Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

01 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Kemajuan Pendidikan di Indonesia membuat anak SMA/sederajat berlomba untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu menjadi seorang mahasiswa dengan Beasiswa S1.

Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Tetapi biaya untuk kuliah tidaklah kecil, perlu cukup biaya untuk bisa mengenyam Pendidikan Sarjana. Namun saat ini pemerintah sudah memberikan solusi berupa beasiswa untuk siswa yang berprestasi, atau siswa yang memiliki kendala dalam pembiayaan. Berikut ini adalah daftar beasiswa S1 dari pemerintah beserta syaratnya. 

Daftar Beasiswa S1 dari pemerintah beserta syaratnya

  1. Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP – Kuliah) 
Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Program Kartu Indonesia Pintar – Kuliah sudah dikeluarkan sejak 2020 untuk para lulusan SMA, SMK dan sederajat sebagai solusi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke universitas, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi terbuka lebar untuk siapa saja. 

Melansir dari pedoman KIP Kuliah Kemendikbud, ada beberapa syarat penerima beasiswa ini : 

  • Siswa SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya
  • Punya potensi akademik yang baik, namun mengalami keterbatasan ekonomi yang dapat dibuktikan dengan dokumen
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi dan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) di program studi yang sudah terakreditasi.

Bagi calon penerima beasiswa KIP Kuliah yang memeiliki keterbatasan ekonomi dapat dibuktikan dengan:

  • Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Berasal dari panti asuhan atau 
  • Berasal dari keluarga yang termasuk dalam kategori empat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Jika salah satu syarat tidak bisa dipenuhi oleh calon penerima beasiswa, masih bisa mendaftar dengan syarat pendapatan orang tua atau wali maksimal Rp. 4,000,000 setiap bulan atau pendapatan kotor tabungan orangtua atau wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak sebesar Rp.750,000. 

  1. Beasiswa S1 Lembaga Pengelola Dana Keuangan (LPDP)
Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Selain KIP, ada salah satu pilihan beasiswa yang bisa diambil oleh para siswa untuk melanjutkan Pendidikan ke universitas yaitu beasiswa LPDP. 

Seperti dilansir dari laman resmi LPDP, beasiswa ini ditujukan untuk mempersiapkan pemimpin dan professional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis dan berkeadilan. Selain itu program beasiswa LPDP ini diselenggarakan untuk putra – putri terbaik Indonesia. 

Beasiswa LPDP terbagi menjadi berbagai jenis, yaitu :

  • Beasiswa Afirmasi yang terdiri dari beasiswa berkebutuhan khusus difabel, beasiswa daerah afirmasi, beasiswa prasejahtera dan beasiswa santri
  • Beasiswa targeted yang meliputi beasiswa PNS, TNI, dan POLRI, beasiswa kewirausahaan, dan beasiswa Pendidikan kader ulama. 
  • Beasiswa umum terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa co – funding. 

Seluruh program beasiswa LPDP ini dilaksanakan untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi siswa atau mahasiswa yang tertarik untuk mendaftarkan diri di beasiswa LPDP, ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan : 

  1. Mendaftar secara online di situr resmi LPDP, yaitu https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi semua dokumen yang menjadi syarat beasiswa LPDP
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran

Jika calon penerima beasiswa bingung bagaimana memulai pendaftaran, bisa melihat panduan pendaftaran mulai dari syarat dokumen, format surat rekomendasi, dan sebagainya di laman LPDP. 

  1. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Untuk para siswa dan mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, program Kemendikbudristek yang bertajuk beasiswa unggulan wajib untuk dicoba. 

Beasiswa unggulan dari Kemendikbudristek terdiri dari empat jenis. 

Beasiswa unggulan jenis pertama ditujukan untuk masyarakat berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik, baik nasional dan atau internasional. 

Selanjutnya beasiswa pegawai Kemendikbudristek yang diperuntukkan pada aparatur sipil negara di lingkungan Kemendikbudristek dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah. Penerimanya diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja.

Beasiswa ketiga, adalah beasiswa bagi penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, intelektual, mental, atau sensorik.

Terakhir ada beasiswa penghargaan yang diberikan untuk anak kandung dari orang tua yang gugur saat menjalankan pengabdian pada negara. Penerimanya diusulkan oleh pejabat setingkat kepala staf Tentara Nasional Indonesia.

Itulah beberapa beasiswa yang bisa kamu coba untuk melanjutkan Pendidikan ke universitas. 

Syarat dan dokumen yang harus dipenuhi untuk beasiswa S1 di Luar Negri 

Ini Syarat dan Dokumen Dapat Beasiswa S1 Pemerintah

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa S1 di luar negri, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus dipenuhi bergantung kepada kebijakan masing – masing Lembaga penyedia beasiswa S1 luar negri. 

Namun, secara umum ada dokumen yang harus kamu siapkan saat mengajukan beasiswa, yaitu :

  1. Fotokopi KTP 
  2. foto berwarna ukuran 3 x 4
  3. ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir
  4. paspor
  5. Curriculum Vitae 
  6. motivation letter dan essay
  7. hasil tes TOEFL/IELTS
  8. surat rekomendasi

Itulah beberapa syarat umum yang harus disiapkan saat mengajukan beasiswa.  

Selain syarat diatas, untuk mengajukan beasiswa, ada yang perlu disiapkan lagi agar persiapan lebih matang, yaitu miliki prestasi akademis, belajar interview agar lebih terlatih saat seleksi interview, pastikan untuk submit beasiswa dan yang paling penting adalah belajar bahasa asing sesuai tujuan Pendidikan seperti Bahasa inggris dan Bahasa mandarin. 

Terkait biaya Pendidikan, meskipun dengan beasiswa, biaya kebutuhan lain belum tentu bisa tertutupi dengan baik, dan tidak bisa dipungkiri, jika melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Tidak heran jika kita harus punya tabungan lebih untuk menutupi kebutuhan seperti Pendidikan, terkadang kita lupa untuk menyisihkan biaya tak terduga, hasilnya kebanyakan selalu kepepet membutuhkan uang cepat untuk kebutuhan saat menjalani Pendidikan. 

Jika itu yang kamu alami Sekarang, inilah saatnya beralih ke cara pintar, tanpa resiko besar, cara yang mudah dan tanpa harus mengorbankan biaya di awal, yaitu pakai kredit pintar. 

Solusi cerdas pencairan pinjaman dana cepat dengan bunga rendah untuk memenuhi kebutuhan secara cepat, 5 menit langsung cair. 

Apa sih keuntungan meminjam di kredit pintar?

  • Limit pinjaman besar hingga 20 Juta tanpa jaminan sama sekali 
  • Pencairan cepat cukup 5 menit saja
  • Aman dan terpercaya karena diawasi OJK 
  • Bunga rendah dan banyak bonus diskon cicilan serta keuntungan lainnya
  • Customer servicenya juga siap siaga membantu kamu yang sedang membutuhkan. 

Sekarang tidak usah khawatir lagi, walaupun tidak ada biaya tak terduga, tidak punya tabungan atau kekurangan uang untuk kebutuhan Pendidikan, semua bisa teratasi berkat adanya kredit online bersama kredit pintar. Pinjam sekarang, cicilan ringan dan Pendidikan bisa lancassr. 

Aplikasi kredit pintar bisa dengan mudah diakses, pengisian datanya pun mudah dan cepat. Download aplikasinya sekarang, tersedia di playstore dan Appstore. 

Untuk informasi lengkap kamu juga bisa cek informasi lengkapnya disini  Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload