Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Sobat Pintar

01 Jul 2021 by Laruan
Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Sobat Pintar

Selain kopi, teh adalah minuman yang biasanya dihidangkan untuk tamu yang berkunjung ke rumah. Teh yang dihidangkan biasanya berupa teh melati dengan warna dan harum yang khas. Tapi tahukah Sobat Pintar bahwa ada jenis teh lain yang dicari karena khasiatnya? Teh tersebut tak lain dan tak bukan bernama teh hijau. Mari kita bahas kenapa teh tersebut dicari banyak orang dan apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan.

Teh hijau merupakan hasil dari pengolahan tanaman Camellia Canensis. Proses pengolahan teh ini berbeda dengan jenis teh lainnya sehingga kandungan nutrisi di dalamnya masih terjaga. Teh hijau dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena memiliki antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan lainnya seperti, protein, kalium, kalsium dan magnesium juga berguna dalam menjaga kesehatan tubuh.

Saking banyaknya keunggulan yang dimiliki teh hijau bagi kesehatan, teh hijau ini disebut sebagai salah satu minuman paling sehat dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Bahkan, di kalangan wanita keunggulan yang dimiliki teh hijau bagi kecantikan sangat dikenal luas. Masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari teh hijau. Berikut ini kami rangkum berbagai manfaat teh hijau yang dapat kita peroleh setelah mengkonsumsinya.

1. Mencegah Kanker

Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Teh hijau terbukti mengandung senyawa yang dikenal dengan senyawa polifenol. Para pakar meyakini senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Selain itu, kandungan lain seperti katekin, theaflavin dan thearugibin pada teh hijau dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan keunggulan yang dimiliki teh hijau dalam mencegah kanker. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner adalah penimbunan kolesterol di dinding pembuluh darah koroner. Hal ini menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otot jantung, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Dengan rutin konsumsi teh hijau, dipercaya dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini berpengaruh baik terhadap kesehatan jantung. Kondisi pembuluh darah akan lebih sehat, sehingga kadar gula dalam darah dan kolesterol relatif lebih stabil dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. 

Hal ini dikuatkan oleh studi lain yang dilakukan pada tahun 2006 melibatkan sekitar 40.000 peserta berusia 40-79 tahun yang mengalami masalah kesehatan jantung. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa peserta yang mengkonsumsi setidaknya 5 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding peserta yang hanya minum kurang dari 1 cangkir teh hijau per hari.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang, yang ditSobat Pintari dengan meningkatnya kadar gula dalam darah di atas normal. Penyakit ini disebabkan karena penumpukan glukosa dalam darah, yang tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam kesehatan. 

Penelitian dari Universitas Goias di Brasil, menyimpulkan keunggulan yang dimiliki teh hijau adalah dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Selain itu, konsumsi teh hijau juga dapat meningkatkan kinerja insulin. Penelitian mengatakan seseorang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko 42 persen lebih rendah terkena diabetes dibandingkan yang tidak mengonsumsi teh hijau.

4. Menurunkan Berat Badan

Ini tentunya kabar yang menggembirakan bagi Sobat Pintar yang ingin menurunkan berat badan. Mungkin juga keunggulan yang dimiliki teh hijau dalam membantu menurunkan berat badan inilah yang membuat teh hijau terkenal di kalangan wanita. Beberapa penelitian kecil menyatakan bahwa dalam banyak kasus teh hijau berjasa membantu menurunkan berat badan. 

Bukan tanpa alasan, hal ini diduga kuat karena teh hijau meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut. Ditambah lagi jika Sobat Pintar manfaatkan teh hijau sebagai pengganti minuman dalam kemasan dan soft drink yang memiliki kandungan gula dan kalori tinggi, maka hal tersebut akan semakin membantu program diet Sobat Pintar.

Namun perlu diingat bahwa keunggulan yang dimiliki teh hijau untuk menurunkan berat badan ini tidak berlaku pada orang dewasa yang mengalami obesitas. Perlu ada perawatan dan perhatian khusus dari ahli agar masalah obesitas pada orang dewasa dapat diatasi.

Menurunkan Berat Badan

5. Menyehatkan kulit

Berikut ini adalah hal lain yang membuat teh hijau dikenal luas oleh para wanita. Bagaimana tidak, kesehatan kulit sangat penting bagi mereka. Bahkan tidak hanya wanita, secara general kesehatan kulit merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Apalagi bagi mereka yang pekerjaannya mengandalkan penampilan seperti model dan aktor.

Keunggulan yang dimiliki teh hijau yang satu ini mampu untuk meremajakan dan menyehatkan kulit. Masalah kulit bukan hanya terjadi pada kulit yang terlihat di sekujur tubuh saja, tetapi bisa juga terjadi di kulit kepala yang berupa ketombe. Teh hijau dapat menjadi pengobatan yang manjur untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis. 

Psoriasis menyebabkan bercak kering dan kemerahan pada kulit, serta pengelupasan. Hal ini dikarenakan peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu penyebab inflamasi pada kulit. Peran teh hijau disini adalah untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut.

6. Tekanan Darah Menjadi Stabil

Manfaat teh hijau yang lainnya adalah untuk menstabilkan tekanan darah. Teh hijau diketahui dapat membantu melemaskan otot-otot di pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu senyawa polifenol yang terkandung dalam teh hijau juga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

7. Mambantu Daya Ingat

 Manfaat teh hijau yang satu ini akan sangat berguna bagi Sobat Pintar yang sedang belajar atau menempuh pendidikan. Dengan begitu materi yang Sobat Pintar pelajari dapat dengan mudah Sobat Pintar serap. Teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya daya ingat. Karena itu teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia.

Manfaat teh hijau ini dapat Sobat Pintar rasakan secara maksimal dengan konsumsi yang teratur dan tidak berlebihan. Karena ada pepatah mengatakan, sebaik apapun itu jika berlebihan akan menjadi tidak baik. Jangan lupa untuk tetap terapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi, istirahat cukup, dan berolahraga.

Jika Sobat Pintar sedang dalam pengobatan dan mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Sobat Pintar minum teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau dapat menimbulkan efek interaksi obat atau suplemen tertentu.

Sudah siap untuk merasakan keunggulan yang dimiliki teh hijau bagi tubuh Sobat Pintar? Teh hijau sudah banyak beredar dipasaran dan sangat mudah untuk didapatkan. Jika Sobat Pintar butuh bantuan, Kredit Pintar siap membantu Sobat Pintar untuk mendapatkan teh hijau dan meningkatkan kesehatan Sobat Pintar. Kredit pintar prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak perlu menunggu waktu lama untuk mencairkan dana Sobat Pintar. Rasakan keunggulan yang dimiliki teh hijau dengan Kredit Pintar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload