6 Game Terbaik di Indonesia yang di Handphone

13 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Pernahkah Sobat Pintar berpikir mengapa banyak orang memainkan game handphone atau mengapa game handphone begitu populer? Developer game handphone dan pengembang pihak ketiga dengan nama besar mendedikasikan banyak sumber daya untuk pilihan game handphone mereka yang terus bertambah. Bahkan game klasik kembali hadir di tablet dan ponsel Sobat Pintar–dan coba tebak, banyak orang yang membeli game klasik yang sempat jadi game terbaik di Indonesia.

6 Game Terbaik di Indonesia yang di Handphone

Baca Juga: Rekomendasi HP Gaming di Bawah Sejuta 

Mungkin salah satu alasan termudah mengapa game handphone begitu populer adalah kemudahan aksesnya. Mengunduh game juga cukup mudah, dan dapat dilakukan semua dalam hitungan detik.

Jika Sobat Pintar adalah seorang gamer, pasti familiar dengan game online terpopuler di Indonesia. Kali ini kita akan membahas enam game online terpopuler yang menjadi game terbaik di Indonesia.

1. Garena Free Fire

Garena free fire atau yang sering disebut dengan Free Fire sukses mencuri perhatian banyak gamers di Indonesia sejak dirilis pada Januari 2018. Garena free fire diunduh lebih dari lima puluh juta kali sejak dirilis hanya dalam tiga bulan dengan keuntungan sebesar kurang lebih 20 juta dolar AS. 

Game ini dapat dimainkan secara multiplayer. Terdapat fitur chatting selama permainan dimainkan agar pemain dapat berdiskusi dengan rekan sepermainan sepanjang permainan untuk tetap bertahan dalam permainan. Fitur download gratis membuat game ini menjadi favorit gamer online pertama di Indonesia.

2. Player Unknown Battleground (PUBG) Mobile

PUBG mobile menjadi game online dan game online terbaik di Indonesia sejak dirilis. Game ini bisa dimainkan di ponsel Android dan didesain untuk orang dewasa. Memiliki fitur unduhan gratis, semua orang dapat mengunduhnya game ini. PUBG mobile telah mencapai keuntungan sekitar 19 juta Dolar AS  sejak dirilis.

Permainan ini menjadi populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Game FPS semacam ini benar-benar dirancang untuk mereka yang suka mendorong game yang penuh petualangan. Game ini dapat dimainkan dengan orang multipemain hingga empat orang untuk mengalahkan sekitar 96 musuh.

Baca Juga: Aplikasi Top Up Game Terbaik Biar Ngegame Makin Lancar

3. Mobile Legends (MOBA)

Game Mobile legends terkenal oleh setiap gamer online di Indonesia di semua usia. Game ini dilombakan pada President Esport Cup 2019 dan semenjak itu antusiasme para gamer meningkat pesat. Game ini dapat dimainkan dengan banyak orang seperti game jenis RPG pendahulunya di PC, yaitu DoTa atau World of Warcraft.

MoBa merupakan salah satu game yang memasukkan Game Online ke cabang olahraga Indonesia.  Game ini telah diunduh lebih dari seratus juta kali sejak dirilis. Mobile Legends mendapat keuntungan sekitar 9 juta dolar AS. 

6 Game Terbaik di Indonesia yang di Handphone

4. Arena of Valor (AoV)

Arena of Valor dari Garena membawa para gamers melalui sebuah game petualangan RPG. Game ini lebih unik dari game RPG lainnya dengan grafis indah yang terasa lebih nyata. Gameplay yang begitu mudah dan menyenangkan untuk dimainkan dan membuat para gamer menanggung permainan berjam-jam untuk memainkannya.

Dirilis pada tahun 2015, Arena of Valor telah diunduh dengan cepat oleh para gamer online. Game ini mencapai sekitar seratus juta pemain aktif pada tahun 2017 khusus di server Indonesia. Sekarang game ini telah menjadi sekitar dua puluh juta pemain aktif setiap hari. Para gamer biasanya memainkannya dalam waktu minimal satu jam.

AoV ini memiliki keuntungan sekitar 436 juta dolar AS pada tahun 2017 tetapi telah kehilangan sekitar 14 juta dolar AS karena game tersebut dituding sebagai game yang adiktif untuk usia muda.

5. Lords Mobile

Game Developer IGG memberi para gamer online jenis permainan strategi baru yang disebut Lords Mobile: Battle of Empire. Sejak dirilis pada tahun 2016, game ini telah diunduh berkali-kali oleh para gamer dan memiliki lebih dari enam puluh lima juta pemain aktif di seluruh dunia. Game ini meraih keuntungan sekitar 27 juta dolar AS.

Lord Mobile memiliki plot permainan pengaturan yang unik untuk membangun kerajaan besar. Gamer akan membangun pasukan mereka sendiri dan mengembangkannya menjadi kerajaan besar. Para gamer harus memiliki ide kreatif untuk mendapatkan strategi unik untuk memenangkan permainan untuk mengalahkan musuh.

6. Stardew Valley

Dari hari-hari pertama Stardew Valley telah dibandingkan dengan Harvest Moon, permainan yang jauh lebih tua dengan basis penggemar yang mapan. Kedua game memiliki banyak kesamaan, yaitu berbasis model game farming, atau bercocok tanam dan hidup santai di desa kecil.

Stardew Valley adalah satu-satunya game yang lebih cocok dimainkan secara offline di list ini. Walaupun bisa dimainkan secara online, namun pengalaman bermainnya lebih cocok bila dijelajah sendiri. 

Dari tiga minggu pertama game ini di Apple App Store, Stardew Valley telah menghasilkan pendapatan lebih dari US$1 juta. Kesuksesan game ini juga didasari dari serunya cara bermain yang tidak bosan-bosan bila dimainkan berulang kali.  Ditambah banyak jiwa-jiwa kreatif yang sukamodifikasi game, dan dapat di download oleh gamer lain. 

Bosan dengan alur cerita? Coba mod yang menggantikan penyihir dengan penyihir kayu yang memberikan misi-misi baru. Bosan dengan pemandangannya? Ada lusinan mod untuk mengubah grafik agar sesuai dengan estetika pemain.

Baca Juga: Game Online Gratis Untuk Dimainkan di PC

Itulah berbagai game terbaik di Indonesia, mulai dari RPG, MMO, game balap, hingga simulator, ada banyak sekali game yang tersedia di pasar handphone dan dapat dinikmati siapa saja. Pasar game handphone tumbuh besar dari sebelumnya. Manakah yang jadi game favoritmu?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download