Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

07 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 09 Dec 2021

Mempunyai mimpi untuk dapat berkuliah di kampus favorit secara gratis tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi siapapun. Namun, cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis tentunya sulit karena persaingan yang begitu ketat. Untuk meraih mimpi tersebut, Sobat Pintar harus meningkatkan mutu dan kualitas akademik agar mudah diterima di perguruan tinggi yang Sobat Pintar inginkan.

Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Beasiswa kuliah gratis sendiri sudah banyak diprogramkan oleh beberapa entitas swasta maupun pemerintah guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih siap lagi untuk dapat memajukan pendidikan di Indonesia.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di kampus favorit untuk luar dan dalam negeri dengan persaingan yang terbilang begitu sulit? Berikut Kredit Pintar rangkum dari beberapa sumber yang bisa Sobat Pintar jadikan acuan agar mimpi dapat berkuliah di kampus impian segera tercapai.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Jam FYP Tiktok, Harus Kamu Tahu!

Untuk dapat mengetahui jenis beasiswa yang ada di Indonesia, baiknya Sobat Pintar lebih dulu mencari dari beberapa sumber agar tidak salah karena di Indonesia sendiri banyak dari swasta maupun milik pemerintah yang memberikan beasiswa secara gratis, berikut ini daftar beberapa beasiswa yang bisa Sobat Pintar coba!

Beberapa Jenis Beasiswa Kuliah Gratis Untuk Kampus Dalam Negeri 

1. Beasiswa Unggulan

Program beasiswa ini merupakan beasiswa yang dicanangkan langsung oleh Kemendikbudristek, yang mana beasiswa ini difokuskan bagi para calon dosen ataupun tenaga pendidik yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi ataupun Swasta. Namun, beasiswa ini hanya berfokus pada jenjang S2 dan S3.

2. Beasiswa Sampoerna Foundation

Merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi para lulusan SMA sederajat yang mempunyai nilai rata-rata akademik 70. Jika Sobat Pintar mencoba untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa Sampoerna Foundation, maka sobat akan mendapatkan subsidi biaya kuliah dan pengembangan karakter yang dapat menunjang kehidupan di kampus barumu.

3. Program Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa yang dikhususkan untuk para mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S1/D4 sederajat. Agar Sobat Pintar bisa mendapatkan beasiswa ini, maka kamu harus disiplin terhadap nilai dan ilmu agar mendapatkan subsidi uang dari Djarum Foundation sebesar Rp1 juta setiap bulannya selama satu tahun kedepan.

4. Beasiswa BCA

Jika Sobat Pintar merupakan lulusan baru dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan memiliki minat di ilmu perbankan, nantinya akan berkesempatan untuk mengikuti program magang dari perusahaan bank swasta terbesar di Indonesia, yakni Bank BCA.

Namun, untuk beasiswa ini hanya tersedia pada Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan dan Program Pendidikan Teknik Informatika saja. Nantinya, Sobat Pintar akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 2,5 tahun kedepan.

5. Beasiswa KIP Kuliah

Merupakan salah satu beasiswa yang hanya diperuntukan bagi lulusan SMA/SMK sederajat bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik terbilang baik, serta aktif dalam beberapa organisasi positif. Serta dalam segi finansial keluarga yang kurang, namun ingin melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

6. Beasiswa LPDP

Program beasiswa ini diselenggarakan resmi oleh Pemerintah Indonesia yang melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang mana dalam pengawasan Kementerian Keuangan.

Beasiswa ini ditujukan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter pemimpin, memiliki profesionalitas, saintis, dan teknokrat.

Untuk Beasiswa LPDP tidak hanya menawarkan biaya kuliah gratis dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri dengan berbagai jurusan teratas, bahkan sekelas ilmu kedokteran.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Jika Sobat Pintar benar-benar ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan melalui program beasiswa, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu beberapa jenis beasiswa yang ada seperti penjelasan diatas. Selebihnya, Sobat Pintar cukup menaati beberapa tips cara mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis yang telah Kredit Pintar rangkum.

