5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Prima

30 Sep 2021 by Laruan

Setiap harinya, aktivitas manusia tidak pernah terlepas dari peranan mata, terutama sebagai indera penglihatan. Dengan mata yang sehat, Sobat Pintar dapat melihat dengan jelas dan pada akhirnya lebih mampu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan nyaman. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara menjaga kesehatan mata dengan baik dan benar.

Cara merawat kesehatan mata agar tetap prima

Perlu diketahui bahwa, seiring dengan pertambahan usia, fungsi mata akan terus mengalami penurunan, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai gangguan dan kerusakan. Apabila tidak dijaga dengan baik, maka kerusakan mata ini akan terjadi dengan lebih cepat. Jika sudah seperti ini, akan sulit diambil tindakan untuk mengatasinya. 

Oleh karena itulah, mengetahui bagaimana agar mata terjaga kesehatannya sangatlah penting. Menjaga kesehatan mata dalam hal ini dapat menjadi semacam tindakan pencegahan agar Sobat Pintar tidak perlu berhubungan dengan kerusakan yang lebih parah dan sukar diatasi. Seperti kata pepatah lama, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Sekilas Tentang Mata

Mata merupakan organ sensorik utama dalam tubuh, yang memberikan reaksi terhadap cahaya, memegang peran penting dalam mengirimkan informasi visual ke otak. Berperan sebagai indera penglihatan, mata manusia dapat membedakan lebih dari 10 juta warna yang tampak. 

Tidak hanya itu saja, mata manusia juga dapat berperan sebagai produsen air mata. Dalam hal ini, air mata dapat menjadi semacam pelumas yang akan menjaga kesehatan mata dari berbagai partikel berbahaya yang akan mengganggu fungsinya. Pada kondisi sehat, air mata ini pada umumnya terdiri dari campuran air, minyak, hingga lendir. 

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat

Ada beberapa hal yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk menjaga mata tetap sehat dan berfungsi dengan normal sebagaimana mestinya. Cara menjaga kesehatan mata ini sejatinya sangat mudah dan sederhana, sehingga bisa diterapkan oleh siapa saja. Adapun cara-cara menjaga mata tetap sehat seiring bertambahnya usia di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi ternyata memegang peran yang cukup penting dalam menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk untuk menjaga agar mata tetap terjaga. Berkaitan dengan ini, ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa Sobat Pintar konsumsi agar penglihatan selalu sehat, seperti makanan-makanan yang mengandung vitamin C dan E, omega 3, zinc, selenium dan juga lutein. 

Sebagai referensi, Sobat Pintar bisa mengkonsumsi sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, jeruk, susu, wortel, hingga blueberry. Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ini, maka gangguan mata terutama yang disebabkan oleh bertambahnya usia, seperti degenerasi makula atau katarak, dapat dicegah dengan lebih baik. 

2. Memeriksakan mata dengan rutin

Banyak yang tidak menyadari pentingnya memeriksakan kesehatan mata secara rutin. Hingga kini, kebanyakan dari kita hanya berkunjung ke dokter ketika sudah timbul masalah atau gangguan pada penglihatan. Padahal, dengan memeriksakan mata secara rutin, berbagai penyakit mata yang cukup parah dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dapat diambil langkah penanganan yang tepat sesegera mungkin. 

Pentingnya pemeriksaan mata juga dapat dilakukan untuk mendeteksi jenis penyakit tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan mata, seperti diabetes atau hipertensi. Baik pada anak-anak, remaja, maupun dewasa, pemeriksaan mata perlu dilakukan paling tidak sekali dalam 2 tahun. Pada usia lebih lanjut, pemeriksaan mata ini bahkan perlu dilakukan sekali untuk setiap tahunnya. 

3. Membatasi penggunaan gadget

Gadget memang telah membawa banyak hal positif ke dalam setiap aspek kehidupan manusia. Meskipun begitu penggunaannya yang terlalu lama dan berlebihan dalam hal ini hanya akan membuat mata menjadi lelah. Beberapa gejala yang mungkin dapat Sobat Pintar rasakan akibat hal ini adalah sakit kepala, sakit bahu dan punggung, nyeri leher, mata kering, hingga pandangan yang tampak kabur.  

Oleh karena itu, Sobat Pintar perlu mengistirahatkan mata jika sudah terlalu lama menatap layar gadget. Dalam hal ini Sobat Pintar bisa mencoba mengalihkan pandangan selama 20 detik untuk setiap 20 menit waktu yang digunakan untuk menatap gadget. Untuk pola yang lebih lama lagi, Sobat Pintar bisa mencoba mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit lamanya. 

4. Menggunakan kacamata dengan UV protector

Sobat Pintar tahu tidak bahwa ternyata, sinar UV yang berasal dari matahari ternyata tidak hanya dapat membahayakan kulit, akan tetapi juga dapat merusak mata, loh. Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko terkena katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Agar terhindar dari berbagai permasalahan tersebut, Sobat Pintar perlu menggunakan kacamata pelindung sinar UV. Perlu diperhatikan bahwa kacamata pelindung ini bukan sekedar kacamata yang memiliki lensa berwarna hitam saja, melainkan juga benar-benar memiliki UV protector, untuk melawan paparan sinar matahari langsung ke mata.

5. Menghentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok nyatanya dapat merusak banyak organ penting tubuh, seperti paru-paru, jantung, dan bahkan mata sekalipun. Hal ini terjadi karena asap rokok yang dihembuskan ternyata dapat mengenai mata dan meningkatkan risiko kerusakan saraf optik, hingga menyebabkan terjadinya katarak dan degenerasi makula. 

Untuk itu, segera ubah kebiasaan merokok ini, agar tidak semakin membahayakan kesehatan mata nantinya. Memang akan sulit, terutama bagi mereka yang sudah mengalami apa yang disebut dengan kondisi ketagihan akan merokok. Namun, dengan cara yang benar dan niat yang tepat, kebiasaan merokok bisa dikurangi secara perlahan. Semuanya demi kebaikan dan kesehatan tubuh Sobat Pintar sendiri, bukan?

Nah, itulah dia penjelasan mengenai bagaimana agar mata terjaga kesehatannya yang perlu Sobat Pintar ketahui. Dari beberapa poin di atas, kira-kira mana yang nampak sulit untuk diterapkan dalam aktivitas sehari-hari? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload