5 Cara Mengecilkan Perut Buncit : Sehat dan Mudah Dilakukan di Rumah

04 Jun 2021 by kreditpintar
5 Cara Mengecilkan Perut Buncit : Sehat dan Mudah Dilakukan di Rumah

Perut buncit sudah menjadi permasalahan banyak orang. Masalah ini identik sebagai permasalahan yang biasa dialami oleh “om-om”, atau papa muda yang tiba-tiba membuncit setelah menikah dan memiliki anak. Tapi sebenarnya perut buncit bukan hanya dapat dialami oleh laki-laki saja, perempuan juga memiliki potensi dan sering ditemukan memiliki perut buncit. Selain itu anak muda pun juga tidak terlepas dari permasalahan ini. Biasanya orang-orang banyak yang memilih cara mengecilkan perut buncit dengan instan melalui obat-obatan, namun sebenarnya cara tersebut tidak sehat. 

Perut buncit memiliki perbedaan dengan perut hamil, tentunya kita semua tahu itu. Perbedaanya adalah perut hamil diisi dengan cabang bayi, dan perut buncit diisi dengan lemak. Bayangkan orang yang memiliki perut buncit yang ukurannya setara dengan perut ibu hamil, artinya ia memiliki tumpukan lemak di perut sebesar ukuran anak bayi baru lahir. Hal ini dapat mengganggu penampilan dan dapat merusak kepercayaan diri seseorang.

Pada dasarnya, untuk mengecilkan bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi membutuhkan keseriusan, motivasi dan yang terpenting adalah konsistensi dalam melakukannya. Dan yang paling pasti, mengecilkan perut buncit bukan perkara yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Menggunakan obat-obatan memang terlihat efektif, namun memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. 

Penyebab Perut Buncit

Sebelum kita membahas cara mengecilkan perut buncit, kita cari tahu dulu pemicunya agar kita dapat melakukan pencegahan.

  1. Mengkonsumsi gula secara berlebihan, hal ini dapat menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh melambat.
  2. Minum minuman beralkohol, selain memabukkan ternyata minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut buncit. Alkohol dapat menghambat proses pembakaran lemak dalam tubuh, selain itu alkohol juga mengandung kalori yang tinggi sehingga terjadi penumpukan di perut.
  3. Mengkonsumsi gorengan, siapa yang tidak tahu kalau gorengan mengandung banyak lemak, yang jika dikonsumsi berlebihan akan menjadi pemicu penumpukan lemak dalam tubuh. Selain gorengan, mengkonsumsi makanan yang mengandung mentega dan margarin secara berlebihan juga dapat menimbun lemak di perut Sobat Pintar.
  4. Malas berolahraga, kebiasaan masyarakat digital yang dipermudah dengan melakukan semua hal dari rumah. Hal ini menyebabkan banyak orang yang malas berolahraga, bahkan hanya sekedar bergerak untuk melakukan hal-hal yang kecil, kebanyakan duduk dan sering rebahan. 
  5. Kurang makanan sehat, pemicu perut buncit ternyata juga karena kurangnya tubuh dalam mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang dimaksud adalah makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, serta makanan kaya protein. Makanan tinggi serat dan kaya protein dapat membuat kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi konsumsi makanan lain seperti cemilan.
  6. Begadang, sudah menjadi umum kalau begadang tidak baik bagi tubuh dan menjadi penyebab terjadinya masalah kesehatan. Saat begadang tentunya kita mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut tidak akan dicerna dengan baik karena fungsi tubuh yang tidak maksimal. Selain itu begadang dapat menyebabkan stres. Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang menyebabkan penumpukan lemak di perut. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Setelah mengetahui penyebabnya dan melakukan pencegahan, bagi Sobat Pintar yang sudah terlanjur mengalami perut buncit harus mulai mengecilkan perut dengan cara yang sehat. Berikut adalah cara mengecilkan perut buncit secara sehat, yang sesuai dengan anjuran dokter dan ahli gizi. 

1. Sarapan

Sarapan sangat penting bagi tubuh secara keseluruhan, bukan hanya untuk mengecilkan perut buncit. Hal ini sering disalahartikan, terutama bagi kaum perempuan. Melakuan diet dengan cara mengurangi asupan makanan dan memilih untuk tidak sarapan. Padahal sarapan membantu tubuh Sobat Pintar untuk menjaga energi dalam aktivitas sepanjang hari. Selain menjaga tubuh tetap berenergi, dengan sarapan akan mengurangi jumlah porsi yang Sobat Pintar butuhkan saat makan siang dan juga akan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi cemilan. 

Tentunya sarapan yang dianjurkan adalah sarapan sehat. Alih-alih ingin tetap berenergi sepanjang hari, kita mengkonsumsi sarapan tidak sehat yang pada akhirnya membantu untuk meningkatkan timbunan lemak di perut. Konsumsilah sarapan yang sehat seperti buah-buahan, beberapa potong biskuit atau roti dan teh hijau.

2. Makan teratur

Karena kesibukan kita sering melewatkan jam makan, dan makan dengan porsi lebih di jam makan berikutnya. Hal ini merupakan kebiasaan tidak sehat dan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh kita. Sistem metabolisme yang terganggu tentunya akan menyebabkan timbunan lemak di perut. Makanlah secara teratur dalam jumlah porsi yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Makan secukupnya sampai Sobat Pintar merasa kenyang bukan kekenyangan. 

3. Makan buah dan sayur

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu untuk mengurangi masalah ini. Makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah dan sayur akan dicerna secara bertahap oleh tubuh. Sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama daripada kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah serat. Selain membantu mengurangi perut buncit, konsumsi buah dan sayur juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh Sobat Pintar secara keseluruhan. 

4. Kurangi karbohidrat perbanyak protein

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak di perut. Apalagi karbohidrat yang berasal dari makanan cepat saji yang mengandung karbohidrat sederhana. Kurangi jumlah konsumsi karbohidrat Sobat Pintar, jika perlu ganti konsumsi nasi putih Sobat Pintar dengan nasi merah atau gandum. Selain itu tingkatkan konsumsi protein, karena protein dapat membantu mempertahankan rasa kenyang menjadi lebih lama. 

5. Olahraga 

Tentunya semua cara mengecilkan perut di atas tidak akan maksimal jika tidak disertai dengan olahraga. Olahraga yang baik adalah olahraga yang bersifat teratur. Kebiasaan masyarakat sekarang adalah langsung melakukan olahraga berat namun jarang dan tidak teratur. Hal ini tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi tubuh.

Lakukanlah olahraga sederhana, seperti jalan kali, lari pagi, atau bagi Sobat Pintar yang malas keluar rumah bisa mencoba senam dan aerobik. Hal-hal kecil lainnya yang bisa Sobat Pintar biasakan seperti mengganti kebiasaan menggunakan elevator dengan menggunakan tangga, atau kebiasaan beli makan pakai ojol diganti beli makan sendiri dengan berjalan kaki. 

Jadi apakah perut Sobat Pintar buncit? Jika melihat ke lantai dan Sobat Pintar dapat melihat perut Sobat Pintar sendiri berarti sudah ada tumpukan lemak dalam perut Sobat Pintar. Hindari pemicunya mulai dari sekarang. Jika sudah terlanjur memiliki perut buncit, cara mengecilkan perut buncit di atas mungkin dapat membantu Sobat Pintar dalam mengurangi tumpukan lemak di perut. Perlu diingat, kunci dari semua cara menghilangkan perut buncit tersebut adalah konsisten dan sabar, karena tidak ada proses sehat yang instan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload