Berbagai Cara Mengusir Kucing Dengan Aman

15 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 22 Jun 2022

Bagi kebanyakan orang, kucing adalah hewan yang menggemaskan. Namun, tidak sedikit orang yang terganggu dengan keberadaan hewan yang lucu ini. Berbagai cara mengusir kucing pun dilakukan agar tidak mengganggu mereka lagi. Mereka yang mengusir kucing biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kucing yang suka membuang kotoran di sekitar rumah, mencuri makanan, hingga alergi dengan bulu kucing.

Sayangnya, tidak semua orang mengusir kucing dengan cara sembarangan. Mengusir kucing secara sembarangan berisiko membuatnya tersakiti dan terluka. Oleh karenanya, perlu diketahui beberapa cara mengusir yang tepat tanpa membuat kucing tersakiti.

Baca juga: Ragu Pelihara Kucing? Ini 7 Manfaat Pelihara Kucing Untuk Kesehatan

Buat kamu yang ingin mengusir kucing, ada beberapa cara yang dapat dilakukan tanpa menyakitinya. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan apabila terganggu akan keberadaan kucing.

1. Gunakan Alat yang Suaranya Dapat Menakuti Kucing

Kucing adalah hewan dengan telinga yang sangat sensitif terhadap suara. Biasanya kucing akan menghindar saat terganggu dengan suara-suara yang didengarnya. Nah, kamu dapat memanfaatkan alat-alat yang dapat menghasilkan suara yang dapat menakuti kucing.

Salah satu alat yang dimaksud adalah lonceng. Kamu dapat memasang lonceng di pagar, di sekitar teras, dan sebagainya. Pastikan tempat tersebut biasanya dilewati kucing sehingga lonceng dapat berbunyi.

2. Gunakan Sapu Lidi untuk Menakuti Kucing

Selain lonceng, kamu juga dapat menggunakan sapu lidi untuk mengusir kucing. Seperti yang sudah dijelaskan, telinga kucing sangat sensitif terhadap bunyi. Bunyi sapu lidi yang berisik saat digesekkan ke tanah atau lantai akan menakuti kucing.

Perlu diingat, cara mengusir kucing dengan sapu lidi adalah dengan memunculkan bunyi yang berisik, bukan dengan memukulnya. 

3. Menebar Aroma yang Dibenci Kucing

Tidak hanya telinga, hidung kucing pun cukup sensitif terhadap aroma-aroma tertentu. Aroma-aroma wangi sanga tidak disukai oleh kucing karena dapat menusuk hidung. Beberapa bahan berikut dapat menghasilkan aroma yang mengganggu penciuman kucing.

1. Lemon

Bahan pertama yang dapat kamu manfaatkan ialah lemon. Bau segar dari lemon justru tidak disukai oleh kucing karena dianggap terlalu tajam bagi hidung kucing.

2. Rosemary dan Thyme

Aroma tanaman herbal rosemary dan thyme juga tidak disukai oleh kucing. Bahan ini dapat kamu manfaatkan terlebih tidak akan menyebabkan reaksi apapun pada kucing. Kucing hanya akan menghindari dari aroma yang dikeluarkan kedua bahan tersebut.

3. Cabai

Aroma yang dikeluarkan cabai memang sangat kuat. Bahkan, manusia saja tidak cukup kuat dengan ketajaman aroma cabai. Begitu juga dengan kucing dan tidak jarang menyebabkan mata kucing menjadi pedih saat mencium aroma cabai.

4. Menthol

Berikutnya adalah aroma menthol. Kamu dapat menggunakan balsem, minyak kayu putih, dan sejenisnya karena mengandung menthol. Aroma menthol yang dikeluarkan akan membuat kucing menjauh.

5. Kapur Barus

Aroma wangi kapur barus juga tidak disukai oleh kucing. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan kapur barus untuk mengusir kucing. Pasalnya, kucing berisiko mengalami keracunan apabila menjilat kapur barus.

6. Lavender

Aroma terakhir yang tidak bersahabat dengan penciuman kucing adalah lavender. Sama seperti kapur barus, kamu juga perlu berhati-hati sangat menggunakannya. Hal itu karena kucing bisa mengalami reaksi, seperti mual, depresi, hingga gejala dermatitis.

