Mau Operasi Katarak? Cek Biaya Operasi Katarak Disini

30 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 29 Aug 2022

Katarak adalah kelainan mata yang terjadi cukup umum pada masyarakat lansia Indonesia. Sebelum ada BPJS Kesehatan, banyak yayasan yang menggelar operasi katarak secara massal dan gratis. Namun, berapakah sebenarnya biaya operasi katarak di Indonesia? 

Baca juga: Informasi Lengkap Biaya Lasik Mata

Pengertian mata katarak

Mata katarak adalah penyakit yang terjadi ketika lensa mata menjadi buram dan keruh. Perluasan buram pada area lensa mata pada awal munculnya katarak, bisa saja tidak mengganggu, akan tetapi lama kelamaan katarak pada mata mengganggu penglihatan dan membuat pengelihatan menjadi redup seperti melihat kabut.

Penyebab mata katarak

Ada banyak faktor yang menyebabkan mata katarak, di antaranya faktor usia untuk usia lanjut, mengkonsumsi obat secara terus menerus yang dapat mengganggu saraf mata, paparan sinar infrared dan sinar ultraviolet, dan kecelakaan mata terkena benda tumpul atau benda tajam yang langsung mengenai mata.

Macam-macam mata katarak

  1. Katarak matur, adalah katarak yang menyebabkan objek pandangan sudah tidak dapat dikenali yang hanya terlihat hanya bayangan
  2. Posterior subcapsular katarak, ialah jenis katarak yang cukup parah, keluhannya silau karena sudah sangat parah
  3. Cortical katarak, ialah katarak yang kekeruhannya tidak merata hanya di bagian pinggir saja
  4. Katarak Pseudoexfoliasi, adalah adanya katarak yang disertai material-material tertentu, biasanya disertai juga dengan glaukoma dengan penyangga lensa yang goyang.

Biaya operasi katarak untuk pasien umum

Sebelum melakukan operasi katarak, Anda harus melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui ukuran bola mata dan bentuknya. USG bertujuan untuk memperkirakan ukuran lensa yang nanti akan dipasang saat tindakan operasi katarak.

Lalu berapa biaya operasi katarak di Indonesia untuk pasien umum? Untuk biayanya yang termurah di 16 juta dan yang termahal 39 juta, info ini diambil dari Website JEC.

Lebih detail lihat gambar dibawah, untuk biaya operasi katarak

Bisakah operasi katarak memakai BPJS?

Masyarakat Indonesia bisa melakukan operasi katarak secara gratis jika terdaftar sebagai pasien BPJS. Namun, berikut ini adalah rangkaian syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi sebelum operasi katarak memakai BPJS. 

  1. Harus dipastikan kartu BPJS aktif
  2. Harus dipastikan tidak ada tunggakan iuran
  3. Harus mendapatkan rujukan dari FasKes (Fasilitas Kesehatan) pertama
  4. Bawa surat rujukan ke Rumah Sakit atau Klinik Mata
  5. Ikuti pemeriksaan dari Dokter Spesialis Mata
  6. Jika sudah dapat jadwal, langkah selanjutnya adalah tahapan pelaksanaan operasi katarak

Perlu diketahui bahwa operasi katarak dengan BPJS ditanggung dengan fasilitas pemberian lensa biasa yang berfokus pada jarak tertentu saja, sehingga tidak bisa menggunakan lensa yang premium untuk operasi jenis umum yang bisa mengobati untuk jenis mata silinder. 

Selanjutnya kita akan membahas rekomendasi Rumah sakit atau Klinik terbaik.

Rekomendasi Rumah Sakit atau Klinik Mata Operasi Katarak di Indonesia

1. JEC (Jakarta Eye Center)

Jakarta Eye Center (JEC) adalah Rumah Sakit Spesialis mata yang telah mempunyai pelayanan internasional. JEC sendiri sudah berdiri sejak 1 Februari 1984 berarti sudah 38 Tahun, JEC melayani masyarakat Indonesia untuk pemeriksaan mata. 

JEC sendiri sudah memiliki 7 cabang di Jabodetabek, untuk detailnya Anda bisa cek di Website JEC.CO.ID

2. Klinik Mata dr. Hasri Ainun Habibie Bogor

Klinik mata yang didirikan oleh Ibu Hasri Ainun Habibie didirikan pada tahun 2009 dan di resmikan pada 21 Februari 2010, beralamat di Jl. DR. Sumeru No.120a, Menteng, Kota Bogor, Jawa-Barat Kode Pos 16111, Indonesia.

3. Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung

Cicendo Eye Hospital ditetapkan pada tahun 2009, sebagai pusat mata nasional di Indonesia, beralamat di Jalan Cicendo No.4 Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Yang perlu diketahui tentang mata katarak

  1. Apakah semua orang yang sudah tua bisa terserang mata katarak?

Tidak selalu, penjelasannya mata katarak ialah kekeruhan pada lensa mata dan penyebab utama dari kekeruhan pada lensa adalah faktor usia, seperti pada halnya rambut memutih dan kulit yang semakin keriput.

  1. Apa penyebab mata katarak?

Ada beberapa macam, misalnya katarak pada bayi baru lahir, proses kataraknya terjadi pada saat didalam kandungan atau karena adanya penyakit diabetes melitus atau penyakit gula atau kencing manis.

Nah karena kadar gula yang tinggi dapat mempengaruhi kejernihan pada lensa mata atau penyakit kulit gatal-gatal, ada juga mengkonsumsi obat kortikosteroid yang berkepanjangan, misalnya pada orang yang penyakit autoimun, asma berat atau orang-orang yang mengkonsumsi obat tanpa resep dokter.

Baca juga artikel lainnya: Inilah cara merawat kesehatan mata

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download