengan arah jarum jam. Lakukan selama kurang lebih 5 hingga 10 detik sampai cegukan hilang.

  1. Pijat lembut di area ulu hati

Seperti pijat arteri, Sobat Pintar hanya perlu memijat lembut di area ulu hati. Ini bisa dilakukan selama 20 hingga 30 detik sebagai cara mengatasi cegukan yang bisa kamu lakukan. 

Baca juga: 5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download