5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

05 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2022

Tahukah kamu apa saja negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara?

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam perkembangan sebuah negara. Selain itu, sistem pendidikan yang baik juga dapat memberikan kesempatan sebuah negara untuk meningkatkan kesejahteraannya. 

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Buat kamu yang penasaran dengan hal ini, berikut ini deretan negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara berdasarkan survei terbaru dari U.S News & World Report.

Baca juga: 10 Universitas Online Terbaik di Indonesia

Pengertian Pendidikan

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Sebelum mengetahui negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian pendidikan.

Menurut britannica, pengertian pendidikan adalah sebuah disiplin yang berkaitan dengan metode pengajaran dan pembelajaran di sekolah ataupun lingkungan seperti sekolah. 

Sedangkan menurut dictionary, pendidikan adalah tindakan atau proses menanamkan atau memperoleh pengetahuan umum, mengembangkan kekuatan penalaran dan penilaian, dan umumnya mempersiapkan diri sendiri atau orang lain secara intelektual untuk kehidupan yang matang.

Lalu apa yang disebut dengan sistem pendidikan? Sistem pendidikan adalah segalanya yang mempengaruhi pendidikan itu sendiri seperti:

  1. Buku, umber pengajaran, komputer, dan berbagai bahan pembelajaran. ·        
  2. Kebijakan, hukum, dan peraturan.   
  3. Fasilitas sekolah, fasilitas negara, hukum, dan fasilitas administrasi negara, sistem transportasi negara.    
  4. Sistem ekonomi, alokasi sumber daya, pendanaan publik, dan berbagai prosedur dalam alokasi.

5 Negara dengan Pendidikan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Asia Tenggara – atau sering disebut ASEAN – merupakan sebuah sub-benua Asia yang terdiri dari 10 negara, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Dari kesepuluh negara tersebut, berikut ini 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara:

Baca juga: SNMPTN 2022 dan 9 Tips Lolos Seleksi

1. Singapura

Didirikan sebagai koloni perdagangan Inggris pada abad ke-19, Singapura adalah kota metropolis yang ramai di Asia Tenggara dan rumah bagi salah satu pelabuhan tersibuk di dunia. 

Dengan produk domestik bruto per kapita yang tinggi serta angka pengangguran rendah, Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia.Tak mengherankanj jika Singapura berhasil jadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN. 

Bahkan, dalam ranking 73 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, Singapura menempati urutan ke-21.

Meski secara ukuran geografis sangatlah kecil, namun pemerintah Singapura memandang pendidikan dengan sangat serius. Baik siswa maupun mahasiswa asal Negeri Singa seringkali memenangkan olimpiade akademis dunia.

2. Malaysia

Urutan selanjutnya dalam ranking sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah Malaysia. Dalam ranking dunia, Malaysia menempati urutan ke 38 di bawah Meksiko.

Malaysia sendiri merupakan negara kecil dengan ekonomi yang sedang berkembang pesat. Terletak di dua wilayah terpisah di Laut Cina Selatan, mereka juga sempat menjadi koloni Inggris dan kini dihuni oleh dari 30 juta orang.

Pendidikan di Malaysia berada di bawah Kementerian Pendidikan. Meskipun pendidikan adalah tanggung jawab Pemerintah Federal, setiap negara bagian dan wilayah federal memiliki Departemen Pendidikan sendiri-sendiri.

Sistem pendidikan dibagi menjadi pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan pasca sekolah menengah lalu pendidikan tinggi. Selanjutnya dibagi menjadi pendidikan nasional dan swasta. 

Secara legal, pendidikan dasar adalah wajib bagi seluruh masyarakat. Seperti di banyak negara Asia-Pasifik lainnya seperti Republik Korea, Indonesia, Singapura dan juga Jepang, tes standar adalah fitur umum. 

Saat ini terdapat 43 universitas, 31 perguruan tinggi swasta, 9 kampus cabang universitas asing dan 414 perguruan tinggi swasta di Malaysia. 

3. Thailand

Tahun ini Thailand berada di urutan ke-46 dalam ranking negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negeri gajah putih ini berada di bawah Slovenia. 

