Ada Masalah Penglihatan? Ini Biaya Lasik Mata

05 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Biaya lasik mata di setiap rumah sakit tentunya berbeda-beda, tergantung lokasi, status dan jenis tindakan yang diambil. Sebelum melakukan tindakan, Sobat Pintar bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk menyiapkan dana lebih awal dan menghemat pengeluaran. Kira-kira berapa harga lasik mata dan bagaimana metode tindakannya?
Risiko yang Harus Diwaspadai Usai Operasi Lasik Mata : Okezone Lifestyle

Apa Itu Lasik Mata?

Lasik mata dikenal juga sebagai laser-assisted in situ keratomileusis yaitu operasi yang bertujuan untuk memperbaiki kelainan refraksi mata dengan menggunakan sinar laser. Beberapa contoh kelainan yang diatasi dengan lasik mata ialah rabun dekat, rabun jauh dan silinder.

Bagi Sobat Pintar yang mengalami masalah pada mata, tidak perlu khawatir untuk mengambil tindakan lasik mata. Sebab dokter akan melakukan observasi terlebih dahulu dan prosedurnya relatif lebih aman daripada menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu lama. Bahkan risiko infeksinya relatif kecil, di mana 96-98% pasien lasik mata berhasil memiliki penglihatan yang jauh lebih baik dan memuaskan.

Baca juga: 8 Cara Mengurangi Mata Minus yang Baik dan Efektif 

Risiko Lasik Mata

Meski risiko lasik mata relatif lebih kecil, Sobat Pintar perlu mengetahuinya. Terlebih jika mengalami beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko. Beberapa risiko lasik mata di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mata Kering

Salah satu risiko lasik mata adalah mata kering sehingga dapat menyebabkan penurunan produksi air mata secara sementara. Namun kondisi ini dapat Sobat Pintar atasi dengan menggunakan obat tetes hingga mata kering perlahan menghilang.

  • Silau dan Penglihatan Ganda

Risiko lasik mata yang perlu Sobat Pintar ketahui selanjutnya ialah silau dan penglihatan mata ganda. Risiko ini bisa terjadi pada malam hari setelah operasi dan biasanya berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu.

  • Regresi

Regresi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika penglihatan sudah jelas dan tajam setelah melakukan lasik mata. Namun perlahan mata mengalami gangguan penglihatan yaitu kembali ke mata minus.

  • Masalah Flap

Mengangkat, membuka dan meletakan kembali flap dari bagian belakang selama operasi dapat menyebabkan infeksi, sobek, peradangan dan bergesernya flap. Namun lasik dengan metode terkini yaitu ReLEx SMILE, tidak ada pembuatan flap yang dilakukan.

Sebelumnya, Sobat Pintar telah mengetahui beberapa risiko lasik mata. Tetapi ada juga sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko lasik mata, di antaranya:

  • Mengalami gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis
  • Sistem kekebalan tubuh menurun karena obat imunosupresif atau HIV
  • Mata kering secara terus-menerus
  • Perubahan ukuran kelainan refraksi dalam penglihatan
  • Mengalami peradangan dan luka pada kornea

Bagi Sobat Pintar yang mengalami kondisi tertentu dan tidak memungkinkan melakukan lasik mata, sebaiknya berkonsultasi dokter. Berikut sejumlah kondisi yang tidak disarankan melakukan lasik mata, di antaranya:

  • Memiliki penyakit mata sehingga kornea menipis
  • Masih memiliki tajam penglihatan dalam kategori baik
  • Mengalami rabun jauh dalam kategori parah yaitu di atas 15 dan silinder di atas 5
  • Pupil mata lebih besar dan kornea menipis
  • Mengalami perubahan mata sehingga penglihatan jadi kurang jelas
  • Memiliki kegiatan dalam bidang olahraga sehingga berisiko terkena pukulan di wajah

Biaya Lasik Mata

Pada tahun 2022, biaya lasik mata berkisar antara harga Rp 10 juta hingga Rp 25 juta. Kisaran harga ini sudah termasuk jasa konsultasi dokter dan obat-obatan namun ada juga biaya lainnya yang perlu Sobat Pintar siapkan. Berikut ini kisaran biaya lasik mata berdasarkan lokasi dan metode tindakannya. 
Biaya Lasik Mata 2022: Informasi, Perbandingan dan Biaya

  1.  Lasik Mata KMN Eyecare

KMN Eyecare merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah pada mata. Hal ini karena,  KMN Eyecare telah memiliki banyak cabang sehingga reputasinya tidak diragukan lagi. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk lasik mata adalah berkisar Rp14 juta per mata sedangkan harga pemeriksaan mata secara menyeluruh Rp6.4 juta.

