10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Ponselmu

23 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 23 Dec 2021

Kamu mungkin sudah belajar dengan kursus, buku, dan berbagai sumber daya lainnya ketika ingin belajar bahasa Jepang. Tapi percaya atau tidak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan bahasa baru dari tempat tidur, saat sarapan atau di waktu senggang kamu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang. 

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Ponselmu

Kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan tetap nyaman karena bisa di rumah sendiri. Aplikasi belajar bahasa Jepang adalah cara terbaru untuk belajar dengan waktu yang fleksibel secara gratis. Menggunakan aplikasi adalah cara yang fantastis untuk belajar bahasa Jepang baik untuk pemula atau tingkat lanjut.

Baca juga: 6 Game Terbaik di Indonesia yang di Handphone

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang 

1. FluentU

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Ponselmu

Sumber: https://www.fluentu.com/en/ 

Aplikasi ini bukan opsi yang sepenuhnya gratis, tetapi menawarkan free trial yang bisa kamu manfaatkan. Kalau kamu rela untuk berinvestasi sedikit, FluentU adalah aplikasi yang terbaik untuk pembelajaran bahasa berbasis video.

Zaman video pelajaran bahasa yang membosankan dan lambat sudah berlalu. Dengan FluentU, kamu bisa menonton video otentik dan menghibur dalam bahasa Jepang dengan terjemahan yang tepat.

FluentU menggunakan berbagai visual seperti video musik, cuplikan film, berita, dan pidato, lalu mengubahnya menjadi pelajaran bahasa yang dipersonalisasi. Semua konten di sini didasarkan pada video YouTube yang diproduksi oleh penutur asli bahasa Jepang.

2. Duolingo

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Ponselmu

Sumber: https://www.duolingo.com/learn 

Banyak orang menyerah untuk belajar bahasa baru karena mereka tidak bisa menemukan waktu untuk belajar. Duolingo berfokus pada pelajaran ringan dan cepat yang bisa kamu lakukan selama istirahat kerja, dalam perjalanan pulang, atau kapan pun memiliki waktu luang.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Apple dan Android, dan merupakan aplikasi yang tidak membutuhkan biaya apa pun. Developer aplikasi ini berdedikasi untuk menyediakan pembelajaran bahasa gratis untuk level apa pun.

3. LingoDeer

Sumber: https://www.lingodeer.com/learn-languages/jp/en/learn-japanese-online/alphabet 

Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan level bahasa Jepang kamu hanya dalam 21 hari. LingoDeer menggunakan animasi lucu dan interaktif serta menampilkan silabus yang dirancang oleh guru bahasa Jepang yang berpengalaman.

Setiap pelajaran dibagi menjadi potongan-potongan kecil yang mengajarkan kosa kata, menulis dan struktur kalimat melalui pengulangan dan berbagai jenis pertanyaan. Setiap kata disertai dengan audio jernih yang bisa diperlambat untuk pemahaman yang lebih baik. LingoDeer tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan berguna untuk semua level, meskipun pemula akan mendapat manfaat paling banyak dari aplikasi ini.

4. Mondly

Macintosh HD:private:var:folders:z7:jq7r1tds5ss07mxj1n9q60b40000gn:T:TemporaryItems:Screen Shot 2021-12-18 at 01.09.04.png

Sumber: https://www.mondly.com/ 

Mengubah sesuatu yang mendidik menjadi video game bisa membuat seseorang lebih tertarik untuk belajar. Itulah ide dasar Mondly untuk belajar dengan aplikasi mereka. Semakin banyak pelajaran yang kamu selesaikan, semakin maju pula posisi kamu di peta aplikasi ini. 

Setiap pelajaran menggabungkan huruf kanji dan lisan sehingga kamu bisa mendapatkan pemahaman yang singkat, padat dan jelas. Mondly tersedia untuk Android dan Apple serta di browser komputer. Versi gratis memiliki banyak konten untuk membuat kamu sibuk belajar, tetapi kamu juga bisa berlangganan, yang mencakup manfaat seperti pelajaran, modul, dan percakapan eksklusif.

5. Learn Japanese

Alih-alih memaksa kamu untuk mengikuti rencana pelajaran yang telah dirancang, aplikasi karya WingsApp ini memungkinkan kamu untuk memilih apa yang dipelajari. Kamu bisa memutuskan topik yang diinginkan, misalnya salam, perjalanan, cinta, persahabatan, dan makanan. 

Dan dengan lebih dari 65 topik untuk dipilih, berisi lebih dari 5000 frasa dan kata untuk dipelajari, kamu akan selalu menemukan sesuatu yang menarik. Aplikasi ini hanya tersedia di Android.

Baca juga: 8 Fitur Keren di Twitter Blue dan Biaya Langganan

6. Infinite Japanese

Macintosh HD:private:var:folders:z7:jq7r1tds5ss07mxj1n9q60b40000gn:T:TemporaryItems:Screen Shot 2021-12-18 at 01.13.54.png

Kalau kamu adalah seorang pembelajar visual, Infinite Japanese akan menjadi pilihan yang bagus. Aplikasi ini berfokus pada belajar bahasa Jepang tanpa bahasa pengantar apa pun. Sebaliknya, grafik membantu kamu mengasosiasikan kata-kata Jepang dengan artinya.

Ada enam mode kesulitan, sehingga setiap tingkat pelajar bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini. Infinite Japanese tersedia di perangkat Android dan iOS. Versi gratis dari aplikasi ini berisi banyak materi, tetapi untuk mendapatkan akses ke lebih banyak pelajaran, kamu harus membayar versi premium.

7. Memrise

Seperti Infinite Japanese, Memrise mengambil pendekatan yang lebih visual untuk belajar bahasa. Penuh dengan animasi yang menyenangkan dan pengaturan yang sangat mirip dengan video game, Memrise membuat pembelajaran Jepang menyenangkan.

Memrise pada dasarnya adalah aplikasi pembelajaran kosa kata, dengan banyak daftar berbeda yang tersedia untuk dipelajari. Aplikasi ini menggunakan pengulangan untuk menyempurnakan ingatan untuk sebuah kata atau frasa. 

Perangkat mnemonik visual dan teks yang dikirimkan pengguna memudahkan untuk mengingat kata-kata tertentu, dan kamu bisa menyesuaikan berapa banyak yang ingin kamu pelajari per hari. Memrise memiliki mode Pemula dan mode Lanjutan, dan tersedia untuk pengguna Apple dan Android. Versi Pro menawarkan fitur seperti tinjauan kecepatan, statistik video, dan lainnya.

8. Write It! Japanese

Kalau kamu seorang pelajar tingkat menengah atau lanjutan yang ingin fokus menulis dan membaca huruf kanji dan katakana, aplikasi ini mungkin adalah pilihan yang tepat. UI aplikasi ini sangat ramah pengguna dan berfokus pada urutan guratan, kosa kata, dan tata bahasa. 

Kamu bahkan bisa membuat tes sendiri sesuai dengan keinginan. Write It! Japanese hanya tersedia untuk perangkat Android.

9. Bravolol Japanese

Aplikasi dari Bravolol ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, dan ditujukan untuk semua tingkat pelajar bahasa. Seperti aplikasi bahasa Jepang WingsApp, kamu bisa memilih apa yang ingin dipelajari dengan lini masa yang fleksibel

Yang benar-benar membedakan aplikasi ini dari yang lain adalah mode “Siput” mereka. Kalau kamu kesulitan mengikuti pengucapan bahasa Jepang, kamu bisa mengklik ikon siput kecil di setiap pelajaran untuk memperlambat audio.

Versi gratis aplikasi ini menampilkan iklan yang cukup mengganggu. Untuk menghindari ini, kamu bisa membayar versi premium mereka.

10. Obenkyo

Macintosh HD:Users:zadrachldupe:Desktop:unnamed.jpeg

Aplikasi ini berfokus pada menulis dan membaca karakter Jepang. Obenkyo juga merupakan kamus bahasa Jepang yang fantastis untuk huruf romaji, kanji, atau hiragana. Kamu juga bisa membuat tes dan flash card sendiri untuk membantu proses pembelajaran mandiri kamu.

Obenkyo tersedia untuk perangkat Android dan Microsoft. Karena aplikasi ini sebagian besar berfokus pada urutan goresan dan bahasa Jepang tertulis, aplikasi ini ideal untuk pelajar tingkat menengah atau lanjutan.

Siapa yang tahu ada begitu banyak aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa dipilih? Belajar bahasa Jepang tidak pernah semudah sekarang ini, apalagi dengan aplikasi gratis. Kamu bisa mengunduh semuanya untuk menguji mana yang paling cocok untuk kebutuhan pembelajaran mandiri kamu. 

Semoga berhasil dalam perjalanan bahasa Jepang kamu dan jangan lupa untuk belajar dengan keras. 

Baca juga: Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022

Kamu bisa cek website Kredit Pintar untuk aplikasi lain untuk mempermudah kehidupan digital-mu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download