Kemana Harus Mencari Pinjaman Uang untuk Bayar Hutang Lain?

07 Mar 2018 by Kredit Pintar, Last edit: 17 Aug 2022

Kondisi pasang surut ekonomi memang tidak ada yang tahu. Bisa jadi saat ini seseorang masih sanggup membiayai kebutuhan sehari-hari, termasuk membayar cicilan kredit atau hutang yang sudah ada, namun ternyata di bulan berikutnya tidak memiliki uang sama sekali. Lalu, bagaimana caranya mencari pinjaman uang untuk bayar hutang lain yang sudah ada?

Memiliki hutang, baik di bank, pinjaman online, teman, atau yang lainnya kini sudah wajar dilakukan. Hal yang paling penting adalah Anda harus mengatur dengan benar arus keuangan agar bisa membayarkan cicilan hutang secara tepat waktu.

Namun sebaik apapun perencanaan keuangan, ada kemungkinan Anda “terjatuh”, karena kehilangan pekerjaan atau gagal dalam berbisnis. Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi sebelum cicilan hutang selesai dilakukan?

Anda tidak boleh gegabah dalam mengajukan pinjaman uang, terlebih ketika mencari pinjaman uang untuk bayar hutang lain yang sudah berjalan. Salah langkah sedikit, Anda justru akan semakin terperangkap dalam hutang yang lebih besar, hingga tidak bisa melunasinya.

pinjaman uang untuk bayar hutang

Sebenarnya, ada berbagai pilihan produk pinjaman uang yang bisa Anda ajukan, misalnya seperti pinjaman bank tanpa agunan atau pinjaman online. Pada kasus pinjaman online, Anda perlu sangat berhati-hati dalam menentukan pilihan.

Baca juga: Ini Pilihan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bank dan Syaratnya | Kredit Pintar 

Kini dunia pinjaman online mengenal istilah pinjaman online legal dan ilegal. Perbedaan paling mendasar adalah ada atau tidaknya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas operasi platform pinjaman online tersebut.

Pinjaman online legal berarti platform tersebut sudah mengantongi izin OJK, yang juga berarti pengoperasiannya sudah diawasi oleh lembaga pemerintahan tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir data pribadi akan bocor, atau perubahan suku bunga yang tidak masuk akal.

Berbeda dengan pinjaman online ilegal, di mana bisa saja data pribadi atau ponsel disadap oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk disalahgunakan. Selain itu, suku bunga yang ditawarkan biasanya sangat besar, dengan tenor hanya 7 hari saja.

Bayangkan jika Anda mengandalkan pinjaman online ilegal sebagai sumber pinjaman uang untuk bayar hutang lain yang sedang berjalan. Bukannya hutang terlunasi, bisa jadi Anda justru memiliki hutang yang semakin membengkak setiap bulannya.

Baca juga: Cara Keluar dari Pinjaman Online Ilegal, Bebas Hutang | Kredit Pintar

Bolehkah Mencari Pinjaman Uang untuk Bayar Hutang?

pinjaman uang untuk bayar hutang

Pernah mendengar lagu Rhoma Irama Gali Lobang Tutup Lobang? Lagu pedangdut legendaris asal Indonesia satu ini berisi peringatan akan bahaya berhutang, apalagi jika memiliki niat untuk “gali lubang tutup lubang”, alias mengajukan pinjaman uang untuk bayar hutang lama.

Lalu jika sudah terdesak dengan keadaan dan tidak memiliki uang untuk melunasi hutang Anda, maka bolehkah mencari pinjaman uang untuk bayar hutang? Sama seperti lagu Rhoma Irama yang mengingatkan bahayanya, jawaban dari pertanyaan di atas adalah sebaiknya jangan.

Dengan mencari pinjaman uang untuk bayar hutang, Anda tidak akan menyelesaikan pinjaman yang sedang berjalan. Buruknya, Anda malah semakin menambah nominal hutang yang dimiliki.

Jalan keluar agar Anda tidak mencari pinjaman uang untuk bayar hutang adalah dengan melakukan metode debt snowball di mana Anda dapat melunasi hutang dari yang nominalnya paling kecil ke yang paling besar secara bertahap.