Baca juga: Harga Kandang Kucing Bekas dan Murah Meriah

2. Gunakan Botol Plastik Berisi Air

Siapa sangka ternyata kucing takut dengan botol plastik berisi air. Cara mengusir kucing satu ini terbilang unik, tetapi banyak dilakukan oleh masyarakat Jepang, lho. Cara ini cukup efektif karena kucing takut dengan air yang berada di dalam botol plastik.

Tidak hanya itu, botol air yang terkena paparan sinar matahari juga dapat membiaskan cahaya. Cahaya tersebut juga ditakuti oleh kucing. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memasang botol plastik berisi air di teras untuk mengusir kucing tanpa membuat kucing tersakiti.

3. Hilangkan Jejak Kucing

Kucing dikenal sangat hafal dengan tempat yang pernah ia tempati, apalagi tempat ia membuang kotoran. Hal itu membuat kucing akan kembali ke tempat tersebut untuk kembali membuang kotoran.

Oleh karena itu, kamu dapat membersihkan tempat yang pernah disinggahi oleh kucing agar ia tidak kembali lagi. Cara membersihkannya cukup dengan pembersih lantai sampai benar-benar bersih. Kamu juga dapat menyemprotkan aroma-aroma yang tidak disukai kucing agar ia tidak membuang kotoran di sekitar rumah kamu lagi.

4. Menanam Tumbuhan yang Aromanya Dibenci Kucing

Cara mengusir kucing tanpa racun yang cukup efektif adalah menanam tumbuhan yang aromanya dibenci kucing. Setidaknya tiga tumbuhan berikut dapat kamu tanam untuk mengusir kucing.

1. Serai

Aroma segar yang dikeluarkan serai justru dibenci oleh kucing. Selain itu, serai yang kamu tanam juga dapat mengurangi adanya nyamuk dan serangga. Tidak hanya itu, serai juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan makanan.

2. Pennyroyal

Kucing sangat tidak menyukai aroma yang kuat. Pennyroyal adalah salah satu tumbuhan yang menghasilkan aroma yang kuat. Jadi, kamu dapat menanamnya di sekitar rumah agar tidak didekati kucing.

3. Helichrysum italicum

Tumbuhan ketiga yang aromanya tidak disukai kucing adalah helichrysum italicum. Tumbuhan ini memunculkan aroma pedas yang dapat mengganggu kucing dan hewan lain yang lewat.

5. Menyemprot Kucing dengan Air

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing sangat takut dengan air. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan air untuk mengusir kucing dari sekitar rumah.

Baca juga: Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tidak Nakal

Disarankan untuk menggunakan penyemprot agar air yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Dengan begitu, kucing tidak akan tersakiti.

6. Jauhkan Sumber Makanan

Apabila kamu pernah memberi makan kucing, jangan heran kalau kucing tersebut akan kembali lagi untuk meminta makanan. Pasalnya, kucing merasa dengan mudah mendapatkan makanan di tempat kamu tanpa bersusah payah mencari di luar.

Solusi agar kucing tidak mengganggumu lagi di rumah adalah dengan menjauhkan sumber makanan dari rumah. Kamu dapat memberi makan kucing di tempat yang jauh dari sekitar rumah.

7. Gunakan Obat Pengusir Kucing

Cara mengusir kucing tanpa racun yang terakhir adalah menggunakan obat pengusir kucing. Obat berupa bubuk ini mengandung bau urine predator kucing atau bau yang ditakuti kucing. Kamu dapat menabur obat ini di tempat-tempat yang sering didatangi kucing.

Perlu diperhatikan, sebaiknya kamu memilih obat pengusir kucing yang terbuat dari bahan alami. Hal itu bertujuan untuk menghindari keracunan pada kucing saat menjilatnya.

Buat kamu yang merasa terganggu dengan keberadaan kucing sangat bisa mencoba sembilan cara di atas. Cara mengusir kucing di atas dapat kamu pilih yang memiliki risiko terendah. Dengan demikian, cara tersebut lebih aman dan tanpa membuat kucing tersakiti.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download