Cara Daftar Beasiswa LPDP dan Syarat yang Dibutuhkan

30 Aug 2021 by Laruan

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP merupakah salah satu program beasiswa pemerintah yang paling populer. Banyak yang tidak tahu, bahwa LPDP merupakan program beasiswa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang telah ada sejak tahun 2012 lalu. Beasiswa LPDP menyediakan dana untuk pendidikan pascasarjana baik dalam maupun luar negeri. 

Cara Daftar Beasiswa LPDP dan Syarat yang Dibutuhkan

LPDP dikenal sebagai beasiswa yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Tentu saja, karena LPDP menanggung seluruh biaya pendidikan pascasarjana, biaya hidup, hingga biaya kebutuhan penelitian. 

Pendidikan pascasarjana memang dikenal membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terutama pendidikan pascasarjana di luar negeri. Beasiswa LPDP merupakan salah satu kesempatan yang dapat anda ambil untuk dapat mencicipi pendidikan pascasarjana yang berkualitas secara gratis.

Bagi anda yang belum sempat mendaftar sebelumnya, pada tahun ini LPDP membuka pendaftaran tahap dua pada bulan Agustus ini.

Jenis Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan target penerimanya, mulai dari beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan beasiswa umum. 

  1. Beasiswa afirmasi 

Beasiswa afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan pada golongan tertentu, seperti beasiswa penyandang difabel, beasiswa daerah afirmasi dan beasiswa prasejahtera. 

Beasiswa khusus penyandang difabel diberikan bagi masyarakat penyandang tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna laras dan tuna daksa, yang dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari rumah sakit atau klinik kesehatan yang valid. 

Beasiswa daerah afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi yang telah disyaratkan oleh LPDP. Daerah afirmasi yang berkesempatan memperoleh beasiswa LPDP seperti daerah-daerah pesisir kepulauan Indonesia dan Kabupaten terpencil di Indonesia. 

Beasiswa prasejahtera diberikan kepada masyarakat yang berasal dari keluarga prasejahtera di Indonesia. Beasiswa prasejahtera diberikan kepada keluarga yang menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau pernah menerima bidik misi pada jenjang pendidikan sebelumnya. 

  1. Beasiswa targeted 

Jenis beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan khusus pada golongan masyarakat tertentu, seperti Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri atau pelaku wirausaha di Indonesia. 

Beasiswa khusus PNS, TNI dan POLRI diberikan kepada pegawai atau anggota angkatan bersenjata yang telah direkomendasikan oleh lembaga masing-masing. Selain itu beasiswa khusus ini diberikan pada pegawai yang menjabat pada bagian pengembangan Sumber Daya Manusia pada instansi masing-masing.

Beasiswa kewirausahaan merupakan beasiswa yang diberikan khusus pada pelaku kewirausahaan di Indonesia. Persyaratan khusus penerima beasiswa ini adalah pemilik usaha yang dibuktikan dengan rencana pengembangan bisnis.

  1. Beasiswa umum

Beasiswa umum terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dan beasiswa kerjasama.

Beasiswa reguler merupakan jenis beasiswa yang paling umum. Siapa saja yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana maupun diploma empat (D4) memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa LPDP reguler ini. 

Beasiswa perguruan tinggi utama merupakan beasiswa yang diberikan khusus bagi masyarakat yang telah diterima dari perguruan tinggi utama dunia. Beberapa universitas yang termasuk dalam daftar perguruan tinggi utama dunia seperti Caltech, Columbia University, Cornell University, Harvard, Johns Hopkins University, MIT, Princeton University, Stanford, Yale University, Cambridge, Oxford, ETH Zurich, University of Pennsylvania, University of Chicago dan UCB. 

Beasiswa kerjasama pendanaan (Co-Funding) merupakan beasiswa yang memiliki skema beasiswa semi mandiri, artinya salah satu dari dua biaya yang diperlukan yaitu biaya pendidikan atau biaya pendukung ditanggung secara mandiri. 

Cara Daftar Beasiswa LPDP dan Syarat yang Dibutuhkan

Apa saja biaya yang ditanggung oleh LPDP?

Pada umumnya beasiswa LPDP menanggung seluruh biaya yang diperlukan selama menempuh pendidikan magister atau doktor, baik di dalam maupun luar negeri. Biaya yang ditanggung oleh LPDP yaitu biaya pendidikan dan biaya pendukung. 

