12 Jenis Kucing Paling Populer Di Dunia

08 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 10 Dec 2021

Cat Fanciers’ Association (CFA) telah menghimpun daftar berbagai macam kucing yang dikumpulkan dari seluruh dunia. Setidaknya, ada 46 jenis kucing di dunia yang diakui oleh organisasi ini. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memiliki kucing, kamu bisa cek 12 jenisnya yang sangat cocok untuk kamu jadikan peliharaan di rumah. Apakah jenis kucing favoritmu masuk dalam daftar di bawah ini? 

12 Jenis Kucing Paling Populer Di Dunia

1. Ragdoll

Dengan bulu halus panjang dan mata biru cerahnya, tidak heran jika Ragdoll menempati urutan teratas sebagai ras kucing paling populer selama tiga tahun berturut-turut. Sesuai dengan namanya, Ragdoll dikenal mudah merekat di tanganmu dan akan menerima semua cinta dan pelukan yang kamu berikan kepadanya. Kucing ini ramah dan cocok untuk anak-anak, kamu bisa menjadikan ragdoll sebagai peliharaan yang baik untuk seluruh keluarga di rumah.

2. Exotic

Meskipun kucing ini memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan jenis induknya, Persia, Exotic ternyata lebih populer. Bisa jadi popularitasnya disebabkan karena perawatannya yang cenderung lebih mudah. Perawatan minimal diperlukan agar kucing ini terlihat mewah. Dalam hal perawatan, setidaknya satu kali perawatan dengan menyikati bulu-bulunya harus dilakukan setiap minggunya.

3. Maine Coon Cat

Maine Coon Cat seringkali mendapat julukan “raksasa lembut” karena badannya yang besar. Seseorang yang belum pernah melihatnya mungkin akan terkejut karena melihat seberapa besar kucing ini, bahkan jantannya bisa tumbuh hingga mencapai 20 pon. Meskipun memiliki badan yang besar, Maine Coon Cat dianggap sebagai salah satu kucing paling ramah yang bisa kamu temui.

Baca juga: Cara Aman Memotong Kuku Kucing

4. Persia

Wajah datar dan bulu panjang yang menghiasi tubuhnya membuat kucing Persia populer menjadi salah satu kucing yang paling dikenal di seluruh dunia. Kucing Persia biasanya sangat manja dan merasa tenang ketika dipeluk di pangkuan. Bulu panjangnya membutuhkan perawatan yang konsisten dan harus disikat setiap hari untuk menghindari kusut yang bisa membuatnya tidak nyaman.

5. British Shorthair

Kucing jenis ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu jadikan peliharaan di rumah. British Shorthair sangat cocok menjadi teman dan menjadi salah satu kucing paling populer di dunia. Kucing kesayangan ini mirip dengan teddy bear baik dalam penampilan maupun perilaku. British Shorthair memiliki sifat yang santai dan sangat gemar bermain dengan manusia yang mereka sukai.

6. Devon Rex

Kucing Devon Rex sekilas tampak aneh, kadang dianggap mirip dengan alien luar angkasa. Namun, justru kucing yang tampak aneh ini akan membuatmu merasa bahagia dan tersenyum melihatnya. Kamu juga tidak akan pernah merasa kesepian jika bersama Devon Rex, kucing ini sangat setia kepada pemiliknya. Mereka benar-benar senang terhadap perhatian. Penampilannya yang menawan membuat manusia sulit lepas darinya. Jenis kucing ini ini paling suka berinteraksi dengan orang, hewan peliharaan lain, atau mainan yang ada di rumah, jadi pastikan untuk menyediakan lingkungan yang cocok dan jangan sering-sering meninggalkan mereka sendirian.

7. Abyssinian

Cerah, selalu waspada, dan sangat aktif, Abyssinian adalah salah satu kucing yang paling cerdas. Mereka ingin bersama orang-orang dan membantu mengawasi semua yang manusia lakukan. Abyssinian sangat ramah dengan kucing lain, hewan peliharaan lain, maupun anak-anak. Menjadi salah satu jenis kucing tertua yang diketahui, Abyssinian masih memiliki kharisma yang anggun selama berabad-abad, kucing ini paling dikenal karena warna tubuhnya yang mewah, tubuh yang lentur, dan telinga yang panjang.

8. American Shorthair

American Shorthair diperkirakan telah datang ke Amerika sejak lama, kemudian popularitasnya menyebar dengan cepat karena kemampuan mereka untuk membasmi tikus dan hama lainnya. Sekarang, mereka tetap menjadi kucing yang populer untuk keluarga di rumah dan dikenal sebagai hewan peliharaan yang penuh kasih sayang dan menawan di seluruh dunia. Meskipun awalnya dikenal sebagai kucing pemburu, memiliki tubuh berotot dan rahang berbentuk persegi, American Shorthair suka bermain dengan manusia maupun hewan lain serta mainan berbulu.

9. Scottish Fold

Dinamakan sesuai bentuknya, Scottish Fold dikenal sebagai kucing dengan telinga “terlipat” yang khas. Dipasangkan dengan mata bundar mereka, wajah kucing ini sering digambarkan seperti burung hantu. Scottish Fold cenderung lebih langka daripada kucing lain. Pembeli hewan peliharaan mungkin akan menemukan bahwa Scottish Fold yang bertelinga lurus lebih mudah tersedia daripada yang bertelinga “terlipat”.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tidak Dirusak Hewan Peliharaan

10. Sphynx

Jenis kucing ini berpotensi rendah menimbulkan alergi karena memang tidak memiliki bulu dan tubuh mereka botak. Sphynx adalah jenis kucing yang aktif dan harus memiliki banyak mainan yang tersedia untuk stimulasi mereka. Kucing ini mendapat stereotip yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selain membutuhkan pelatihan dengan baik. Karena mereka tidak berbulu, Sphynx membutuhkan perawatan yang berbeda. Mereka membutuhkan perawatan rutin karena minyak tubuh diserap melalui kulit tubuh, bukan bulu. Menyeka dan mandi secara teratur akan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

11. Turkish Angora

Turkish Angora adalah jenis kucing yang diyakini berasal dari Turki selama abad ke-15. Sebagian yang lain percaya bahwa kucing ini bermutasi memiliki mantel panjang dan halus untuk melindungi mereka dari iklim bersalju yang keras di Ankara (sebelumnya Angora). Turkish Angora mulai muncul dalam tulisan Prancis selama abad ke-16, sehingga diterima bahwa jenis ini mulai bergerak melalui Eropa pada akhir abad ke-15. Pada 1700-an, Turkish Angora diimpor ke Amerika.

12. Siamese

Terkenal karena bulunya yang mencolok, tiga warna, dan mata biru yang cerah, kucing Siamese adalah salah satu kucing paling populer di dunia saat ini. Mereka juga salah satu ras tertua yang berasal dari Asia. Siamese pernah dianggap bangsawan dan hanya bisa dimiliki oleh raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya. Saat ini, kucing ini banyak dikoleksi oleh orang-orang karena cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Nah, itulah beberapa jenis kucing yang paling populer dan jadi favorit para pecinta kucing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Setiap jenis kucing pasti memiliki pengalaman cerita masing-masing. Hal itu karena pada dasarnya setiap jenis kucing memiliki sifat dan karakteristiknya sendiri. Selamat memelihara kucing!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload