8 Fitur Keren di Twitter Blue dan Biaya Langganan

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Beberapa pengguna Twitter sedang senang membicarakan Twitter Blue. Twitter merupakan platform media sosial yang cukup terkenal dan masih banyak digunakan oleh para pengguna smartphone meskipun saat ini sudah banyak platform media sosial lain yang bertebaran di internet.

Muncul versi baru Twitter yang merupakan versi berbayar dengan berbagai perubahan yang mencolok. Versi berbayar ini jauh lebih menarik daripada Twitter biasa atau versi gratisnya. Banyak fitur keren yang ada di versi Blue tidak ada di versi gratisnya. Tertarik untuk beralih ke versi Blue?

Mengenal Twitter Blue dan Keistimewaannya

Twitter versi Blue ini adalah subscription service atau suatu layanan berlangganan yang menawarkan berbagai fitur eksklusif tapi mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya langganan setiap bulannya. Karena sifatnya eksklusif, banyak fiturnya tidak ada di Twitter versi gratis.

Awalnya, versi baru Twitter ini hanya tersedia di Australia dan Kanada dan baru dirilis pada bulan Juni. Sekarang, Twitter versi berbayar ini sudah tersedia di Amerika Serikat dan Selandia Baru. Layanan premium yang ditawarkan oleh Twitter ini membawa fitur yang jauh lebih keren.

Berbagai Fitur Keren di Aplikasi Twitter Blue

Twitter versi gratis masih tersedia di Play Store dan App Store. Anda tetap bisa memakai versi ini kalau tidak ingin menikmati berbagai fitur premium yang ada di versi Blue. Sebelum beralih ke versi berbayar, cari tahu dulu apa saja keistimewaan versi Blue yang membuatnya beda dari versi gratisnya.

Baca juga: Tips Menulis Kreatif di Blog dan Contohnya

  1. Undo Tweet

Versi Blue ini memang bukan alat pengeditan yang diharapkan oleh para pengguna media sosial, tapi dengan versi yang baru ini, Anda bisa melihat pratinjau atau preview tweet setelah menerbitkan tweet tersebut. Anda juga bisa merevisi tweet yang sudah diterbitkan.

Twitter menyediakan waktu selama 60 detik bagi pengguna yang ingin membatalkan tweet, thread, maupun balasan yang sudah diposting ke Twitter. Setelah melewati batas waktu 60 detik, semua thread, tweet, atau balasan yang diunggah tidak akan bisa dihapus atau dibatalkan lagi. 

  1. Artikel Bebas Iklan

Fitur lain yang ada di aplikasi Twitter Blue adalah ad-free articles yang memungkinkan Anda untuk membaca berbagai cerita dari The Washington Post, The Los Angeles Times, Rolling Stone, BuzzFeed, dan akun lain tanpa gangguan iklan.

Ada lebih dari 45 situs lainnya yang akan ditambahkan ke platform media sosial berbayar ini. Sebagian dari biaya langganan yang Anda bayarkan sebenarnya akan masuk ke berbagai situs tersebut sehingga Anda bisa membaca berbagai berita dengan nyaman tanpa gangguan iklan.

  1. Reader Mode untuk Threads

Fitur terbaru Twitter Blue adalah Reader Mode yang bisa membuat pengguna lebih nyaman membaca threads yang panjang. Reader Mode akan menghilangkan berbagai gangguan seperti misalnya username pengguna Twitter, avatar, angka-angka, hingga tanggal.

Selain itu, dengan memanfaatkan fitur Reader Mode ini, pengguna Twitter juga bisa mengatur ukuran teks sehingga bisa lebih nyaman saat membaca threads apapun, apalagi yang sangat panjang. Fitur yang keren ini hanya tersedia di versi berbayar atau versi Blue.

  1. Bookmark Folders

Twitter versi gratis menyediakan fitur Bookmark Tweets. Versi berbayarnya menyediakan Bookmark Folders yang memungkinkan pengguna Twitter untuk mengorganisir bookmarks yang berantakan dalam folder-folder khusus sehingga Anda bisa menemukan setiap bookmark dengan lebih mudah.

