15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Siapa sih, yang tidak pernah dengar daun sirih? Daun ini memang terkenal memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan.

15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

Baca juga: 14 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan

Kandungan dalam Daun Sirih

Sebelum membahas apa saja manfaat daun sirih, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada dalam daun sirih. Kandungan-kandungan inilah yang memberikan manfaat daun sirih.

Kandungan nutrisi dalam 100 gram daun sirih:

Kalori: 61

Lemak: 1g

Karbohidrat: 6g

Serat: 1.8g

Protein: 3g

Daun sirih merupakan sumber kalsium yang baik, daunnya juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Selain itu, daun sirih mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi fitokimia, seperti fenolik, flavonoid, tanin, alkaloid, steroid dan kuinon. Karena ini, daun sirih memiliki sifat anti-mikroba, anti-kanker dan anti-diabetes.

Manfaat Daun Sirih

1. Mengobati mimisan

Karena mimisan sangat umum terjadi, mungkin inilah manfaat daun sirih yang paling dikenal masyarakat Indonesia. Caranya sangat mudah, tinggal gulung daun sirih kemudian masukkan ke dalam lubang hidung yang berdarah. Duduk tegak dan condongkan kepala ke depan, jangan menengadah ke atas untuk menghindari darah masuk ke saluran pernapasan.

2. Mengobati diabetes

15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

Diabetes mellitus merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah seseorang melebihi normal. Kadar gula darah yang tinggi ini menyebabkan stres oksidatif meningkat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirih membuatnya mampu melawan stres oksidatif tadi dengan melawan radikal bebas, sehingga kadar gula darah juga turun.

Penggunaan daun sirih untuk mengobati diabetes ini sangat menguntungkan. Jika digunakan dalam jangka panjang, biasanya obat-obat diabetes memiliki efek samping pada ginjal dan hati. Sementara itu, daun sirih bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan pada pengidap diabetes mellitus, tanpa memberikan efek samping!

Baca juga: Kenali Tipe, Gejala, dan Penyebab Diabetes Sejak Dini

3. Mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung

Kandungan eugenol dalam daun sirih menghambat sintesis kolesterol di hati dan penyerapan di usus. Ini juga membantu proses katabolik kolesterol Low-density lipoprotein (LDL). Daun sirih juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah sehingga menjaga kesehatan jantung.

4. Antiseptik (mengobati luka) dan anti jamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang sangat baik karena kaya akan antioksidan dan antimikroba, terutama chavicol yang memberikan perlindungan dari kuman. Sifat anti-jamurnya yang luar biasa memberikan bantuan instan dari infeksi jamur.

Sobat Pintar bisa meletakkan daun sirih di luka atau daerah kulit yang jamuran lalu bungkus dengan perban untuk membunuh infeksi.

5. Mengobati sembelit

Daun sirih sarat dengan antioksidan yang bertanggung jawab untuk membersihkan radikal bebas dari tubuh dan mengembalikan tingkat PH normal dari sakit perut Anda. Oleh karena itu, dapat meringankan sembelit Anda. Anda harus mengunyah daun sirih dengan perut kosong dan Anda pasti akan mendapat manfaat darinya.

6. Mengobati diare

Ya, kalau tadi disebut dapat mengobati sembelit, ternyata manfaat daun sirih juga bisa untuk mengatasi diare. Kok bisa? Padahal kan kedua penyakit itu bertolak belakang?

Kelihatannya memang begitu, tapi pada akhirnya diare dan sembelit sama-sama merupakan masalah pencernaan yang terganggu. Daun sirih sendiri memiliki properti-properti yang baik dalam melancarkan pencernaan. Cara menggunakannya adalah tumbuk enam lembar daun sirih, enam biji lada, dan satu sendok minyak kelapa, lalu oleskan di bagian perut.

