7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Untukmu!

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Saat ini, terdapat banyak aplikasi belajar yang dapat dengan mudah diakses dari rumah melalui jaringan Wi-Fi atau paket data untuk mengakses situs atau aplikasi belajar tersebut.

7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Untukmu!

Selain menyediakan fitur untuk memahami materi pembelajaran, aplikasi belajar juga banyak menyediakan latihan soal hingga ujian pemahaman yang dapat membantumu untuk meningkatkan prestasi di bidang akademik. Dengan kata lain, selain belajar di sekolah, Sobat Pintar juga dapat mendapat bantuan dalam memahami materi pelajaran dengan aplikasi-aplikasi belajar tersebut.

Jika masih ragu dengan aplikasi belajar yang saat ini tengah marak, Sobat Pintar tidak usah khawatir! Karena, aplikasi belajar tidak kalah berkualitasnya dengan tutor-tutor atau les offline yang biasanya pelajar ikuti.

Selain itu, aplikasi belajar online juga memiliki berbagai animasi hingga tutor yang menyenangkan dan dapat membantumu untuk berkonsentrasi. 

Baca juga artikel berikut: 5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Sekolah

Dalam artikel ini Sobat Pintar akan mendapatkan 7 rekomendasi aplikasi belajar online yang dapat diunduh di perangkat ponsel atau laptopmu!

Aplikasi Belajar Online Terbaik

1. Ruangguru

Ruangguru masuk ke dalam daftar aplikasi belajar online yang banyak pelajar minati. Aplikasi ini dapat Sobat Pintar unduh di ponselmu atau membukanya melalui laman Ruangguru dari laptopmu.

Ruangguru menyediakan kelas atau tutor untuk pelajar SD hingga jenjang SMA. Selain itu, mata pelajaran yang dapat dipelajari pun beragam, mulai dari materi SMA, SMK, hingga SMU dengan berbagai jurusan. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan banyak latihan soal sekaligus pembahasannya yang dapat digunakan untuk melatih kemampuanmu.

Salah satu keunggulan lainnya dari Ruangguru adalah animasi-animasi menarik yang dapat membuatmu tidak merasa bosan selama belajar. Sehingga, Sobat Pintar akan lebih paham dengan materi akademiknya sekaligus tidak cepat jenuh.

2. Quipper

Aplikasi ini menyediakan materi baik berbayar maupun gratis untuk para pelajar di Indonesia. Melansir dari situs resmi Quipper, aplikasi ini memiliki salah satu tujuan yakni untuk meningkatkan pendidikan hingga ke daerah pelosok di Indonesia. 

Sama halnya dengan Ruangguru, Quipper juga menyediakan materi pelajaran dari SD hingga SMA, video penjelasan materi, hingga contoh-contoh soal serta catatan yang dapat dimanfaatkan. 

Selain itu, Sobat Pintar juga dapat mengunduh aplikasi Quipper di ponselmu atau membuka laman resminya melalui laptop.

3. Zenius

Aplikasi ini umumnya lebih mudah jika Sobat Pintar akses melalui laman resminya di laptopmu karena menyediakan lebih banyak fitur, dibandingkan dengan aplikasinya yang dapat Sobat Pintar unduh di ponselmu.

Zenius cukup berbeda dengan dua aplikasi belajar sebelumnya,karena tidak menyediakan animasi belajar. Tetapi, Zenius menyediakan video penjelasan dari tutor-tutor handal dengan berbagai tips dan trik untuk memahami materi.

Selain itu, Zenius juga mengajarkan materi dari konsep hingga penerapannya di kehidupan sehari-hari. Banyak soal-soal yang tersedia, sekaligus beserta dengan video penjelasannya yang mudah untuk dimengerti. 

Salah satu nilai plus dari aplikasi Zenius adalah, aplikasi ini menyediakan bank soal dari tahun 2013, bahkan lebih lampau! Baik soal ujian mandiri hingga soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga, Sobat Pintar dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuanmu dengan menjawab soal-soal tersebut.

4. ICANDO

ICANDO memberikan berbagai materi pendidikan untuk usia dini, mulai dari 0 hingga 6 tahun.

Dengan banyak tenaga pelajar yang kreatif, ramah, juga profesional, ICANDO dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kreativitas, hingga kemampuan anak untuk dapat berpikir kritis.

Oleh karena itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk orang tua sebagai media pendidikan untuk anak-anaknya.

5. Brainly Indonesia

Di aplikasi ini, selain dapat mempelajari materi dan menjawab soal yang disediakan, kita juga dapat mengajukan pertanyaan yang nantinya dapat dijawab oleh siapapun. Eits, Sobat Pintar tidak usah khawatir dengan kualitas jawaban yang akan didapatkan. Karena, Brainly Indonesia akan memilih jawaban yang paling akurat untuk menjawab pertanyaanmu.

Selain itu, aplikasi dan laman resmi Brainly Indonesia juga menjadi salah satu situs belajar online yang paling mudah digunakan. Sehingga, Brainly Indonesia memiliki banyak peminat dan pengguna. 

Baca juga artikel berikut: 9 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

6. Kipin School

.Aplikasi ini dapat dengan mudah diunduh di Google Play Store atau App Store.

Selain menyediakan raturan video pembelajaran dan ribuan contoh soal, salah satu hal menarik dari Kipin School adalah adanya komik literasi yang dapat menarik minat untuk belajar. Selain itu, Kipin School 4.0 juga menyediakan buku pelajaran resmi yang diterbitkan oleh Kemendikbud dalam bentuk buku digital.

Sehingga, hal ini akan memudahkan siswa yang ingin belajar atau mengerjakan tugas dimanapun dan kapanpun. Sangat menarik, bukan?

7. Sekolahmu

Aplikasi terakhir yang masuk ke dalam daftar aplikasi belajar online terbaik adalah Sekolahmu. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstore atau Sobat Pintar juga dapat mengunjungi laman resminya secara langsung.

Sekolahmu termasuk aplikasi belajar yang cukup lengkap karena ada beragam materi yang tersedia, mulai dari materi untuk pelajar PAUD hingga SMA. Wah, sangat banyak, bukan?

Selain itu, aplikasi ini juga dapat terhubung secara langsung ke media sosial WhatsApp. Dengan kata lain, Sobat Pintar dapat melakukan konsultasi terkait pembelajaran melalui WhatsApp. Tenang, konsultasinya gratis!

7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Untukmu!

Demikianlah rekomendasi aplikasi belajar yang dapat dipilih sebagai media pembelajaran. Walaupun demikian, Sobat Pintar tidak boleh menyepelekan materi yang didapatkan di sekolah, sekaligus tidak lalai dalam jam belajarmu. Karena, aplikasi-aplikasi tersebut akan berguna apabila Sobat Pintar dapat menyeimbangkan jam belajarmu di sekolah, di rumah, dan melakukan latihan secara rutin. 

Baca juga artikel berikut: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Salah satu tips yang dapat diterapkan dalam memanfaatkan aplikasi belajar adalah dengan rajin-rajin melakukan latihan soal mandiri dengan rutin. Lalu, Sobat Pintar juga dapat menerapkan orientasi belajar yang dihitung dari target pemahaman materi atau jumlah soal yang hendak dijawab, dan tidak menggunakan orientasi waktu.

Semoga daftar rekomendasi aplikasi belajar online ini dapat bermanfaat untukmu, ya!
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download