Contoh Invoice Jasa Sederhana

24 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 25 Oct 2022

Di dalam dunia bisnis, invoice memegang peranan penting terutama dalam hal keuangan. Oleh sebab itulah para pengusaha harus mengetahui seperti apa contoh invoice jasa yang benar demi kepentingan usaha mereka. Invoice sendiri adalah dokumen penagihan yang berasal dari pihak penjual saat transaksi tak dapat dilakukan secara langsung atau jumlahnya besar. Dengan demikian keberadaan invoice sendiri sangat krusial.

Contoh Invoice Jasa Sederhana

Invoice juga ikut membantu dalam hal pengelolaan kesehatan arus kas sebuah perusahaan. Misalnya saja Anda tengah menghadapi tagihan yang macet dan otomatis arus kas perusahaan ikut terkena dampaknya. Adapun arus kas yang macet seperti ini bisa berimbas buruk terhadap perusahaan lantaran tak dapat membiaya kembali kegiatan operasional setiap hari. Karena inilah invoice mempunya fungsi yang penting dalam hal finansial.

Baca juga : Tips dan Trik Kamar Mandi Sederhana Tapi Bersih

Seperti Apa Contoh Invoice Jasa yang Benar?

Sebelum mengetahui contoh invoice bidang jasa yang benar dan biasanya berbentuk template, Anda wajib memahami pengertian invoice jasa itu sendiri. Dalam sehari-hari invoice kerap disebut sebagai faktur, Adapun invoice adalah sebuah dokumen yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai surat tagihan pembayaran. Isi di dalam invoice tersebut mencakup informasi tentang transaksi pemakaian jasa dan nilai yang mesti dibayarkan.

Contoh Invoice Jasa Sederhana

Dokumen invoice untuk jasa pun memiliki fungsi yang sama. Hanya saja orang yang menerbitkan invoice adalah pihak pemberi jasa atau layanan kepada pengguna jasa tersebut. Isi di dalam contoh invoice jasa adalah rincian jasa yang sudah digunakan serta nilai yang harus dibayarkan. Lantaran invoice berfungsi sebagai alat penagihan pembayaran yang sah, maka ini menjadi dokumen penting di dalam kondisi keuangan.

Apabila kehilangan invoice maka Anda tak dapat melakukan penagihan pembayaran terhadap para pengguna jasa. Hal seperti ini membawa risiko berupa kehilangan pendapatan. Sebab saat terjadi piutang macet serta kehilangan pendapatan maka secara keseluruhan arus kas dapat ikut terhambat. Oleh sebab inilah Anda jangan sampai memandang sepele invoice jasa apalagi jika jumlah tagihannya cukup besar.

Contoh Dokumen Invoice Jasa yang Benar

Jika Anda akan membuat invoice jasa sendiri maka ada beberapa hal penting yang harus dipahami. Adapun contoh invoice jasa yang benar dan baik sebenarnya terdapat beberapa bagian penting serta harus ada di dalam dokumen invoice tersebut. Dengan demikian saat menagih kepada orang yang sudah menggunakan jasanya Anda tidak akan kesulitan dan ia tak dapat mengelak lantaran informasinya sudah lengkap dan sesuai adanya.

Baca juga : Tips dan Trik Kamar Mandi Sederhana Tapi Bersih

Beberapa hal yang harus ada dalam invoice jasa sesungguhnya antara lain:

  1. Terdapat Keterangan dalam Dokumen Invoice Jasa

Sebuah invoice jasa yang benar haruslah memiliki beberapa keterangan di bawah ini untuk kemudian menjadi surat penagihan kepada pihak terutang. Keterangan tersebut antara lain:

  • Judul dokumen terdapat kata invoice

Penulisan kata invoice yang besar di atas bagian dokumen nantinya memudahkan dokumen atau surat tersebut dikenali sebagai surat invoice. Selain itu Anda juga lebih mudah menemukan dokumen invoice di tengah bukti atau surat pemasukan lainnya. Begitu pula bagi para pengguna jasa, otomatis invoice  tersebut lebih mudah ditemukan saat menumpuk di antara bukti pengeluaran lainnya. Hal ini bisa mendorong langkah untuk pembayaran.

  • Mempunyai nomor invoice

Adapun contoh invoice jasa yang benar selanjutnya adalah terdapat nomor unik yang berbeda di setiap transaksi. Keberadaan nomor invoice tersebut berguna untuk memastikan pelanggan maupun pengguna jasa sudah menerima invoice yang benar dan milik mereka. Di dalam pembukuan keuangan, nomor unik tersebut juga berguna supaya tak terjadi duplikasi saat pencatatan.

  1. Ada Keterangan dari Para Pihak

Sebuah contoh invoice jasa yang benar juga harus terdapat beberapa keterangan di bawah ini:

  • Nama perusahaan pemberi jasa

Suatu invoice jasa yang benar juga harus terdapat nama resmi perusahaan sebagai penyedia jasa serta keterangan berupa alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Agar lebih mudah dikenali, maka bisa juga terdapat keterangan berupa nama brand melalui pencantuman logo. Dimana logo tersebut biasanya tercantum di sebelah kiri atas invoice dan dekat dengan identitas resmi milik perusahaan.

  • Pihak yang menjadi pengguna jasa

Dalam contoh invoice jasa yang benar terdapat pula nama sebagai pihak pengguna jasanya. Selain itu pasti akan ada pula alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Pencantuman nama seperti ini sangatlah penting lantaran dapat menghindar masalah salah penagihan. Apabila Anda kesulitan dalam pekerjaan permintaan jasa maka bisa segera menghubungi orang selaku pihak pengguna jasa agar dapat mencari penyelesaiannya.

  1. Keterangan Jenis Jasa Sesuai Permintaan

Berikutnya ada pula keterangan berupa jenis jasa yang diminta. Keterangan tersebut menggambarkan jasa apa yang sedang dipesan untuk kemudian dikerjakan. Adapun kolom yang harus ada di dalam keterangan tersebut yakni:

  • Harga per pengerjaan yang ada dalam besaran nominal, jam sesuai kebutuhan, tahap pengerjaan dan lain-lain.
  • Jenis jasa yang dipakai.
  • Jumlah harga keseluruhan
  • Besaran pajak
  • Harga yang harus dilunasi atau ditagih setelah terkena pajak.
Contoh Invoice Jasa Sederhana
  1. Keterangan Jatuh Tempo dan Tata Cara Pembayaran

Dalam contoh invoice jasa yang baik dan benar, terdapat pula keterangan jatuh tempo serta cara untuk pembayarannya seperti:

  • Tanggal transaksi terjadi dan jatuh tempo pembayaran di invoice

Untuk para pengguna jasa, keberadaan tanggal transaksi sekaligus jatuh tempo akan menjadi pengingat saat waktu pembayarannya. Sedangkan bagi pihak selaku pemberi jasa maka dapat mengetahui kapan akan ada pendapatan yang masuk dan segera mungkin untuk mencatatkannya di dalam pembukuan.

  • Nomor rekening perusahaan

Ada juga keterangan berupa nomor rekening perusahaan yang lengkap dengan nama bank serta nama pemilik rekening tersebut. Keberadaan keterangan ini akan menjadi alternatif jika pembayaran dilakukan secara elektronik.

Baca juga : Tips dan Trik Kamar Mandi Sederhana Tapi Bersih

  1. Tanda Terima

Sebuah contoh invoice jasa yang benar terdapat tanda tangan sekaligus nama lengkap dari pihak  bidang keuangan perusahaan. Selain itu ada juga tempat untuk diisi tanda tangan dari pihak penerima atau pengguna jasa tersebut. Keberadaan tanda tangan ini memperlihatkan bahwa kedua belah pihak sudah sepakat untuk melakukan kewajibannya tersendiri.

  1. Ada Tiga Rangkap Invoice

Invoice penagihan jasa juga harus terdapat dalam tiga rangkap. Di mana rangkapan tersebut memiliki kegunaannya tersendiri antara lain:

  • Lembar invoice pertama untuk perusahaan jasa melakukan penagihan
  • Lembar invoice kedua berguna untuk pihak pengguna jasa yang akan ditagih
  • Lembar invoice ketiga berfungsi untuk arsip keuangan bagi pihak pemberi jasa

Bagi pihak pemberi jasa, contoh invoice jasa yang benar tersebut sebagai bukti sudah terjadi penjualan serta merupakan alat sah untuk penagihan pembayaran.

Itulah ciri-ciri dalam contoh invoice jasa yang baik dan benar untuk kemudian digunakan sebagai penagihan sebuah transaksi. Anda harus memahami invoice jasa tersebut agar terhindar dari kesalahan tagih atau hal tidak diinginkan lainnya.

Artikel ini adalah hasil kreasi dari Kredit Pintar, perusahaan fintech resmi yang berada di bawah pengawasan OJK, siap memudahkan masyarakat Indonesia melalui penyaluran pinjaman dana secara daring. Pantau selalu blog Kredit Pintar agar memperoleh berbagai informasi dan tips yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download