7. Mengatasi keputihan

Keputihan atau leukorea merupakan masalah di mana alat kelamin wanita mengeluarkan cairan tebal. Kondisi ini sebenarnya normal, tetapi mungkin mengganggu dan bila warna atau baunya aneh bisa menjadi indikator penyakit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa rebusan daun sirih bisa mengatasi masalah keputihan. Cukup bersihkan beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus sampai warna airnya berubah. Singkirkan daunnya dan bila suhu air sudah normal, bilas area kewanitaan dengan rebusan daun sirih tersebut.

8. Memperkuat gigi

15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

Pernahkah Sobat Pintar mendengar istilah nyirih? Atau mungkin Sobat Pintar pernah melihat sendiri nenek-nenek yang sedang mengunyah daun sirih? Kira-kira kenapa nenek-nenek mengunyah daun sirih?

Ternyata selain karena melancarkan pencernaan setelah makan, mengunyah daun sirih dipercaya dapat menguatkan dan mencegah kerusakan gigi.

Baca juga: Gigi Kuning? Ini 7 Cara Memutihkan Gigi Paling Ampuh

9. Meningkatkan kesehatan mulut

Daun sirih dapat melindungi Sobat Pintar dari bakteri dan kuman di mulut Anda. Mengunyah daun sirih dapat membantu memperkuat gusi. Jika Sobat Pintar ingin menjaga kebersihan gigi yang baik, Anda tinggal merebus beberapa daun sirih dalam air dan berkumur dengannya.

10. Mengatasi batuk, asma, dan masalah pernapasan lain

Konsumsi daun sirih membantu meredakan sesak dada akut dan batuk & pilek karena sifat antibiotiknya. Ia juga mengurangi peradangan yang disebabkan oleh batuk. Untuk penggunaannya, Sobat Pintar bisa mencampurnya dengan merica, cengkeh, dan jahe untuk hasil maksimal.

Masukkan setengah gelas air, satu lembar daun sirih, 8 butir merica, 1 buah cengkeh, dan seperempat sendok makan bubuk jahe ke dalam panci, kemudian rebus. Saat airnya tinggal setengah, saring ramuan dan peras sampai tetes terakhir. Minum selagi hangat dua kali sehari selama 3 hari.

11. Membantu menurunkan berat badan

15 Manfaat Daun Sirih untuk Bau Badan dan Jerawat

Daun sirih dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolisme, yang pada akhirnya menyebabkan pengurangan lemak tubuh. Cukup makan satu daun sirih dengan 5 butir merica (bisa dihaluskan) setiap hari di pagi hari dengan perut kosong. Merica juga memiliki kandungan piperin dan fitonutrien yang membuat proses pencernaan lebih mudah bagi tubuh.

12. Menghilangkan bau badan

Ekstrak daun sirih atau minyak daun sirih sangat membantu dalam membunuh kuman penyebab bau badan tidak sedap. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi daun sirih yang direndam dalam air matang secara teratur. Ini akan bekerja sebagai detoksifikasi dan membersihkan tubuh dari dalam sehingga mencegah bau badan yang tidak sedap.

13. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat daun sirih tidak hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan. Vitamin-vitamin dalam daun sirih mencerahkan wajah dengan mengangkat sel kulit mati. Tinggal ulek daun sirih dan tambahkan sedikit air sehingga menjadi pasta, lalu oleskan selama beberapa menit kemudian bilas.

14. Mengatasi jerawat

Seperti yang sudah disebutkan tadi, daun sirih memiliki properti antimikroba. Tentunya ini sangat membantu dalam mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat. Caranya tinggal haluskan daun sirih kemudian oleskan pada jerawat.

Baca juga: 4 Penyebab Jerawat Batu dan 5 Cara Menghilangkannya

15. Mengatasi rambut ketombe dan rontok

Daun sirih memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dan bebas dari infeksi. Sifat yang sama ini juga membantu mengendalikan ketombe. Daun sirih merangsang kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah, menghasilkan folikel yang ternutrisi dengan baik.

Itulah 15 manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan dengan natural, murah, dan mudah.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download