Fitur keren di aplikasi Twitter Blue ini memudahkan Anda untuk menemukan tweet tertentu dengan langsung membuka foldernya. Misalnya, Anda bisa memisahkan tweet lucu dengan tweet romantis. Saat membutuhkan ide quote romantis, tinggal buka saja folder tweet romantis.

  1. Custom Navigation

Kalau bar navigasi di Twitter jarang Anda gunakan atau tidak sesuai dengan keinginan Anda, mengatur dan menyesuaikan bar navigasi bisa dilakukan dengan mudah berkat hadirnya Twitter versi berbayar ini. Anda bisa menambahkan bookmark, profil, ikon monetisasi, dan daftar di bar navigasi.

Dengan menyesuaikan apa saja yang ada di bar navigasi, Anda bisa menggunakan ikon-ikon yang benar-benar dibutuhkan dan berguna. Fitur dalam Twitter Blue ini memungkinkan Anda bisa memaksimalkan penggunaan bar navigasi dengan lebih mudah dan nyaman.

Baca juga: Tips Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

  1. App Icons

Ikon aplikasi Twitter terkenal mempunyai kombinasi warna biru muda dan putih. Gambar burung yang mewakili Twitter bisa jadi membuat Anda bosan melihat ikon yang begitu-begitu saja. Versi Blue hadir dengan berbagai pilihan ikon aplikasi yang akan membuat home screen smartphone tampak berbeda.

Ada delapan pilihan ikon yang bisa Anda pilih agar tampilan ikon Twitter di home screen tidak membosankan lagi. Selain itu ada juga tiga pilihan ikon musiman yang bisa dipakai sesuai dengan musim tertentu.

  1. Berbagai Pilihan Tema

Selain ikon, Twitter Blue juga membawa berbagai pilihan tema menarik yang bisa diterapkan ke aplikasi Twitter. Tema Twitter versi gratis terbatas pada tema gelap dan terang saja. Sedangkan Twitter versi berbayar menawarkan enam pilihan tema berbeda.

Tema utamanya tetap berwarna biru sedangkan tema lain yang bisa dipilih antara lain hijau, orange, ungu, merah, dan kuning. Terapkan tema yang berbeda ke aplikasi Twitter sesuai dengan mood Anda agar kegiatan yang Anda lakukan di Twitter bisa semakin menyenangkan.

  1. Experimental Features

Twitter Blue ini juga menawarkan fitur eksperimental yang belum dirilis tapi bisa Anda coba. Beberapa contoh fitur eksperimental yang bisa Anda coba adalah menyematkan percakapan DM dan mengunggah video ke Twitter dengan durasi yang cukup panjang yaitu 10 menit.

Semua fitur premium di atas tampak sangat menarik. Tapi beberapa fitur hanya bisa digunakan di perangkat tertentu. misalnya, fitur custom navigation, app icons, dan themes atau tema hanya tersedia untuk perangkat iOS saja.

Sedangkan fitur eksperimental yang terakhir disebutkan ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna Twitter yang menggunakan Twitter untuk desktop.

  1. Harga Twitter Versi Berbayar dan Cara Mendapatkannya

Banyak yang mempertanyakan harga berlangganan Twitter versi eksklusif ini. Meskipun belum tersedia di Indonesia, sebaiknya cari tahu perkiraan harga langganan setiap bulannya sedini mungkin. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan dana yang cukup untuk berlangganan Twitter Blue.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Karyawan dan Cara Membuatnya

Twitter versi premium ini sudah dirilis di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, dan Australia. Harga berlangganan setiap bulannya adalah:

  • USD 3 untuk wilayah Amerika Serikat.
  • AUD 4,49 untuk wilayah Australia.
  • CAD 3,49 untuk wilayah Kanada.
  • NZD 4,49 untuk wilayah Selandia Baru.

Setelah mengetahui berapa banyak biaya yang perlu dipersiapkan untuk berlangganan Twitter premium setiap bulannya, Anda bisa mulai mempersiapkan dana untuk berlangganan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download