Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

13 Dec 2021 by kreditpintar, Last edit: 02 Mar 2022

Sobat Pintar tentu sudah tidak asing dengan istilah “manajemen”. Istilah tersebut cukup populer bagi individu yang sedang mengembangkan bisnis, tim, maupun kemampuan secara personal. Dalam KBBI, pengertian manajemen adalah mengatur, merencanakan, mengelola sumber daya untuk mencapai suatu tujuan. Artinya, manajemen adalah sebuah kata benda yang menggambarkan upaya pengelolaan. Pelajari pengertian dan unsur-unsur manajemen selengkapnya, di sini.

pengertian manajemen

Apa yang Dimaksud Dengan Manajemen

Kata manajemen berasal dari bahasa Prancis, yakni “Management” yang memiliki makna mengelola atau mengatur suatu hal, sedangkan dalam bahasa inggris, ‘manage’ diartikan sebagai mengelola atau mengendalikan.

manajemen adalah

Pengertian manajemen secara umum dikenal sebagai proses untuk mengatur perilaku atau kegiatan yang menyebabkan efek baik. Di sisi lain, inilah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli.

  1. Henry Fayol mengungkapkan, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan metode yang efektif dan efisien.
  2. George R. Terry, 1997, dalam bukunya yang berjudul Principle of Management, menjelaskan bahwa manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan guna mencapai tujuan yang sudah diputuskan sebelumnya.
  3.  F. Taylor, menjelaskan pengertian manajemen sebagai seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan kapan melakukan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan secara efisien.
  4. Menurut Kreitner, menjelaskan pengertian manajemen sebagai seni penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

Selain pengertian, terdapat pula unsur-unsur manajemen yang meliputi:

1.       Pasar

2.       Metode

3.       Mesin/Alat

4.       Keuangan

5.       Bahan Baku/Material

6.       Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen

Dalam paragraf sebelumnya, telah dijelaskan bahwa Manajemen adalah kegiatan yang berbentuk upaya pengelolaan sumber daya. Untuk itu, bisa diartikan bahwa manajemen memiliki berbagai fungsi yang dapat mewujudkan upaya tersebut. 

fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah

Fungsi manajemen pertama kali dicetuskan oleh Henry Fayol. Berikut ini adalah fungsi manajemen menurut ahli asal Prancis tersebut. 

1. Sebagai perencanaan

Fungsi perencanaan atau planning adalah fungsi utama manajemen dalam sebuah organisasi atau bisnis. Fungsi manajemen yang lain tidak akan dapat berjalan lancar jika tidak ada perencanaan.

Tanpa adanya perencanaan, fungsi lain yang ada dalam manajemen tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, manajemen memiliki fungsi guna menyusun atau membuat strategi paling awal demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: 5 Tips Untuk Memaksimalkan Manajemen Keuangan

Manajer nantinya akan melakukan evaluasi rencana tersebut sebelum mengambil keputusan untuk bertindak. Ia juga bertindak untuk memilih dan menentukan rencana yang paling tepat untuk digunakan.

Jika rencana yang dibuat baik, hal ini akan berpengaruh positif pada pencapaian tujuan yang efisien serta efektif.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian dalam fungsi manajemen memiliki tujuan untuk membagi tugas besar dalam tugas kecil-kecil. Manager nantinya akan mengawasi sekaligus mengontrol karyawan supaya bisa melakukan tugas dengan tepat.

Cara melakukan pengorganisasian ini melalui penentuan berbagai tugas yang harus dikerjakan. Selain itu, juga menentukan siapa saja yang memiliki kewajiban untuk mengerjakannya hingga siapa yang memegang tanggung jawab.

3. Penempatan

Langkah selanjutnya yang penting dalam pengorganisasian adalah penempatan. Fungsi yang satu ini mengharuskan manajer untuk mengetahui kemampuan serta minat seseorang dalam sebuah pekerjaan.

Supaya pekerjaan dapat berjalan dengan jauh lebih maksimal, manajer memiliki tanggung jawab untuk menempatkan seseorang pada posisi yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Oleh sebab itu, penting bagi seorang manajer agar dapat melihat bakat, kemampuan serta minat dari setiap anggotanya.

4. Pengarahan

Directing atau pengarahan merupakan usaha yang dibuat supaya tiap anggota kelompok bisa bekerja guna mencapai tujuan yang sudah perusahaan tetapkan.

Pengarahan sendiri memiliki fungsi untuk membuat atau menciptakan lingkungan kerja yang sehat maupun dinamis. Dengan begitu, efektivitas dan efisiensi dalam bekerja pun dapat meningkat.

Misalnya, perusahaan memberikan tugas serta penjelasan yang jelas pada karyawan secara rutin, atau bisa juga perusahaan mengadakan kegiatan motivasi.

5. Pengawasan

Selanjutnya ada controlling atau pengawasan. Fungsi manajemen yang satu ini perlu dilakukan supaya pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan peraturan, misi, serta visi dari perusahaan.

Fungsi tersebut juga bisa digunakan dalam menilai kinerja karyawan. Patokannya adalah standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, fungsi pengawasan juga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan jika memang dibutuhkan.

Contoh dari fungsi ini yakni diadakannya evaluasi secara rutin atau berkala untuk melihat keberhasilan dari target yang telah ditentukan. Tentu saja hal ini harus sesuai dengan standar indikator yang sudah ada.

Baca juga: Manajemen Kinerja: Cara Kerja, Manfaat, dan Siklusnya

Manager pun perlu melakukan koreksi serta klarifikasi jika ada penyimpangan. Bukan hanya itu, ia juga perlu memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

Itulah pengertian manajemen dan fungsinya yang perlu Sobat Pintar ketahui untuk dapat melakukan pengembangan terhadap bisnis, pekerjaan yang dijalankan, maupun pengembangan diri.

Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download