Dengan cara ini, maka perencanaan keuangan Anda akan lebih baik, karena sisa uang bisa ditabung untuk kebutuhan dana darurat sehingga Anda tidak akan menambah hutang lagi.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang Dengan Metode Debt Snowball | Kredit Pintar

Selain menerapkan metode debt snowball agar keuangan lebih terstruktur dengan baik, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut!

Tips Membayar Hutang

Siapa yang tidak ingin hutang selesai dengan lebih cepat, namun Anda tetap memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Nah, hal ini sebenarnya bukan tidak mungkin. Dengan menerapkan berbagai tips yang tepat, Anda bisa melunasi hutang yang dimiliki tanpa perlu mencari pinjaman uang untuk bayar hutang!

Baca juga: Tips Bayar Hutang sampai Lunas dengan Cepat, Tanpa Ribet! | Kredit Pintar 

  1. Cari Penghasilan Tambahan
pinjaman uang untuk bayar hutang

Jika Anda merasa pekerjaan atau usaha yang dijalani saat ini masih kurang untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan pokok, maka Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Dibanding harus mencari pinjaman uang untuk bayar hutang, tentu lebih baik Anda mulai berjualan kecil-kecilan, maupun mencari pekerjaan sampingan seperti menjadi driver ojek online atau menerima pekerjaan freelance secara online.

  1. Menjual Aset Pribadi yang Tidak Terpakai
pinjaman uang untuk bayar hutang

Menjual barang yang sudah tidak terpakai di rumah Anda tentu bukanlah saran yang buruk. Selain mengurangi jumlah barang di rumah, Anda bisa menggunakan uangnya untuk membayar hutang yang sedang berjalan.

Di sisi lain, kini membeli berbagai barang bekas, mulai dari pakaian hingga elektronik, sudah bukan hal yang aneh lagi. Justru sebagian orang merasa praktik membeli barang bekas ini sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi, agar tidak memperbanyak volume sampah di dunia. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir barang yang dijual tidak laku.

  1. Mengurangi Pengeluaran
pinjaman uang untuk bayar hutang

Hal paling pertama dan mendasar yang harus dilakukan ketika ingin membayar hutang yang sedang berjalan adalah “mengencangkan ikat pinggang”, atau berhemat semaksimal mungkin.

Cobalah untuk mendata pengeluaran dalam sebulan, dan cek kembali pos mana saja yang bisa dikurangi terlebih dahulu. Misalnya, kurangi anggaran hiburan untuk sementara waktu.

Dengan cara ini, selain Anda bisa melunasi hutang lebih cepat tanpa perlu mencari pinjaman uang untuk bayar hutang, Anda juga bisa mulai menabung sedikit demi sedikit.

Memiliki hutang bukanlah fenomena yang buruk saat ini. Faktanya, bahkan orang-orang kaya pun juga memiliki hutang cicilan berbagai barang mewah seperti rumah, mobil, kredit usaha, dan lain sebagainya.

Hal terpenting dalam berhutang adalah berkaca ke diri sendiri, apakah Anda mampu membayarkan pinjaman beserta bunganya tepat waktu, serta merencanakan dengan matang cara membayar hutang tersebut.

Memilih platform pinjaman juga merupakan langkah paling pertama yang harus dipikirkan baik-baik. Jangan sampai Anda gagal membayar karena salah memilih platform pinjaman dengan bunga tidak masuk akal dan tenor yang sangat singkat.

Kredit Pintar menawarkan pinjaman online dengan syarat mudah dan proses pengajuan yang cepat. Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga 20 juta rupiah dengan tenor maksimal mencapai 12 bulan.

Selain itu, Kredit Pintar juga sudah terdaftar dan berizin OJK. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan adanya penyalahgunaan data atau mendapatkan bunga yang terlalu besar hingga atau tidak masuk akal.

Demikian artikel dari Kredit Pintar yang membahas tentang cara mencari pinjaman uang untuk bayar hutang. Ingatlah untuk selalu berpikir bijak sebelum mengambil keputusan, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download