Beberapa Tips Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis yang Perlu Dipahami 

1. Rajin Mencari Informasi Program Beasiswa Terbaru

Dalam hal ini, jika Sobat Pintar masih malas untuk mencari informasi, maka sudah dipastikan kamu akan kehabisan kuota. Mencari informasi kepada pihak sekolah atau kampus bisa dikatakan sebagai cara yang terbilang cukup ampuh.

Terkadang, sekolah atau kampus memiliki banyak koneksi dengan beberapa lembaga atau pihak swasta yang mengadakan beasiswa kuliah gratis. Selain itu, jangan malu untuk bertanya kepada beberapa teman atau saudara yang pernah atau sudah memiliki pengalaman dalam cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Jika memang mampu, Sobat Pintar juga bisa melakukan riset sendiri dengan mencari informasi dari internet atau sosial media. Dengan rajin memantau akun sosial media penyedia beasiswa ataupun melalui pencarian Google, pastinya kamu akan mendapatkan informasi lebih detail lagi.

2. Nilai Prestasi Akademik yang Mumpuni

Beragam jenis beasiswa memiliki persyaratan akademik yang berbeda. Ada beberapa jenis beasiswa yang mengharuskan harus memiliki nilai akademik yang mumpuni, seperti halnya Beasiswa Sampoerna Foundation yang mengharuskan nila rata-rata minimal 70.

Atau jika Sobat Pintar sudah menempuh jenjang S1, kamu dapat mengajukan Beasiswa KIP Kuliah yang memang mengharuskan setiap mahasiswa harus memiliki nilai akademik yang baik dan juga harus aktif dalam kegiatan kampus.

3. Memenuhi Persyaratan Kualifikasi Beasiswa

Agar beasiswa yang diajukan tepat dengan sasaran dengan kebutuhan Sobat Pintar, ada baiknya untuk mempelajari dan memenuhi semua kebutuhan persyaratan yang diberikan penyelenggara beasiswa.

Namun ada satu persyaratan yang sangat umum bagi para pendaftar beasiswa. Yaitu tidak sedang menerima dari program beasiswa manapun, atau tidak sedang menerima beasiswa lain selain yang akan didaftarkan.

Untuk persyaratan lainnya terkadang bisa berbeda-beda oleh setiap penyedia beasiswa kuliah gratis. Sobat Pintar tinggal menyesuaikan apa saja yang menjadi persyaratannya.

4. Persiapkan Beberapa Dokumen yang Dibutuhkan

Selain dari persyaratan kualifikasi, calon penerima beasiswa kuliah harus bisa melengkapi beberapa persyaratan dokumen seperti KTP, SKCK dan sejenisnya.

Jika Sobat Pintar memiliki beberapa sertifikat tambahan, bisa juga dilampirkan agar menambah penilaian dari penyedia beasiswa kuliah.

5. Menguasai Bahasa Inggris Sebagai Nilai Tambah

Bagi siapapun, Bahasa Inggris terbilang cukup menakutkan jika memang harus dimasukkan kedalam daftar persyaratan. Namun, dengan melupakan yang satu ini mungkin dapat dikatakan sangat disayangkan karena hampir setiap Perguruan Tinggi menyukai dan bahkan melirik calon penerima beasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Baca Juga: 4 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaik

Umumnya jika sobat ingin mengambil Beasiswa LPDP luar negeri, nilai TOEFL yang disarankan yakni minimal diangka 500. Oleh sebab itu persiapkan dengan matang kemampuan Bahasa Inggris Sobat Pintar agar portofolio dan dokumen-dokumen yang kamu kirimkan dapat dipertimbangkan dengan seksama oleh penyedia program beasiswa.

Itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang mungkin Sobat Pintar bisa jadikan acuan agar dapat berkuliah di kampus impian yang selama ini diinginkan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download