Mengetahui Jam FYP Tiktok, Tentukan Target Penonton

08 Sep 2021 by Laruan

Banyak dari para content creators atau pembuat konten yang masih belum paham tentang jam fyp tiktok yang mana ini sangat berpengaruh besar dengan konten yang di buat agar menjadi viral ataupun trending.

Sebelum membahas bagaimana agar video bisa masuk ke dalam FYP Tiktok, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui beberapa wawasan baru berikut ini.

Aplikasi Tiktok

Aplikasi Tiktok merupakan aplikasi media sosial yang hanya khusus membagikan video pendek yang berasal dari China dengan dulunya bernama Douyin dan telah mendapatkan jumlah unduhan sebesar 100++ Juta dengan pengguna aktif hingga 500+ Juta pengguna.

Banyaknya pengguna yang tercatat berkontribusi membagikan video di aplikasi Tiktok ini membuat banyak yang mulai berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan attention dari penonton. Namun, banyak juga para content creator pemula yang belum paham benar tentang jam fyp tiktok yang mana sangat mempengaruhi konten mereka.

Aplikasi Tiktok sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Indonesia. Pemblokiran tersebut dilakukan sejak Selasa siang pada tanggal 3 Juli 2018.

Kominfo sendiri mengaku telah memantau aplikasi Tiktok selama sebulan sebelum melakukan pemblokiran. Sebab, Kominfo menerima banyak sekali laporan yang masuk dan mengeluhkan keberadaan aplikasi Tiktok.

Menurut Menteri Rudiantara dulu, laporan yang masuk banyak melaporkan konten negatif yang sangat banyak di aplikasi Tiktok terutama untuk anak-anak. Pemblokiran pada aplikasi ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kemen PPA. Selain itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut dipanggil untuk memberikan keterangan sebagai bahan pertimbangan.

Pemblokiran aplikasi Tiktok akhirnya dicabut setelah satu minggu ke depan. Pihak Tiktok sendiri bernegosiasi dengan Kominfo dan berjanji untuk melakukan sejumlah perubahan. Diantaranya yaitu menghapus konten-konten negatif, menerapkan batasan usia bagi pengguna, peningkatan mekanisme keamanan, dan membuka kantor penghubung pemerintah.

Namun Tiktok kembali menjadi viral di awal tahun 2019 hingga sekarang, saingan aplikasi share video mereka hanyalah Musical.ly yang mana juga mendulang keuntungan yang sama besarnya dengan Aplikasi Tiktok.

Tak mau kalah, Tiktok pun mulai membuka program Tiktok Ads dengan berhasil mengakuisisi Musical.ly di tahun 2017.

Lalu bagaimana cara agar konten yang Sobat Pintar buat di Tiktok dapat menghasilkan dan bisa menjadi trending, berikut Kredit Pintar berikan beberapa tips Tiktok agar mudah Jam FYP Tiktok

Mengetahui Jam FYP Tiktok, Tentukan Target Penonton

Cara Masuk FYP di Tiktok, Trending dan Kolaborasi Jangan di Hiraukan

Cara masuk dalam Fyp atau For your page menjadi salah satu prioritas utama para content creators di Tiktok yang mana itu bisa membuat video yang telah susah payah dibuat menjadi banyak penonton.

Video yang masuk Fyp berarti konten video dari pengguna yang lain akan direkomendasikan berdasarkan video yang kamu sukai.

Keuntungan video kamu masuk Fyp atau for your page yaitu video kamu bisa berpotensi mendapatkan lebih banyak like atau suka. Selain tidak menutup kemungkinan bahwa followers atau pengikut kamu akan bertambah juga.

Berikut ini beberapa cara masuk FYP atau For your page agar video dapat banyak penonton.

  • Unggah dengan kualitas video terbaik dan sekreatif mungkin
  • Tambahkan musik yang saat ini sedang banyak digunakan oleh creator lain atau sedang trending
  • Beri caption semenarik mungkin
  • Engagement atau berkomunikasi dengan penonton, bisa dengan live atau selalu berinteraksi dengan penonton melalui kolom komentar.
  • Tambahkan hastag yang juga sedang trending
  • Berkolaborasi dengan creator lainnya
  • Bermain dengan trending

Jadwal Harian FYP Tiktok

Menurut Influence Marketing Hub, waktu terbaik untuk posting di Tiktok juga harus mengetahui jadwal hariannya.

