14 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan

24 Jun 2021 by Laruan
14 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan

Tahukah Sobat Pintar bahwa jambu biji berasal dari Meksiko? Tidak hanya tempat asalnya, ternyata buah yang memiliki daging merah jambu ini memiliki banyak rahasia yang tidak Sobat Pintar ketahui, seperti beragam kandungan yang diperlukan tubuh. Berikut 10 manfaat jambu biji yang jarang diketahui orang-orang.

1. Meningkatkan Imunitas

Akhir-akhir ini sistem imun menjadi suatu perbincangan yang sangat penting. Ternyata kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu biji menjadikannya salah satu cara meningkatkan imunitas. Vitamin C berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh sehingga memperkuat sistem imun.

Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Kandungan vitamin C dalam satu buah jambu biji adalah sekitar 125 miligram, melebihi jeruk.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Meskipun manis, ternyata jambu biji dapat membantu menurunkan gula darah. Bahkan seseorang yang memiliki risiko mengidap diabetes dapat mencegah penyakit tersebut dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur.

Jambu biji memiliki Indeks Glikemik yang rendah. Hal ini menandakan karbohidrat yang diperoleh dari jambu biji membutuhkan waktu cukup lama untuk diubah menjadi gula darah. Akibatnya, kadar gula dalam darah tidak bertambah banyak dan Sobat Pintar juga akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

3. Membantu Pencernaan dan Mengobati Sembelit

Sebagai buah yang kaya akan serat, jambu biji dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengobati sembelit. Sembelit terjadi saat sisa-sisa makanan terjebak di kolon. Konsumsi jambu biji dapat membantu mendorong sisa-sisa makanan itu keluar.

4. Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain untuk pencernaan, serat dalam jambu biji juga bermanfaat untuk jantung. Serat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang dapat memicu penyakit jantung.

Jambu biji juga mengandung kalium. Konsumsi kalium dapat menurunkan tekanan darah sehingga mencegah penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya kaya akan vitamin C, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A membantu mencegah rabun mata, dan bahkan dapat meningkatkan penglihatan. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan kornea mata mengering, sehingga memicu berbagai penyakit mata seperti mata kering, rabun, katarak, bahkan kebutaan.

Daripada membeli suplemen, sumber vitamin A yang paling baik untuk menjaga kesehatan mata adalah sumber alami seperti dari jambu biji.

6. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Pada jambu biji terdapat kandungan magnesium. Mineral tersebut dapat membantu mengurangi ketegangan saraf dan otot. Dengan membuat tubuh Sobat Pintar lebih rileks, jambu biji mengurangi stres. Selain itu, magnesium juga dapat mengurangi kecemasan dan mengurangi respon terhadap rasa takut.

7. Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji yang lain adalah untuk mencegah penyakit kanker. Dengan kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi, konsumsi jambu biji membantu menetralisir radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel tubuh dan akhirnya memicu pertumbuhan sel kanker.

Mengkonsumsi jambu biji dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker kolon. Ekstrak buah jambu biji yang kaya akan kandungan likopen dapat membantu membunuh sel kanker payudara. Sementara itu, jambu biji dapat mengurangi risiko kanker kolon dengan mengurangi kontak antara karsinogen dengan lumen usus.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disebutkan, buah ini sangat kaya akan serat. Serat memiliki peran besar dalam menjaga mikrobioma pada usus tetap sehat, yaitu dengan menyeimbangkan mikroba sehat dan tidak sehat. Dengan usus yang sehat, pencernaan Sobat Pintar akan menjadi lebih baik sehingga dapat membantu dalam regulasi berat badan dan penurunan berat badan.

Selain itu, dibandingkan buah-buah lain, kadar gula dalam jambu biji relatif rendah. Jambu biji sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat diet karena mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat yang banyak dengan kalori yang sedikit. Satu buah jambu biji hanya mengandung sekitar 38 kalori.

9. Menjaga Kulit Terlihat Muda

Jambu biji mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga mencegah flek hitam dan keriput. Berbagai vitamin yang terdapat di dalamnya juga membuat kulit terlihat glowing secara alami. Ditambah lagi, zat-zat dalam jambu biji juga disebut dapat membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Semua manfaat itu jika digabungkan akan meremajakan kulit Sobat Pintar dan membuat Sobat Pintar terlihat lebih muda.

Ternyata manfaat jambu biji tidak hanya terdapat pada buahnya. Daun jambu biji juga terkenal memiliki beragam khasiat bagi kesehatan.  Sobat Pintar dapat merebus daun jambu biji menggunakan air mendidih selama 20 menit kemudian saring. Konsumsi ekstrak daun jambu biji tersebut selagi masih hangat agar dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Meminum ekstrak daun jambu biji memberikan berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat dari daun jambu biji.

10. Obat Diare

Manfaat daun jambu biji yang paling dikenal di Indonesia adalah untuk mengobati diare. Secara turun-temurun, ekstrak daun jambu biji telah dijadikan sebagai obat herbal untuk meyembuhkan diare. Kandungan antimikroba jambu biji membantu menetralisir mikroba buruk penyebab diare. Ekstrak buah ini telah ditemukan dapat mengurangi frekuensi Buang Air Besar pada orang yang sedang mengalami diare, juga membantu menyembuhkan diare lebih cepat.

11. Menyembuhkan DBD

Selain untuk mengobati diare, daun jambu biji juga dikenal dapat mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah (DBD). Virus dengue menyebabkan jumlah trombosit atau keping darah menurun. Pasien DBD biasanya diberi minum ekstrak daun jambu biji untuk mempercepat pembentukan trombosit.

12. Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Sebuah penelitian terhadap wanita-wanita yang mengalami kram saat menstruasi menemukan bahwa rasa sakit mereka mereda setelah minum ekstrak daun jambu biji. Ekstrak daun jambu biji memiliki efek spasmolitik yang dapat meredakan kejang pada otot rahim saat menstruasi atau yang sering disebut dengan menstrual cramps (kram menstruasi). Bahkan performa daun jambu biji terhadap kram menstruasi sangat baik sampai banyak yang menjual ekstrak daun jambu biji dalam bentuk pil sebagai obat kram menstruasi.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa daun jambu biji juga dapat mencegah penggumpalan darah menstruasi. Kandungan asam ferulat, asam galat, dan quercetin dalam daun jambu biji memperlancar aliran darah dan oksigen. Hal ini secara tidak langsung juga membantu memperlancar darah menstruasi sehingga darah tidak menggumpal.

13. Mengobati Flu dan Batuk

Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi pada daun jambu biji membantu melenyapkan lendir pada tenggorokan. Ekstrak daun jambu biji juga berperan sebagai desinfektan pada saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru

14. Meningkatkan Libido dan Produksi Sperma

Manfaat jambu biji yang terakhir adalah ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan hormon-hormon yang memicu sex drive baik pada laki-laki maupun perempuan. Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan produksi sperma sehingga membantu menginduksi kehamilan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload