Tips Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 29 Nov 2021

Tidur adalah aktivitas yang dilakukan oleh semua orang sejak lahir. Namun, apa sih manfaat tidur itu? Sebelum masuk ke tips agar cepat tidur nyenyak di malam hari maupun bagi ibu hamil, yuk simak manfaat tidur dulu!

Pertama, manfaat tidur bagi kesehatan yaitu meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia. Pada saat tidur, akan dihasilkan senyawa sitokin yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Nah, tidur yang cukup akan memperbagus sistem kekebalan tubuh Anda.

Kedua, tidur nyenyak malam hari juga berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Pada saat tidur, tubuh manusia sedang dalam kondisi tidak beraktivitas, sehingga kebutuhan terhadap energi atau kalori pun menjadi menurun. 

Namun, ketika kurang tidur, maka otak akan merangsang penurunan hormon leptin atau hormon yang menyebabkan rasa kenyang. Akibatnya, Anda menjadi mudah lapar ketika kurang tidur dan berdampak pada kenaikan berat badan.

Ketiga, tidur nyenyak malam hari juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Tidur yang cukup akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung seperti hipertensi dan serangan jantung.

Keempat, tidur nyenyak malam hari dapat membantu meningkatkan suasana hati. Ketika tidur cukup, otak Anda akan beristirahat dengan baik sehingga dapat kembali beraktivitas keesokan harinya. Hal ini juga secara langsung mempengaruhi suasana hati Anda.

Kelima, tidur nyenyak malam hari meningkatkan daya ingat. Orang yang tidurnya kurang, akan cenderung lebih sulit untuk mengingat sesuatu atau daya ingatnya menjadi lemah. Sulit fokus juga menjadi salah satu ciri dari orang yang kurang tidur.

Tips agar cepat tidur nyenyak

Nah, setelah mengetahui apa saja manfaat tidur, berikut ini adalah beberapa tips agar cepat tidur nyenyak di malam hari dan juga untuk ibu hamil.

  1. Atur jam tidur

Tips agar cepat tidur di malam hari yaitu dengan mengatur jam tidur Anda. Terkadang alasan Anda sulit tidur di malam hari dengan nyenyak adalah karena Anda telah tidur siang dengan waktu yang cukup lama. Coba, kurangilah jam tidur siang Anda, tidur siang cukup sekitar 20-30 menit saja agar ketika malam hari Anda dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Hindari aktivitas sebelum tidur

Tips agar cepat tidur di malam hari dengan nyenyak juga dapat dilakukan dengan menghindari aktivitas yang Anda lakukan sebelum tidur.

Aktivitas sebelum tidur akan mengaktifkan otak Anda untuk berpikir dan beraktivitas, sehingga ketika tubuh Anda sudah siap untuk tidur namun ada aktivitas lain yang mempengaruhi otak, maka tubuh menjadi ikut terpengaruh dan mengakibatkan tubuh Anda menjadi segar dan tidak mengantuk.

Hindarilah aktivitas atau kesibukan apapun seperti bermain alat elektronik seperti HP dan laptop, berolahraga, dan menonton TV, sehingga otak Anda siap beristirahat dan tidur malam hari Anda menjadi nyenyak.

  1. Makan malam hari

Tips agar cepat tidur di malam hari dengan nyenyak juga dapat dipengaruhi oleh kegiatan yang Anda lakukan sebelum tidur termasuk makan malam hari.

Makan malam hari seperti makan berat maupun ngemil akan merangsang tubuh Anda untuk beraktivitas karena adanya aktivitas pada sistem pencernaan di dalam tubuh, sehingga akhirnya tubuh Anda menjadi bertenaga dan tidak mengantuk.

Jika Anda merasa lapar ketika malam hari, maka cobalah untuk minum air putih untuk mengatasi rasa lapar.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Tips agar cepat tidur di malam hari dengan nyenyak yang berikutnya yaitu dengan mengurangi konsumsi kafein.

Kafein yang ada di dalam kopi biasanya akan memicu aktivitas tubuh dan membuat tubuh menjadi bersemangat dan tidak mudah mengantuk. 

Agar dapat tidur nyenyak di malam hari, maka hindarilah mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein ketika mendekati jam tidur.

  1. Batasi jumlah cahaya di dalam ruangan

Tips agar cepat tidur di malam hari dengan nyenyak yang berikutnya yaitu dengan membatasi jumlah cahaya yang ada di dalam kamar atau ruangan tidur Anda.

Supaya Anda dapat tidur nyenyak, maka ruangan atau kamar tidur Anda harus dikondisikan senyaman dan setenang mungkin sehingga dapat mendukung tidur malam hari Anda.

Otak sangatlah sensitif dengan cahaya karena cahaya dapat merangsang otak untuk beraktivitas dan akhirnya membuat Anda sulit tidur nyenyak.

Matikan lampu ketika tidur akan membantu tidur malam hari menjadi lebih nyenyak. Atau jika tidak memungkinkan untuk mematikan lampu, maka Anda dapat menggunakan eyepatch atau penutup mata untuk menutup mata Anda.

  1. Hindari konsumsi alkohol

Tips agar cepat tidur di malam hari dengan nyenyak berikutnya yaitu dengan menghindari konsumsi alkohol terutama menjelang jam tidur.

Alkohol dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin, sehingga dapat menyebabkan hormon melatonin menjadi berkurang.

Hormon melatonin adalah hormon yang membantu tidur Anda. Hormon ini juga membantu Anda mengenali kapan waktu untuk tidur dan bangun.

Tips agar cepat tidur nyenyak ibu hamil

Ibu hamil juga memiliki beberapa posisi tidur yang harus diperhatikan agar tidur malam hari menjadi lebih nyenyak. Berikut ini adalah tips agar cepat tidur nyenyak ibu hamil.

  1. Posisi tidur miring kiri

Tips agar cepat tidur nyenyak malam hari untuk ibu hamil yang pertama yaitu dengan tidur secara miring ke kiri. 

Posisi tidur miring kiri ini akan membantu memperlancar aliran darah tubuh ibu maupun janin. Ketika tidur, gunakanlah juga bantal yang lebih tinggi, sehingga posisi bagian tubuh atas lebih tinggi daripada bagian tubuh bawah untuk menghindari sesak napas dan mual.

  1. Jangan tidur telentang

Agar cepat tidur nyenyak malam hari untuk ibu hamil yang kedua yaitu menghindari tidur telentang. Tidur telentang akan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sepanjang punggung ibu hamil, sehingga akan menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan mudah sesak napas, sakit punggung, ambeien, dan hipotensi.

  1. Hindari posisi tengkurap

Tips agar cepat tidur nyenyak malam hari untuk ibu hamil yaitu dengan menghindari posisi tidur yang tengkurap.

Posisi tengkurap akan membahayakan ibu hamil terutama ketika masih pada masa trimester kedua karena dapat mengakibatkan janin menjadi tertekan. 

Penutup

Nah, itu dia beberapa tips agar cepat tidur nyenyak malam hari bagi Anda dan juga ibu hamil. 

Tidur adalah kebutuhan manusia yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dan juga dapat menjaga suasana hati yang lebih baik lagi, sehingga dapat beraktivitas dengan maksimal keesokan harinya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download