Pengertian Manajemen Dan Fungsinya Yang Harus Anda Pahami

Pengertian Manajemen Dan Fungsinya Yang Harus Anda Pahami

07 May 2021 by kreditpintar
manajemen

Sobat Pintar tentu sudah tidak asing dengan kata manajemen, bukan? Namun, apakah Sobat Pintar tahu apa artinya? Mengetahui pengertian manajemen sendiri sangat penting terutama bagi seseorang baik yang merupakan pegawai di perusahaan maupun yang tengah menjalankan bisnis. Bukan hanya soal pengertiannya saja, tapi juga perlu mengetahui fungsi dari manajemen itu sendiri. 

Apa Itu Manajemen

Kata manajemen sendiri berasal dari bahasa Perancis, yakni “Management” yang memiliki makna mengelola atau mengatur suatu hal. Sedangkan, dalam bahasa inggris, ‘manage’ diartikan sebagai mengelola atau mengendalikan.

Pengertian manajemen secara umum dikenal sebagai proses untuk mengatur perilaku atau kegiatan yang menyebabkan efek baik. 

Menurut George R. Terry, 1997 yang merupakan Bapak Ilmu Manajemen menjelaskan bahwa manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan guna mencapai tujuan yang sudah diputuskan sebelumnya. 

Pengertian ini ada pada bukunya yang berjudul Principle of Management

Fungsi Manajemen

Mengetahui pengertian manajemen saja tidaklah cukup. Guna mencapai tujuan bisnis maupun organisasi yang lebih maksimal, para manajer juga dituntut untuk mampu menguasai berbagai fungsi manajemen yang ada. 

Fungsi manajemen berikut ini didasarkan pada pendapat Henry Fayol dan Gr Terry, yakni: 

1. Perencanaan

Fungsi perencanaan atau planning adalah fungsi utama manajemen dalam sebuah organisasi atau bisnis. 

Fungsi manajemen yang lain tidak akan dapat berjalan lancar jika tidak ada perencanaan. 

Tanpa adanya perencanaan, fungsi lain yang ada dalam manajemen tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, manajemen memiliki fungsi guna menyusun atau membuat strategi paling awal demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. 

Manajer nantinya akan melakukan evaluasi rencana tersebut sebelum mengambil keputusan untuk bertindak. Ia juga bertindak untuk memilih dan menentukan rencana yang paling tepat untuk digunakan. 

Jika rencana yang dibuat baik, maka hal ini akan berpengaruh positif pada pencapaian tujuan yang efisien serta efektif. 

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian dalam fungsi manajemen memiliki tujuan untuk membagi tugas besar dalam tugas kecil-kecil. Manager nantinya akan mengawasi sekaligus mengontrol karyawan supaya bisa melakukan tugas dengan tepat. 

Cara melakukan pengorganisasian ini melalui penentuan berbagai tugas yang harus dikerjakan. Selain itu, juga menentukan siapa saja yang memiliki kewajiban untuk mengerjakannya hingga siapa yang memegang tanggung jawab. 

3. Penempatan

Langkah selanjutnya yang penting dalam pengorganisasian adalah penempatan. Fungsi yang satu ini mengharuskan manajer untuk mengetahui kemampuan serta minat seseorang dalam sebuah pekerjaan. 

Supaya pekerjaan dapat berjalan dengan jauh lebih maksimal, manajer memiliki tanggung jawab untuk menempatkan seseorang pada posisi yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. 

Oleh sebab itu, penting bagi seorang manajer agar dapat melihat bakat, kemampuan serta minat dari setiap anggotanya. 

4. Pengarahan

Directing atau pengarahan merupakan usaha yang dibuat supaya tiap anggota kelompok bisa bekerja guna mencapai tujuan yang sudah perusahaan tetapkan. 

Pengarahan sendiri memiliki fungsi untuk membuat atau menciptakan lingkungan kerja yang sehat maupun dinamis. Dengan begitu, efektivitas dan efisiensi dalam bekerja pun dapat meningkat. 

Misalnya, perusahaan memberikan tugas serta penjelasan yang jelas pada karyawan secara rutin, atau bisa juga perusahaan mengadakan kegiatan motivasi.

5. Pengawasan

Selanjutnya ada controlling atau pengawasan. Fungsi manajemen yang satu ini perlu dilakukan supaya pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan peraturan, misi, serta visi dari perusahaan. 

Fungsi tersebut juga bisa digunakan dalam menilai kinerja karyawan. Patokannya adalah standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, fungsi pengawasan juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan jika memang dibutuhkan. 

Contoh dari fungsi ini yakni diadakannya evaluasi secara rutin atau berkala untuk melihat keberhasilan dari target yang telah ditentukan. Tentu saja hal ini harus sesuai dengan standar indikator yang sudah ada. 

Manager pun perlu melakukan koreksi serta klarifikasi jika ada penyimpangan. Bukan hanya itu, ia juga perlu memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Itulah pengertian manajemen dan fungsinya yang perlu diketahui bagi pebisnis. Memang menjalankan manajemen dalam bisnis dan perusahaan tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, tenang saja, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman melalui Kredit Pintar dengan bunga yang rendah. Pinjaman langsung cair tanpa menunggu lama!

kredit pintar