  1.  Lasik Mata JEC

Lasik mata JEC (Jakarta Eye Center) merupakan salah satu rumah sakit yang terdaftar di World Association of Eye Hospital (AWEH) yang mana telah memiliki 7 klinik tersebar di seluruh nusantara. Tidak heran jika JEC menjadi salah satu rumah sakit lasik mata terpercaya. Adapun kisaran biaya lasik mata di JEC ialah Rp11 juta untuk satu pasang mata.

Baca juga: Cara Mengobati Bintitan pada Mata dengan Bahan Alami 

  1.  Lasik Mata Ciputra SMG Eye Clinic

Kisaran harga lasik mata Ciputra SMG Eye Clinic ditentukan oleh metode yang digunakan. Untuk metode Femtol lasik akan dikenakan harga Rp14 juta per mata. Sedangkan lasik mata dengan metode ReLEx SMILE membutuhkan biaya sekitar Rp19 juta per mata.

  1.  Lasik Mata di SMEC

Biaya lasik mata di SMEC berbeda-beda bergantung metode operasi yang digunakan. Misalnya untuk metode Trans-epi lasik mata membutuhkan biaya sebesar Rp12,3 juta per mata. Adapun untuk metode femtol lasik membutuhkan biaya sebesar Rp17,3 juta per mata. 

  1.  Lasik Mata BPJS

Lasik mata tidak ditanggung BPJS karena hanya menanggung biaya operasi katarak dan rabun senja. Umumnya refraksi mata menggunakan BPJS hanya diatasi oleh pemberian kacamata, begitu juga dengan penderita rabun dekat, rabun jauh dan silinder.

Metode Lasik Mata

Lasik mata menggunakan 2 metode berdasarkan kondisi medis pasien yaitu ReLEx SMILE dan Femto LASIK. Berikut penjelasan selengkapnya terkait kedua metode tersebut:
Biaya LASIK dengan Metode Terkini

  1.  Femto Lasik

Salah satu metode yang biasa digunakan ialah femto lasik dengan menggunakan femtosecond sebagai pengganti pisau bedah dan memiliki tujuan untuk menciptakan lipatan tipis atau flap pada kornea sehingga bisa memperbaiki lengkungan kornea. Metode ini relatif aman karena dapat membuat flap jadi jauh lebih tipis dan mengurangi risiko luka pada kornea. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dalam Waktu 5 Menit

Femto lasik cocok Sobat Pintar gunakan untuk mengobati mata minus, silinder dan rabun jauh parah.

  1.  ReLEx Smile 

ReLEx smile merupakan metode lasik mata dengan teknologi terbaru yaitu Femtosecond Visumax sehingga tidak harus membuat flap pada kornea. Dengan begitu, struktur kornea akan tetap stabil dan tidak memicu gejala mata kering setelah operasi. Salah satu kelebihan metode reLEx smile ialah durasi operasinya 5 menit lebih singkat daripada femto lasik yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. 

Sebelum melakukan lasik mata, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan sejumlah risiko yang mungkin terjadi dan disesuaikan dengan kondisi apakah memungkinkan untuk lasik mata atau tidak? Terkait hal ini silahkan konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter yang akan menangani. Setelah itu, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan biaya lasik mata berdasarkan metode yang direkomendasikan. 

Mata merupakan salah satu pancaindra yang cukup penting sehingga harus tetap terjaga kesehatannya. Jika Sobat Pintar mengalami masalah dalam soal biaya tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar karena telah mendapat izin resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, prosesnya juga relatif cepat, mudah dan tidak membutuhkan agunan. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download