10 Universitas Online Terbaik di Indonesia

23 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 23 Dec 2021

Pada era digital ini, kegiatan belajar tidak lagi terikat oleh tatap muka. Semua orang bisa belajar dari mana pun selama memiliki koneksi internet dan komputer, termasuk mahasiswa. Terlebih dengan adanya pandemi yang belum usai,  banyak universitas yang mengalihkan kegiatan akademis mereka menjadi online dan berlomba menjadi universitas online terbaik di Indonesia. 

Ada banyak keuntungan apabila sistem perkuliahan dilaksanakan secara online. Salah saturday adalah membuat perkuliahan online memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi, sehingga pada akhirnya para mahasiswa bisa menempuh pendidikan mereka sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca juga: Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Daftar Universitas Online Terbaik di Indonesia

1. Universitas Mercu Buana (UMB)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:b690ad2045ba021340b170c0fbf2447cf6087cd5-gedung-tower-umb.jpeg

Universitas Mercu Buana yang dirikan pada 22 Oktober 1985 ini berlokasi di Jakarta, Indonesia. Kampus utamanya berada di Meruya. 

UMB sudah mengimplementasikan sistem e-learning sejak tahun 2005 seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Sistem perkuliahan ini ditawarkan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi mahasiswa.  

Dengan demikian, mahasiswa bisa mengoptimalkan waktu mereka untuk belajar dan kegiatan lain seperti bekerja. Sebagai mahasiswa UMB, kamu bisa memilih kelas mata kuliah dan mendapatkan materi dalam bentuk digital, dan berkomunikasi dengan dosen dan sesama mahasiswa secara online.

2. Universitas Terbuka (UT)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:icon_logo_UT_kantor_Pusat_Pondok_Cabe_b.jpeg

Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri Indonesia dan menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh (ODL) untuk memperluas akses pendidikan tinggi kepada seluruh warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di pulau-pulau terpencil di seluruh tanah air maupun di berbagai pelosok dunia. 

UT telah dianugerahi Akreditasi Internasional dan Sertifikat Kualitas oleh International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan ISO 9001:2000 oleh SAI Global dan SGS. Program studi UT juga telah terakreditasi oleh BAN-PT.

UT sudah lama mengimplementasikan sistem kuliah online. Universitas online ini tidak memiliki kegiatan pembelajaran tatap muka. Sebaliknya, UT memanfaatkan media cetak dan digital sebagai materi kuliah, misalnya modul cetak dan video. 

Dengan menganut sistem terbuka, siapa pun bisa mendaftar tanpa memandang usia dan tahun ijazah. Syarat yang dipertimbangkan hanyalah ijazah SMA atau sederajat. Dengan demikian, kamu bisa menentukan proses pembelajaran secara mandiri dan efisien.  

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:WhatsApp-Image-2020-09-24-at-3.47.56-PM.jpeg

Universitas Bina Nusantara, juga dikenal sebagai Universitas BINUS, adalah sebuah universitas swasta di Indonesia. Kampus utama universitas ini terletak di Alam Sutera, Tangerang Selatan. Universitas ini awalnya berkembang dari lembaga pelatihan komputer, Kursus Komputer Modern, yang didirikan pada 21 Oktober 1974.

Dengan program Online Learning, BINUS menawarkan program studi S1 untuk lulusan SMA dan sederajat serta D3 yang memiliki tanggung jawab lain. Dengan jadwal yang fleksibel, program ini memungkinkan kamu untuk mengejar gelar sarjana sambil tetap bekerja.

4. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:Universitas_Al-Azhar_Indonesia_dan_Masjid_Agung_Al-Azhar_Terlihat_di_Parkir_Utama.jpeg

Universitas ini adalah salah satu universitas swasta di Jakarta yang sudah berdiri sejak Agustus 2000. Saat ini, UAI menawarkan 19 program studi S1 yang tersebar di 6 fakultas dan satu program studi S2, yaitu Hukum. 

Seiring dengan perkembangan era digital dan pandemi, UAI menggalakkan sistem bekerja dan belajar dari rumah untuk civitas dan mahasiswanya. Dengan program kelas blended, universitas ini menawarkan kesempatan baru untuk mendapatkan ijazah S1 untuk para karyawan atau pekerja.

Kemajuan teknologi yang mumpuni mendukup UAI untuk menyelenggarakan perkuliahan jarak jauh tanpa mengurangi kualitasnya. Di tengah revolusi industri 4.0 ini, program studi S1 Informatika yang ditawarkan oleh UAI bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai potensi tersebut.

5. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:kampus-universitas-bsi-bina-sarana_210301205505-713.jpeg

Universitas swasta ini didirikan oleh Yayasan Bina Sarana Informatika sejak 3 Maret 1988. Universitas ini memiliki tiga fakultas yang menawarkan 22 program studi D3 dan S1. 

UBSI adalah universitas yang sudah mengimplementasikan sistem kuliah online dan/atau blended sejak beberapa tahun yang lalu. Sehingga, peraturan pemerintah di masa pandemi ini tidak terlalu berpengaruh untuk kegiatan akademiknya. Sistem kuliah ini dipilih dengan tujuan untuk membantu mahasiswa untuk menghemat waktu dan biaya, tanpa membebani mereka. 

Baca juga: Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

6. Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:b3519-ithbcover_hoteldekatkampuscom_600x400.jpeg

ITHB adalah universitas yang didirikan oleh Yayasan Petra Harapan Bangsa pada 17 Mei 2002 di Bandung, Universitas ini menawarkan 11 program sarjana, dan tiga di antaranya bertaraf internasional.

Awalnya, ITHB hanya membuka program studi S1 Sistem Informasi dengan konsentrasi Data Science untuk sistem kuliah online-nya. Sejak peraturan pemerintah yang baru berlaku, ITHB telah mengalihkan seluruh kegiatan akademiknya secara online.

7. Universitas MH. Thamrin (UMHT)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:1024px-Kampus_A_Universitas_Mh_Thamrin_Jakarta.png

Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta. Perguruan tinggi ini berada di bawah lembaga pendidikan Yayasan Rumah Sakit MH Thamrin Jakarta (Radjak Group).

Universitas online ini menganut sistem kuliah blended dengan memberikan akses perpustakaan digital untuk para mahasiswanya. Universitas MH. Thamrin terus berinovasi dan berkembang untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi dengan wawasan nasional dan taraf internasional. 

8. Universitas Nusa Mandiri

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:Kampus_Nusa_Mandiri.jpeg

Universitas Nusa Mandiri ini didirikan oleh Yayasan Indonesia Nusa Mandiri yang merencanakannya untuk menjadi Kampus Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu universitas online terbaik ini menawarkan program studi S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informatika. Untuk mendaftar secara online, kamu tinggal mengunduh aplikasi PMB Nusa Mandiri di PlayStore.

9. Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:UIA.jpeg

UIA adalah universitas swasta di Jatiwaringin yang sudah berdiri sejak 1982. Universitas ini merupakan bagian dari AKPI As-Syafi’iyah yang sudah terakreditasi B. Universitas ini menggabungkan pendidikan Islam yang konservatif dengan pendidikan tinggi formal berstandar nasional.

Jurusan yang bisa kamu ambil di universitas online ini adalah S1 Hukum dan S1 Manajemen. Dengan sistem kuliah blended, kamu bisa mengatur jadwal kuliah dengan sesuai dengan kebutuhan. 

10. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:gallery68.jpeg

Berbekal reputasi dan wawasan yang luas, Group Jaya mendirikan Universitas Pembangunan Jaya sebagai pusat keunggulan gaya hidup perkotaan dan pengembangan perkotaan. UPJ dikelola oleh Yayasan Pendidikan Jaya yang telah berhasil mengelola pendidikan dasar dan menengah lebih dari satu dekade. 

Universitas ini bertujuan untuk menjadi wadah mahasiswa untuk berkembang dengan moto “Integrity, professionalism, and Entrepreneurship”. Program studi yang bisa kamu pilih adalah S1 Manajemen, S1 Informatika, S1 Akuntansi, dan A1 Sistem Informasi.

Baca juga: Besaran Gaji PNS Golongan 3A, Lengkap!

Nah, itulah 10 universitas online terbaik di Indonesia. Kalau kamu membutuhkan tambahan dana untuk mengejar sarjana di universitas di atas, Kredit Pintar siap untuk membantu! Tidak butuh proses lama dan rumit, dana yang kamu butuhkan bisa langsung cair.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download