9 Fakta Seputar Jakarta International Stadium

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 15 Dec 2021

Jakarta International Stadium adalah stadion sepak bola baru yang kabarnya akan dijadikan tempat konser boyband asal Korea BTS pada tahun 2022 mendatang. Dimana lokasi Jakarta International Stadium?

9 Fakta Seputar Jakarta International Stadium

Lokasi Jakarta International Stadium ada di Tanjung Priok, Jakarta. Berapa luas stadion sepak bola ini? Stadion sepak bola baru Jakarta ini memiliki luas sebesar 22,1 Hektar dan memiliki kapasitas untuk menampung penonton sebanyak 82.000 orang. 

Proses pembangunan stadion sepak bola yang akan ditempati oleh Persija Jakarta ini dimulai sejak bulan September 2019 dan direncanakan akan dibuka pada bulan Desember 2021 nanti.

9 Fakta Menarik Jakarta International Stadium

Menjelang perampungan Jakarta International Stadium di bulan Desember 2021 mendatang, semakin banyak orang yang penasaran dengan stadion baru ibu kota ini. Berikut adalah fakta menarik seputar Jakarta International Stadium.

  1. Teknologi canggih

Fakta menarik pertama dari Jakarta International Stadium yaitu stadion ini banyak diperlengkapi dengan teknologi canggih seperti sound system dan atap dengan desain buka-tutup.

Fasilitas sound system yang canggih ini dikhususkan untuk pergelaran konser besar, sehingga dapat memberikan kualitas dan kenyamanan konser bagi penonton maupun penyanyi yang diundang.

Jakarta International Stadium juga memiliki atap yang bersifat retractable roof atau buka-tutup. Fungsi atap tersebut yaitu dapat mengubah ruangan stadion menjadi indoor dan outdoor. Jika atap sedang terbuka maka stadion dalam kondisi outdoor, sedangkan jika dalam kondisi tertutup, maka stadion dalam kondisi indoor.

Fitur canggih ini dapat membuat Jakarta International Stadium memiliki multifungsi baik untuk keperluan pertandingan olahraga sekaligus dapat dijadikan sebagai ruangan konser.

  1. Luas 

Fakta selanjutnya dari Jakarta International Stadium yaitu luas area yang sangat besar yaitu sebesar 22,1 Hektar dan memiliki kapasitas penonton sebanyak 82.000 orang. 

Kursi duduk penonton Jakarta International Stadium dirancang sebanyak 200 tempat duduk khusus untuk difabel. Stadion teranyar ibukota ini juga memiliki desain tribun tiga tingkat yang terdiri dari lower tribun, middle tribun, dan upper tribun yang dirancang dekat dengan lapangan dan tidak ada lintasan atletiknya.

  1. Akses

Fakta selanjutnya dari Jakarta International Stadium yaitu akses pengunjung yang dimudahkan karena stadion telah terintegrasi dengan transportasi publik. 

Dikabarkan juga bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan layanan bus TransJakarta dengan rute Stasiun Senen-Jakarta International Stadium dimana nantinya akan melalui koridor masuk bernomor 14.

  1. Parkiran

Fakta selanjutnya yang cukup membuat Jakarta International Stadium menarik adalah stadion tersebut akan difasilitasi juga dengan lahan parkir yang luas dimana mampu menampung mobil dengan kapasitas sebanyak 800 mobil VIP.

Jakarta International Stadium juga akan menyediakan parkiran untuk VVIP yang dikhususkan bagi para pemain dan official team dan juga mampu menampung 100 bus pada lahan parkir untuk bus.

  1. Fasilitas VIP

Fakta berikutnya dari Jakarta International Stadium yaitu adanya fasilitas VIP yang dapat dinikmati oleh para tamu, pemain, dan penonton.

Fasilitas VIP tersebut terdiri dari fasilitas skyviewing deck setinggi 70 meter dimana para penonton dapat menikmati pemandangan stadion Jakarta International Stadium dengan sensasi yang berkesan.

Jakarta International Stadium juga menawarkan fasilitas berupa dua lapangan latihan yang dapat dimanfaatkan oleh para tamu dan juga pemain yang akan tampil di stadion tersebut. 

Pengunjung Jakarta International Stadium juga tidak perlu kebingungan ketika akan mencari makan siang, karena adanya fasilitas restoran yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengunjung.

Fasilitas selanjutnya yaitu adanya ruang ganti VIP dan juga ruang ganti mewah untuk para pemain sepak bola yang akan bertanding.

  1. Desain bangunan

Fakta selanjutnya dari Jakarta International Stadium yaitu desain bangunannya yang mengangkat konsep ramah lingkungan dimana konsep tersebut telah diakui dengan adanya sertifikat dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Konsep tersebut juga akan menjadikan Jakarta International Stadium sebagai stadion pertama di Indonesia yang berkonsep sustainability.

Untuk mendukung konsep sustainability tersebut, Jakarta International Stadium menggunakan energi dari panel surya sebagai pemasok listrik untuk gedung dengan proporsi sebesar 5,1%.

Selain itu, ruang dan taman stadion Jakarta International Stadium juga menggunakan lampu hemat daya yaitu LED, sedangkan untuk lapangan Jakarta International Stadium menggunakan spotlight khusus.

Dari segi gedung Jakarta International Stadium juga menerapkan teknologi seperti lubang-lubang kecil sebagai sirkulasi udara di dalam bangunan stadion, sehingga dapat mengurangi penggunaan AC.

Infrastruktur seperti ini juga mendukung syarat dari green building, dimana 50% komponen udara yang ada di dalam gedung adalah secara alami.

  1. Rumput lapangan

Fakta selanjutnya dari Jakarta International Stadium yaitu lapangannya menggunakan kombinasi dua jenis rumput yaitu rumput organik dan rumput sintetis atau yang disebut juga dengan istilah rumput hybrid turf.

  1. Pemesanan lapangan

Fakta selanjutnya dari Jakarta International Stadium yaitu mulai dibukanya pemesanan penggunaan lapangan kepada untuk kepentingan pada tingkat internasional, dimana seperti dilansir oleh harian tempo, PT Jakarta Propertindo mulai membuka pemesanan lapangan latih berstandar FIFA untuk masyarakat umum.

Harga sewa lapangan Jakarta International Stadium sendiri dipatok mulai dari harga Rp 2.000.000 untuk jadwal latihan siang hari pada pukul 11.00 – 16.00 WIB, Rp 3.750.000 untuk jadwal latihan pagi hari mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB, Rp 4.500.000 untuk jadwal latihan sore/malam mulai pukul 16.00 – 18.30 WIB.

Untuk sementara penggunaan lapangan hanya dapat dilakukan melalui pemesanan atau booking sesuai dengan pilihan harga yang ada melalui platform yang telah disediakan. Sedangkan, untuk penggunaan lapangan di luar kepentingan tersebut masih belum memungkinkan karena alasan perawatan rumput lapangan dan fasilitas lainnya.

  1. Uji coba lapangan

Fakta selanjutnya yaitu Jakarta International Stadium sendiri sudah dilakukan uji coba lapangan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. 

Uji coba lapangan tersebut dilakukan dengan mengadakan pertandingan persahabatan di lapangan antara tim legislatif (para anggota DPRD DKI) dan tim eksekutif pemerintah, dimana pada pertandingan tersebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut bertanding sebagai tim eksekutif pemerintah.

Dari hasil uji coba lapangan tersebut, salah satu anggota DPRD DKI Thopaz Nugraha Syamsul mengomentari bahwa kualitas rumput lapangan stadion internasional tersebut termasuk yang terbaik dari semua lapangan rumput stadion yang pernah ia coba, sehingga hal tersebut bisa menjadi kebanggan bagi Jakarta di mata internasional.

Penutup

Nah, itu dia beberapa fakta seputar Jakarta International Stadium yang akan segera dirampungkan dan direncanakan akan segera melakukan soft opening pada bulan Desember 2021 mendatang.

Semoga proses persiapan bisa segera berjalan dengan baik dan lancar, sehingga stadion terbaru ibukota tersebut bisa segera digunakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dan juga internasional ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download