Kenali Tipe, Gejala dan Penyebab Diabetes Sejak Dini

01 Jun 2021 by kreditpintar
Kenali Tipe, Gejala dan Penyebab Diabetes Sejak Dini

Penderita diabetes di Indonesia terus meningkat. Diabetes atau kencing mains menjadi penyakit yang ditakuti karena banyak memakan korban jiwa. Gaya hidup yang tidak sehat, menjadi pemicu utama kencing manis. Asupan makanan dan minuman sehari-hari bisa ‘mengundang’ kencing manis pada tubuh Sobat Pintar. 

Sobat Pintar perlu mewaspadai apa saja yang bisa menjadi penyebab diabetes. Mencegah kencing manis sejak dini lebih baik agar tidak menyesal kemudian. Gaya hidup sehat berfungsi untuk mencegah kencing manis sejak dini. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut tentang tipe, gejala, dan penyebab diabetes.

Tipe Diabetes

Terdapat perbedaan yang mencolok antara jenis diabetes. Pada diabetes jenis 1, tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sedangkan pada diabetes jenis 2, sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin, meskipun produksi dan kadar hormon insulin normal. 

Diabetes jenis 1 terjadi akibat adanya gangguan yang disebut autoimun, dimana antibodi yang justru menyerang sel tubuh sendiri. Sedangkan jenis 2, kurang sensitifnya sel-sel tubuh walaupun produksi insulin masih normal, sehingga mengakibatkan ketidakoptimalan. Sehingga mengakibatkan, peningkatan kadar gula darah seperti pada diabetes jenis 1.

Gejala

Diabetes 1 dan 2 memiliki ciri yang kurang lebih sama. Cirinya bisa diketahui sebagai berikut.

  1. Merasa haus
  2. Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  3. Lebih sering merasa lapar
  4. Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas
  5. Berkurangnya massa otot
  6. Terdapat keton dalam urine, yang merupakan produk sisa dari pemecahan otot dan lemak yang mengakibatkan ketidakmampuan tubuh menggunakan gula sebagai sumber energi.
  7. Lemas
  8. Pandangan kabur
  9. Luka yang sulit sembuh

Pada pasien yang menunjukkan gejala kencing manis, dokter akan melakukan pemeriksaan gula darah, baik itu gula darah sewaktu (GDS), gula darah puasa (GDP), maupun hemoglobin A1C (HbA1c). Pemeriksaan tersebut dibutuhkan untuk mendiagnosa kencing manis apa yang diderita. Pemeriksaan HbA1c merupakan pemeriksaan yang paling ideal karena dapat memberikan informasi kadar rata-rata gula darah pasien selama 2–3 bulan terakhir.

Penyebab Diabetes

Perlu Sobat Pintar ketahui bahwa terdapat beberapa pemicu kencing manis. Ini disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, yang mengakibatkan ketidakmampuan tubuh menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga terjadi penumpukkan glukosa di darah. Pada diabetes jenis 1, gangguan ini disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon tertentu. Sedangkan pada diabetes tipe 2, terjadi akibat ketidakefektifan tubuh untuk menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif dibandingkan kadar glukosa darah. 

Jangan remehkan penyakit kencing manis. Beberapa penjelasan di atas bisa menjadi informasi bagi Sobat Pintar agar bisa mengetahui dan mencegah adanya kencing manis. Jaga gaya hidup sehat agar tubuh terhindar dari kencing manis. Pastikan selalu menjaga berat badan ideal serta rutin melakukan pengecekan gula darah meskipun sekali dalam setahun. Mencegah kencing manis bukanlah hal yang mudah, terlebih di hidup yang serba cepat saat ini. Namun, perlu bagi kita semua untuk mencegah diabetes agar tidak mewariskannya ke keturunan kita nanti.

Menjaga hidup agar tetap sehat memerlukan beberapa usaha. Makanan dan minum yang sehat dan rajin berolahraga misalnya. Penuhi kebutuhan sehari-hari Sobat Pintar menggunakan pinjaman dari Kredit Pintar sebagai pinjaman online terjamin, pinjaman bisa langsung cair ke rekening. Proses cepat, mudah, dana langsung ditransfer ke rekening.

Di Kredit Pintar, nominal pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sobat Pintar bisa pinjam hingga 20 juta dan pinjaman bisa langsung cair dalam waktu 24 jam. Telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK, aplikasi ini sudah terjamin terpercaya dan digunakan oleh berbagai kalangan. Kemudahan yang diberikan aplikasi ini, bisa Sobat Pintar pergunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload