5 rekomendasi aplikasi untuk sekolah online yang seru

28 Dec 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Salah satu perubahan yang terjadi ketika pandemi adalah semua kegiatan menjadi serba online. Pegawai kantor menjalani work from home (WFH) dan anak sekolah menjalani sekolah online. Memang pada awalnya segala terasa membingungkan dan sulit dilakukan, tetapi ternyata ketika sudah dijalani semuanya bisa jalan dengan cukup baik.
Tentu tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kesulitan yang terjadi ketika sekolah online. Biasanya beberapa masalah yang seringkali muncul adalah mengenai akses internet, kecepatan koneksi, dan sulitnya memahami pembelajaran jarak jauh.
Salah satu cara untuk mempermudah sekolah online adalah dengan mengunduh aplikasi belajar online. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipilih, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Sobat Pintar.
Aplikasi belajar online
Inovasi untuk membantu siswa lebih mudah untuk menjalani sekolah online pun terus dilakukan, salah satunya adalah melalui aplikasi-aplikasi yang bisa membantu para siswa untuk bisa belajar lebih baik. Berikut beberapa aplikasi yang banyak digunakan untuk belajar online:
Rumah Belajar
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Rumah Belajar merupakan portal belajar yang menyediakan bahan belajar dan juga fasilitas berkomunikasi antar komunitas.

Aplikasi Rumah Belajar bisa digunakan oleh siswa dan juga guru dari berbagai jenjang Pendidikan yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat. Semua materi pembelajaran yang tersedia di Rumah Belajar disediakan secara gratis sehingga bisa diakses oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.
Cara daftar Rumah Belajar:
Kunjungi situs Kemendikbud.go.id kemudian klik “Daftar”
Pilih tipe pengguna yang sesuai (Guru atau Siswa)
Isi biodata sesuai dengan yang tertera di formular yang tersedia
Klik “Daftar”
Sekolah.mu
Aplikasi Sekolah.mu merupakan sekolah pertama di Indonesia yang memiliki sistem blended learning. Dalam aplikasi Sekolah.mu, disediakan akses pembelajaran terintegrasi digital dengan struktur kurikulum yang personal dan fleksibel.

Salah satu fitur yang diunggulkan yaitu fitur “Tanyamu”. Dalam fitur ini, para siswa bisa bertanya mengenai soal atau pekerjaan rumah sehingga memudahkan proses belajar para siswa. Ada juga fitur Ujianmu yang bisa digunakan para siswa untuk mendapatkan pemahaman belajar yang lebih terstruktur saat menghadapi berbagai ujian di sekolah.
Cara daftar aplikasi Sekolah.mu:
Kunjungi situs Sekolah.mu atau unduh aplikasi Sekolah.mu
Klik “Masuk/Daftar” yang terletak di sebelah kanan atas
Pilih “Masuk dengan Google” atau “Daftar di sini”
Jika memilih “Masuk dengan Google”, pilih alamat email yang akan digunakan
Jika tidak memiliki akun Google, silakan pilih “Daftar di sini” kemudian masukkan alamat email
Isi data sesuai yang diminta
Klik tombol “Daftar” di bagian bawah
Icando
Sobat Pintar sedang mencari aplikasi belajar online untuk siswa jenjang Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD? I Can Do merupakan solusinya. Aplikasi ini pun termasuk ke dalam aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemendikbud.

Aplikasi I Can Do menggunakan kurikulum 2013 yang sudah direvisi. Salah satu kelebihan dari aplikasi I Can Do adalah aplikasi ini memiliki permainan yang bisa digunakan untuk hiburan anak-anak di sela-sela kegiatan belajar. Permainannya pun bisa melatih perkembangan daya pikir anak.
Cara daftar I Can Do:
Kunjungi situs icando.co.id
Pilih menu “Kelas Online”
Klik “Daftar Sekarang”
Sobat Pintar akan diarahkan ke Whatsapp
Kelas Pintar
Aplikasi ini bisa digunakan bagi siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan sudah menggunakan kurikulum 2013. Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya wadah konsultasi yang bisa digunakan oleh guru, siswa, dan orang tua.

Kelebihan lainnya dari Kelas Pintar adalah penyajian materi yang dikemas secara interaktif sehingga terasa tidak membosankan. Bahkan aplikasi ini sudah dipakai di negara lain selain Indonesia yaitu Afrika Selatan, Singapura, dan UEA.
Cara daftar Kelas Pintar:
Kunjungi situs kelaspintar.id
Klik menu kemudian pilih “Menu/Daftar”
Pilih menu yang sesuai (Murid/Orang Tua/Guru)
Klik “Daftar”
Kipin School
Kipin School merupakan aplikasi belajar online yang materi pembelajarannya diperuntukkan bagi siswa jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan. Selain memberikan materi pembelajaran, aplikasi ini memberikan sistem ujian dan latihan soal bagi para penggunanya.

Materi pembelajaran yang tersedia pada aplikasi ini diterbitkan oleh Kemendikbud, jadi Sobat Pintar tidak perlu khawatir dengan kualitas materinya. Ada ratusan materi pembelajaran yang tersedia dan bisa didownload sesuai kebutuhan.
Jika Sobat Pintar ingin belajar melalui aplikasi Kipin, silakan unduh aplikasi Kipin di handphone Sobat Pintar, ya!

Dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas, Sobat Pintar kira-kira akan memilih yang mana untuk mempermudah sekolah online?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download