Thailand sendiri merupakan satu-satunya negara yang tidak dijajah oleh kolonisasi Eropa. Terletak tepat di atas khatulistiwa, negara ini terjepit ke semenanjung Indochina dengan tetangga Myanmar, Laos dan Kamboja serta memiliki ‘lengan’ yang memanjang ke Malaysia.

Pendidikan di Thailand sendiri disediakan oleh pemerintah Thailand melalui Kementerian Pendidikan dari pra-sekolah hingga sekolah menengah atas. Pendidikan dasar gratis selama lima belas tahun dijamin oleh konstitusi.

Artinya, pendidikan di sekolah umum gratis sampai dengan kelas 9. Selain itu, pemerintah menyediakan tiga tahun pendidikan pra-sekolah gratis dan tiga tahun pendidikan menengah atas gratis. Keduanya tidak wajib. 

Selain itu, homeschooling juga legal di Thailand. Konstitusi dan undang-undang pendidikan Thailand secara eksplisit mengakui pendidikan alternatif dan menganggap keluarga sebagai institusi pendidikan. 

Undang-undang tentang homeschool sendiri disahkan pada tahun 2004 lewat Peraturan Menteri No. 3 tentang hak atas pendidikan dasar oleh keluarga. Keluarga harus mengajukan aplikasi ke homeschool dan siswa dinilai setiap tahun

4. Indonesia

Indonesia masuk pada urutan ke-4 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Di dunia, negara kita tercinta berada di urutan ke-54. 

Seperti yang sudah diketahui, pendidikan di Indonesia berada langsung dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, untuk sekolah Islam, Kristen, dan Katolik, sekolah ini berada di bawah Kementrian Agama.

Semua warga negara harus mengikuti wajib belajar dua belas tahun yang terdiri dari enam tahun di tingkat SD dan masing-masing tiga tahun di tingkat SMP dan SMA. Setelah SMA, warga negara tidak diwajibkan untuk mengikuti pendidikan tinggi. 

Pendidikan tinggi di Indonesia juga tak kalah hebat. Bahkan salah institusi pendidikan tinggi kita, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, menaruh fokus pada pendidikan sepenuhnya. Artinya kebanyakan jurusan dan fakultas dari Universitas Pendidikan Indonesia terdiri dari keguruan dan hal-hal yang bersifat akademis lainnya.

5, Filipina

Tepat di bawah Indonesia, terdapat Filipina yang berada di urutan ke 55 di ranking dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Untuk ranking Asia Tenggara, negara dengan ibu kota Manila ini berada di urutan ke-5.

Sama dengan Indonesia, Filipina merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis. 

Sistem pendidikan Filipina sangat dipengaruhi oleh fase sejarah kolonial di negara tersebut, yaitu pendudukan Spanyol, Amerika dan Jepang. Kontribusi paling besar dan bertahan lama terjadi selama pendudukan Amerika di negara itu, yang dimulai pada tahun 1898. 

Selama periode itulah bahasa Inggris diperkenalkan sebagai bahasa pengantar utama dan sistem pendidikan publik pertama kali didirikan—sebuah sistem yang meniru Amerika Serikat. 

Pendidikan di Filipina ditawarkan melalui sistem formal maupun nonformal. 

Pendidikan formal biasanya berlangsung selama 14 tahun dan disusun dalam sistem 6+4+4:  6 tahun pendidikan sekolah dasar, 4 tahun pendidikan sekolah menengah, dan 4 tahun pendidikan tinggi, yang mengarah ke gelar sarjana. 

Di Filipina, tahun ajaran akademik dimulai pada bulan Juni dan berakhir pada bulan Maret. Semua institusi pendidikan tinggi beroperasi dengan sistem semester—semester musim gugur, semester musim dingin, dan semester musim panas opsional. 

Sekolah wajib selama 6 tahun, dimulai pada usia 7 tahun dan mencapai puncaknya pada usia 12 tahun.  6 tahun ini mewakili pendidikan sekolah dasar seorang anak. 

Meskipun bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa pengantar di Filipina dari tahun 1935 hingga 1987, konstitusi baru menetapkan bahwa bahasa Filipina (Tagalog) dan bahasa Inggris adalah bahasa pengantar dan komunikasi resmi. 

Namun, setelah sekolah dasar, bahasa pengantar hampir selalu bahasa Inggris, terutama di daerah perkotaan di sebagian besar universitas di negara tersebut.

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Untukmu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download