Ini menjadi strategi yang paling tepat untuk me-manage waktu mengunggah agar cepat viral. Berikut tips Tiktok untuk jadwal harian agar mudah fyp atau for your page:

  • Pada hari Senin, cobalah kamu untuk mengupload di antara jam 12.00 s/d 13.00 disaat banyak orang beristirahat dalam bekerja atau 22.00 s/d 00.00 menjelang tidur.
  • Pada hari Selasa, upload video pada waktu sore hari di jam 15.00 s/d 17.00 atau 21.00 s/d 22.00.
  • Pada hari Rabu, gunakan waktu istirahat yang panjang semaksimal mungkin untuk mengunggah konten di jam santai kerja antara 11.00 s/d 13.00 atau malam hari di 21.00 s/d 22.00
  • Pada hari Kamis, yakni 12.00 s/d 13.00, jam 15.00 atau jam 19.00. Bisa upload 2 kali dalam sehari di antara jam tersebut.
  • Pada hari Jumat, sama pada hari sebelumnya, namun bisa di awali saat pagi hari di jam 05.00, atau saat siang hari diantara 11.00 s/d 13.00 dan malam hari di jam 19.00 s/d 22.00
  • Pada hari Sabtu, weekend membuat orang mulai banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan ada juga yang lebih nyaman dengan scrolling handphone mereka, gunakan waktu unggah di jam 09.00 pagi kemudian 12.00 siang dan 19.00 s/d 00.00 malam.
  • Pada hari Minggu, ada baiknya kamu mengunggah video 3 kali sekaligus dalam sehari di jam berikut ini, 08.00 pagi, jam 12.00 siang dan 17.00 sore.

Tips Mudah Agar Bisa Fyp di Tiktok dengan Niche dan Target Audience 

Ada cara lain yang menjadi faktor keberhasilan sebuah konten agar dapat tertuju dengan tepat dan masuk dalam daftar Fyp atau for your page.

Salah satunya agar bisa mendapatkan porsi di FYP harus mengetahui kapan harus mengupload atau mengunggah video di aplikasi Tiktok. 

Berikut tips mudah agar bisa fyp di Tiktok dengan menetapkan Niche dan Target Audience:

1. Tentukan Lokasi dan target penonton

Menentukan target penonton menjadi faktor pertama yang harus kamu perhatikan, jika ingin merasakan dahsyatnya masuk ke dalam FYP atau for your page. 

Ini akan membantu kamu untuk membuat konten dengan kecenderungan penonton, yang mana jika lebih banyak penonton dari video Tiktok adalah perempuan, kamu bisa membuat konten yang banyak disukai oleh perempuan dan negara yang paling banyak .


Contoh Analytics Tiktok

2. Tentukan Niche pada Konten Tiktok

Sama halnya dengan target lokasi dan gender terbanyak penonton konten Tiktok, untuk dapat menjadi sering trending atau FYP atau for your page bisa menggunakan Niche. 

Berdasarkan pengalaman penulis, menentukan sebuah niche akan membuat personal branding semakin kuat karena penonton akan menilai content creator tersebut ahli di bidangnya. 

3. Jam Aktif penonton membuka aplikasi Tiktok

Keaktifan pengguna aplikasi Tiktok juga menjadi salah satu faktor dengan melihat data-datanya melalui Tiktok Analytics. Kamu harus disiplin mengatur jadwal posting untuk video sesuai dengan keaktifan para followers agar video kamu cepat masuk Fyp.

Hal ini diharapkan bisa menjadi suguhan langsung kala followers kamu semua sedang membuka aplikasi Tiktok, karena disaat para followers membuka beranda Tiktok maka video pertama yang akan muncul adalah video Anda. Untuk mengetahui jam fyp tiktok, perlu diperhatikan beberapa langkah di atas agar konten yang Sobat Pintar buat menjadi mudah ditemukan oleh penonton baru.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.


Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload