10 Daftar Makanan Penambah Massa Otot

30 Sep 2021 by Laruan

Mengonsumsi makanan penambah massa otot merupakan salah satu cara yang dapat Sobat Pintar lakukan apabila ingin membentuk otot. Akan tetapi, mungkin beberapa dari Sobat Pintar masih belum tahu apa saja makanan yang  bisa dikonsumsi untuk membantu dalam pembentukan otot. Sobat Pintar tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel ini akan dijelaskan daftar makanan penambah massa otot yang bisa dikonsumsi. 

10 Daftar Makanan Penambah Massa Otot

Sebelum masuk ke daftar makanan yang memicu peningkatan massa otot, Sobat Pintar perlu memahami terlebih dahulu nutrisi yang diperlukan yang dapat meningkatkan massa otot.  Nutrisi yang paling diperlukan untuk menambah massa otot adalah protein. Oleh karena itu, Sobat Pintar harus memilih makanan yang mengandung banyak protein apabila ingin meningkatkan massa otot. Akan tetapi, Sobat Pintar juga perlu menyeimbangkannya dengan karbohidrat dan lemak agar Sobat Pintar tetap mendapatkan energi dan tidak kelaparan. 

Makanan Penambah Massa Otot

Lalu apa saja makanan yang memicu peningkatan massa otot yang bisa Sobat Pintar konsumsi? Temukan jawabannya di bawah ini. 

1. Dada ayam

Dada ayam bukanlah makanan yang asing lagi bagi Sobat Pintar. Makanan yang sangat familiar ini merupakan salah satu makanan yang memicu peningkatan massa otot yang paling populer. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, Sobat Pintar hanya perlu merebus atau memegangnya. 

Di dalam 100 gram dada ayam terdapat kandungan protein sebanyak 30 gram. Tidak hanya itu, dada ayam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin B3 dan vitamin B6. Kedua vitamin tersebut bermanfaat dalam mengubah gizi menjadi energi yang diperlukan tubuh. 

2. Telur

Selain dada ayam, telur juga salah satu makanan yang paling sering dijumpai dan sangat mudah ditemukan. Tidak hanya enak, ternyata telur juga dapat dijadikan sebagai makanan yang memicu peningkatan massa otot bagi Sobat Pintar yang ingin membentuk otot. 

Di dalam sebutir telur terdapat kandungan berupa protein, vitamin B kompleks dan kolin. Bahkan kandungan protein yang ada di dalam telur termasuk ke dalam kategori yang tinggi. Sehingga tidak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang memicu peningkatan massa otot yang baik. 

3. Kacang Kedelai

Makanan yang memicu peningkatan massa otot yang selanjutnya yaitu kacang kedelai. Pasalnya, di dalam 100 gram kacang kedelai terdapat kandungan protein sebanyak 15 gram  atau setara dengan 25% kebutuhan harian. Tidak hanya protein, kacang kedelai juga memiliki kandungan vitamin  K, zat besi dan fosfor. 

Pada umumnya, sumber protein  nabati tidak memiliki kandungan asam amino yang lengkap. Akan tetapi, kacang kedelai memiliki kandungan  asam amino yang lengkap. Bahkan leusin yang sangat dibutuhkan untuk membentuk massa otot pun ada di dalam kedelai. 

4. Edamame

Masih dari jenis kacang-kacangan, makanan yang selanjutnya yaitu edamame. Nama edamame mungkin tidak familiar di telinga Sobat Pintar, karena orang Indonesia suka menyebutnya dengan nama kedelai jepang. 

Di dalam 155 gram edamame, terdapat kandungan serat sebanyak 8 gram dan protein  17 gram. Tidak hanya itu, edamame juga memiliki kandungan vitamin K dan folat yang dapat menambah massa sekaligus kekuatan otot. 

5. Daging Merah

Daging merah dapat menjadi makanan yang memicu peningkatan massa otot yang Sobat Pintar bisa konsumsi. Akan tetapi, sebelum memilih daging yang hendak dikonsumsi, pastikan memilih potongan daging yang hanya memiliki lemak dan gajih sedikit. 

Di dalam daging merah terdapat kandungan yang sangat diperlukan otot seperti, protein dengan kualitas tinggi, mineral, kreatinin dan vitamin  B kompleks. Bahkan dalam penelitian disebutkan mengonsumsi daging merah dapat menambah massa otot tanpa harus latihan beban. 

6. Quino

Quino atau biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa merupakan makanan yang dapat menambah massa otot selanjutnya. Mungkin beberapa dari Sobat Pintar tidak familiar dengan makanan yang satu ini. Namun, quino menjadi makanan yang sangat baik bagi Sobat Pintar yang ingin menambah massa otot. 

Pasalnya di dalam quino terdapat kandungan protein yang baik untuk otot dan karbohidrat yang dapat memberikan Sobat Pintar energi agar tetap aktif. Setidaknya di dalam 185 gram quino, terdapat kandungan serat sebanyak 5 gram, protein 8 gram, karbohidrat 40 gram,  magnesium, dan fosfor.  

7. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang memiliki dua macam protein yang baik untuk menambah massa otot. Dua macam protein itu yaitu whey protein yang cepat dicerna, dan kasiem yang lambat dicerna. Mengkonsumsi dua macam protein tersebut, dapat mempercepat penambahan massa otot. 

Yogurt juga memiliki kandungan vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Kalsium memiliki peran yang penting dalam kontraksi otot dan fosfor sebagai sumber energi untuk otot. 

8. Ikan Tuna

Tidak hanya daging, kacang, dan olahan susu, seafood juga dapat Sobat Pintar konsumsi sebagai makanan yang memicu peningkatan massa otot. Salah satu contoh seafood yang dapat dikonsumsi yaitu ikan tuna. Sobat Pintar dapat mengolahnya menjadi berbagai hidangan yang lezat, mulai dari ikan tuna panggang hingga ikan tuna tumis. 

Dalam 85 gram ikan tuna, terdapat kandungan protein sebanyak 20 gram, vitamin A, vitamin B3,  vitamin B6, dan vitamin B12. Berbagai kandungan nutrisi ini dapat memberikan energi dan membuat otot dapat bekerja optimal.  Tidak hanya itu, ikan tuna juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mendukung kesehatan otot. 

9. Udang

Makanan yang memicu peningkatan massa otot yang selanjutnya yaitu udang. Pasalnya, udang memiliki kandungan protein yang hampir murni. Setidaknya di dalam 85 gram udang, terdapat kandungan protein sebanyak 18 gram dan 1 gram lemak. Tidak hanya itu, udang juga memiliki kandungan leusin asam amino yang akan membantu pertumbuhan otot menjadi maksimal. 

Di dalam udang tidak terdapat kandungan karbohidrat yang akan memberi Sobat Pintar energi. Akan tetapi, hal ini menjadi sebuah keuntungan karena tidak perlu menambahkan terlalu banyak kalori untuk menambah massa otot. 

10 Sayur-sayuran

Makanan yang memicu peningkatan massa otot yang dapat Sobat Pintar konsumsi terakhir yaitu sayur-sayuran. Salah satu contoh sayur yang dapat Sobat Pintar konsumsi yaitu bayam. Bayam bahkan telah terbukti ampuh dapat meningkatkan massa otot hingga 20%. 

Sobat Pintar juga dapat mengonsumsi brokoli sebagai makanan penambah massa otot. Di dalam brokoli terdapat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan  vitamin K. Berbagai kandungan vitamin tersebut dapat mempercepat pertumbuhan otot massa otot. 

Itulah 10 daftar makanan yang memicu peningkatan massa otot yang bisa Sobat Pintar coba di rumah. Untuk membentuk otot, Sobat Pintar harus konsisten dalam mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan massa otot yang dibarengi dengan latihan beban seperti gym. Apabila Sobat Pintar bingung dengan  biaya gym, maka Kredit Pintar siap membantu kebutuhan finansial Sobat Pintar. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload