9 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis dan Berbayar

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 15 Dec 2021

Tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena sekarang sudah ada aplikasi belajar Bahasa Jepang yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajari ilmu Bahasa Jepang dengan mudah. Sebenarnya, belajar apapun bisa dilakukan secara otodidak dengan bantuan berbagai sarana yang sangat memadai.

Biasanya, anak muda tertarik untuk belajar bahasa asing seperti Bahasa Jepang agar bisa berinteraksi dengan orang asing, baik saat berada di Indonesia maupun saat bepergian ke negara lain. Saat ini, Anda bisa belajar Bahasa Jepang dengan bantuan berbagai aplikasi khusus.

Pilihan Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik

Play Store dan App Store menyediakan banyak sekali aplikasi yang bermanfaat, termasuk berbagai aplikasi yang bisa dipakai untuk belajar. Dibawah ini adalah pilihan aplikasi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempelajari bahasa asing, terutama Bahasa Jepang.

Baca juga: 9 Fakta Seputar Jakarta International Stadium

  1. LingoDeer

Di aplikasi yang satu ini, Anda akan menemukan lebih dari dua ribu kosakata dalam Bahasa Jepang yang bisa dipelajari di berbagai tingkat kesulitan. Ada kosakata yang sangat sederhana dan ada yang cukup rumit untuk dipelajari.

Aplikasi belajar Bahasa Jepang ini juga menyediakan klip audio sehingga Anda bisa mempelajari pengucapan masing-masing kata dengan benar dan tepat. Anda juga bisa memakai aplikasi LingoDeer sebagai panduan untuk menulis kanji, hiragana, dan katakana.

LingoDeer memuat 150 pelajaran yang bisa Anda unduh sehingga bisa belajar lagi nanti ketika sedang offline atau tidak terhubung ke internet.

  1. Hello Talk

Berikutnya ada aplikasi yang membawa fitur wicara dan bekerjasama dengan pengguna asli Bahasa Jepang. Untuk bisa mengobrol langsung dengan penutur asli, tersedia fitur chat yang bisa digunakan dengan mudah. Pertama-tama Anda perlu mencari partner bicara terlebih dahulu.

Kalau kriterianya sesuai, Anda bisa belajar dengan partner sambil membagikan kemampuan bahasa yang Anda sendiri pahami. Misalnya, Anda bisa sambil mengajarkan Bahasa Indonesia pada pembicara Bahasa Jepang. Aplikasi belajar Bahasa Jepang ini cocok untuk belajar sambil praktek.

Partner bisa mengoreksi kesalahan dalam pengucapan Bahasa Jepang yang Anda lakukan. Anda juga bisa mengoreksi kalimat Bahasa Indonesia yang diucapkan oleh partner Anda.

  1. Busuu

Aplikasi Android yang satu ini terkenal sebagai aplikasi terbaik untuk belajar bahasa asing, seperti Bahasa Jepang. Busuu akan mengetes kemampuan Bahasa Jepang yang Anda miliki terlebih dahulu. Kalau Anda sudah punya sedikit kemampuan, Anda boleh melewati intro.

Seperti LingoDeer, Busuu juga dilengkapi dengan 150 lebih pelajaran yang bisa Anda pelajari secara online maupun secara offline. Aplikasi ini juga hadir dengan tips mengenai tata bahasa Jepang dan latihan aksen yang akan melatih kemampuan berbicara yang Anda miliki.

  1. Drops

Terlalu sibuk untuk belajar bahasa asing? Gunakan aplikasi belajar Bahasa Jepang Bernama Drops yang bisa digunakan untuk belajar kapanpun dan dimanapun selama 5 menit saja setiap harinya. Aplikasi yang satu ini memprioritaskan pelajaran tentang kalimat dan kosakata.

Tata bahasa bukan pelajaran yang utama di aplikasi ini. Tersedia 99 topik yang menarik dengan kurang lebih 1700 kalimat dan kata dalam Bahasa Jepang yang bisa Anda pelajari di aplikasi Drops.

Ada juga fitur permainan di aplikasi ini yang bisa membantu Anda untuk belajar Bahasa Jepang dengan lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca juga: Ini Jadwal Pertandingan UFC 2021

  1. Tandem

Tandem adalah aplikasi dengan konsep yang mirip dengan HelloTalk. Aplikasi ini juga membawa banyak fitur yang unik dan bisa membantu Anda mempelajari Bahasa Jepang dengan mudah di perangkat Android.

Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Tandem antara lain chat, voice note, video, dan pesan dalam bentuk audio dan gambar. Selain Bahasa Jepang, Tandem juga menawarkan pelajaran untuk 150 bahasa asing yang lainnya dan menyediakan 2500 kombinasi bahasa.

  1. Mondly

Proses belajar Bahasa Jepang di aplikasi ini didukung dengan fitur unik yang bernama chat bot. Aplikasi belajar Bahasa Jepang ini juga menawarkan pelajaran harian yang sangat bervariasi, lengkap dengan berbagai kosakata penting.

Semua fitur yang ada dalam aplikasi Mondly, seperti chat bot, quick session, dan speech recognition dirancang untuk membuat para penggunanya untuk lebih cepat fasih dalam menggunakan Bahasa Jepang. Mondly juga bisa dipakai untuk belajar Bahasa Inggris.

  1. Learn Japanese Offline

Aplikasi gratis lain yang wajib dicoba adalah Learn Japanese Offline. Gunakan aplikasi ini untuk mempelajari berbagai ungkapan yang digunakan dalam Bahasa Jepang. Terdapat lebih dari 1000 frasa dan kata dalam Bahasa Jepang yang ada di aplikasi ini.

Aplikasi Learn Japanese Offline ini sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna smartphone Android yang ingin belajar Bahasa Jepang secara otodidak, para pelajar, dan juga para wisatawan. Tampilan aplikasi belajar Bahasa Jepang ini sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

  1. Memrise

Memrise adalah nama aplikasi khusus yang terkenal di kalangan para pengguna smartphone Android. Aplikasi ini juga mendukung pelajaran berbagai bahasa lain. Di Memrise, Anda bisa belajar tata bahasa dan kosakata melalui kuis, pelajaran, latihan, dan permainan.

Selain itu, aplikasi Memrise juga sudah mendukung proses pembelajaran offline, latihan pengucapan dengan benar, daily goals, bot, dan permainan membaca. Semua fitur ini bertujuan untuk mengajarkan pengguna tentang grammar atau tata bahasa Jepang dengan tepat.

Kalau Anda sedang mencari aplikasi belajar Bahasa Jepang yang bisa membantu Anda memahami Bahasa Jepang dengan lebih serius, Memrise adalah aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

  1. Rosetta Stone

Bagi yang menginginkan aplikasi yang lebih profesional untuk mempelajari Bahasa Jepang dengan lebih serius, ada aplikasi Rosetta Stone yang sangat terkenal di dunia pelajaran bahasa asing. Tersedia 25 pilihan bahasa di aplikasi ini yang bisa Anda pelajari, termasuk Bahasa Jepang.

Metode pembelajaraan di aplikasi ini diawali dengan frasa dan kata-kata dasar sebelum nantinya dilanjutkan ke level yang lebih tinggi. Aplikasi Rosetta Stone ini bisa diunduh gratis. Tapi bagi yang ingin mempelajari Bahasa Jepang, pengguna wajib membayar biaya berlangganan.

Biaya berlangganan untuk belajar Bahasa Jepang adalah USD 94 untuk satu tahun atau USD 199,99 untuk seumur hidup.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download