Komponen biaya pendidikan yang ditanggung oleh LPDP mulai dari biaya pendaftaran, biaya SPP atau uang kuliah, biaya tunjangan buku, biaya penelitian tugas akhir, biaya seminar dan biaya publikasi jurnal. 

Sedangkan biaya pendukung yang ditanggung oleh LPDP yaitu biaya transportasi, biaya visa, biaya asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya darurat dan khusus untuk jenjang pendidikan doktor akan diberikan biaya tunjangan keluarga penerima beasiswa bagi penerima beasiswa yang telah berkeluarga atau memiliki anak yang ikut serta pindah ke lokasi studi. 

Cara daftar beasiswa LPDP

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, semua tahapan dapat dilakukan secara online. Tinggal akses link https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Link tersebut akan mengarahkan anda ke laman Beasiswa Pendidikan Indonesia. 

Selanjutnya klik “Klik untuk daftar” pada bagian “Beasiswa S2/S3 LPDP (Dalam & Luar Negeri)”. Setelah itu, anda akan diminta untuk melengkapi identitas diri serta dokumen-dokumen pelengkap yang dibutuhkan sebagai syarat untuk mendaftar LPDP.

Di akhir pendaftaran, anda akan memperoleh kode pendaftaran yang diperlukan untuk tahap seleksi selanjutnya. 

Syarat beasiswa LPDP

Persyaratan beasiswa LPDP dikutip langsung dari laman resmi LPDP adalah sebagai berikut,

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah menyelesaikan pendidikan sarjana atau diploma empat dari perguruan tinggi terakreditasi atau yang diakui oleh Kementerian Pendidikan bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri atau lulusan perguruan tinggi kedinasan.
  3. Tidak dalam masa studi program magister atau doktor, atau bagi yang telah menyelesaikan pendidikan magister tidak dapat mendaftar pada jenjang pendidikan yang sama. 
  4. Beasiswa hanya diberikan untuk pendidikan kelas reguler, bukan pendidikan pascasarjana kelas eksekutif, kelas karyawan atau kelas jarak jauh.
  5. Batas usia pada saat pendaftaran adalah maksimal 35 tahun untuk program magister dan 40 tahun untuk program doktor.
  6. Memiliki IPK minimal 3,00 untuk pendaftaran program magister dan 3,25 untuk pendaftaran program doktor. 
  7. Memiliki skor IELTS minimal 6,0 untuk pendidikan di dalam negeri dan minimal 7,0 untuk pendidikan luar negeri, yang dibuktikan dengan sertifikat resmi dari lembaga yang diakuti di Indonesia. 
  8. Mempersiapkan essay atau proposal penelitian (khusus untuk program doktor) yang sesuai dengan ketentuan LPDP.
  9. Persyaratan khusus bagi penyandang disabilitas, beasiswa khusus PNS, TNI, POLRI, beasiswa daerah afirmasi atau beasiswa wirausaha sesuai ketentuan LPDP.

Tips lolos LPDP

Setelah mengenal apa itu LPDP dan persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan, berikut adalah beberapa tips dalam mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa LPDP.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kemampuan bahasa Inggris. Walaupun dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS, persiapan dapat dilakukan sejak lama secara bertahap agar skor kemampuan bahasa Inggris yang diperoleh sesuai dengan persyaratan LPDP.

Berikutnya adalah mempersiapkan tulisan atau proposal penelitian yang urgensinya sesuai dengan permasalahan yang ada di Indonesia. Beasiswa LPDP biasanya akan lebih tertarik pada tulisan yang memiliki kontribusi terhadap Indonesia baik secara keilmuan maupun praktis. 

Kemungkinan lulus LPDP akan lebih tinggi jika calon penerima telah berhasil diterima pada salah satu perguruan tinggi. Jadi lebih baik untuk melakukan pendaftaran secara mandiri di salah satu perguruan tinggi terlebih dahulu, sehingga kemungkinan untuk menerima beasiswa LPDP akan lebih tinggi. 

Itulah tadi pembahasan mengenai beasiswa LPDP, mulai dari cara daftar, syarat, dan tips agar kemungkinan lulus LPDP lebih tinggi. Hal paling penting adalah untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan terus belajar dan mengembangkan diri. Serta jangan lupa bahwa kunci dari keberhasilan adalah terus berusaha dan berdoa.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload