Mengatasi Masalah Finansial di Era Teknologi

09 Feb 2018 by Edwin

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan hidup semakin meningkat. Hal ini menyebabkan semakin tingginya beban hidup. Untuk dapat bertahan, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasi masalah finansial.

Pada dasarnya, masalah keuangan yang kamu alami dapat menjadi lebih baik selama kamu memahami 5 hal pokok, yaitu:

  • Paham bahwa masalah ini pasti bisa kamu hadapi dan lewati
  • Paham bahwa setiap masalah pasti ada solusinya
  • Paham bahwa masalah finansial tidak dapat kamu hadapi sendiri
  • Paham di mana kamu harus mencari bantuan
  • Dan paham bagaimana memanfaatkan bantuan tersebut

Adapun cara mengatasi masalah finansial anda di era teknologi seperti sekarang ini adalah dengan cara:

  1. Susun Anggaran
    Banyak aplikasi penyusunan anggaran yang dapat kamu cari di internet. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantumu membangun anggaran yang lebih akurat, terstruktur, dan lebih mudah untuk dijalankan.Dengan penyusunan anggaran yang tepat, pos-pos pengeluaran yang tidak perlu dapat kamu minimalkan (atau bahkan dihilangkan 100%).
  2. Gunakan Sisa Uangmu dengan Bijak
    Masalah finansial hanya dapat diatasi dengan menambah pendapatan finansial. Untuk itu, sudah waktunya menggunakan sisa uang sebaik mungkin. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan sisa uang tersebut di antaranya adalah:Gunakan di investasi yang tepat. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan sisa uang untuk membeli sepeda motor yang kemudian dapat kamu sewakan.Atau kamu dapat memulai usaha kecil-kecilan di bidang jajanan pasar, membuka usaha rental komputer, ataupun membuka bisnis penjualan pakaian murah.Agar penggunaan uang benar-benar efektif, pastikan kamu menggeluti investasi yang memang kamu pahami, dan ada seseorang yang bisa dijadikan panutan/tutor.
  3. Miliki Asuransi
    Anda dapat mencoba manfaatkan fintech untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Produk-produk asuransi fintech sangat beragam dan salah satunya adalah produk jaminan kerugian investasi.
  4. Berhutang kepada Pihak yang Tepat
    Jika masalah keuangan anda sudah sangat mendesak, satu-satunya cara terakhir mengatasi masalah finansial ini adalah dengan berhutang. Namun tentu saja kamu harus berhutang pada pihak yang tepat.Kamu juga dapat memanfaatkan beberapa fintech yang kini sedang populer sebagai perusahaan pendanaan. Salah satunya adalah KreditPintar sebagai fintech yang sangat berkembang beberapa saat ini, dengan penawaran pinjaman yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu dan tentunya tersedia tenor yang tidak memberatkan.Canggihnya lagi, Kamu dapat memilih skema hutang yang sesuai. Apakah kamu ingin pembayaran hutang konvensional, pembagian investasi berdasarkan modal, atau skema hutang lainnya.

Percayalah. Kamu pasti bisa mengatasi masalah finansial di era teknologi seperti sekarang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload