Harga Kandang Kucing Bekas dan Murah Meriah

15 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu. Bisa menghibur sekaligus jadi teman untuk menemani pemiliknya di saat sepi. Nah jika ingin memelihara kucing, salah satu perlengkapan utama yang wajib ada yaitu kandang kucing. Ini dia artikel lengkap berserta Harga Kandang Kucing.

Kandang berfungsi sebagai tempat tinggal kucing. Sehingga harus memberikan kenyamanan karena hal ini bisa mempengaruhi perkembangan hewan peliharaan Anda.

Selain sebagai tempat tinggal, kandang kucing memiliki beberapa fungsi lain. Misalnya saja untuk menjaga kucing agar tidak berkeliaran dan pergi terlalu jauh. Untuk pemilik kucing baru, kandang juga berfungsi untuk mengenalkan hewan lucu tersebut terhadap rumah barunya sebelum akhirnya dilepas bebas dan berkeliaran di rumah.

Tak hanya itu, kandang juga bisa menjaga kucing saat sedang birahi. Bisa digunakan sebagai tempat beristirahat usai melakukan prosedur steril dan tempat persalinan kucing. 

Kandang ibarat rumah kecil bagi kucing Anda. Kandang yang nyaman memberikan banyak manfaat, baik untuk sang pemilik maupun kucingnya. Mengurus kucing pun jadi lebih mudah.

Baca juga: 7+ Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan 2022

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kandang kucing. Apa saja?

  1. Perhatikan umur kucing
  2. Sesuaikan ukuran dan berat kucing
  3. Perkirakan seberapa sering kucing berada di dalam kandang
  4. Perhatikan apakah kandang akan diletakkan di dalam atau di luar rumah

Berapa harga kandang kucing?

Harga kandang kucing sangat beragam tergantung dengan desain dan ukurannya. Ukurannya juga bermacam-macam menyesuaikan dengan umur dan ukuran kucing itu sendiri. Berikut beberapa ukuran kandang kucing yang paling umum:

  1. 60 x 40 x 50 cm
  2. 46 x 32 x 39 cm
  3. 60 x 42 x 90 cm
  4. 75 x 45 x 55 cm
  5. 75 x 45 x 110 cm
  6. 60 x 42 x 50 cm
  7. 75 x 50 x 100 cm
  8. 75 x 50 x 50 cm
  9. 90 x 60 x 70 cm
  10. 95 x 60 x 47 cm

Kandang kucing biasanya dibanderol dari harga Rp 200 ribuan hingga Rp 3 jutaan. Semakin banyak tingkatnya, semakin besar ukurannya maka semakin mahal harganya. 

Jika budget yang Anda miliki belum cukup untuk membeli kandang kucing baru, maka kandang kucing bekas bisa jadi pilihan terbaik. Tidak sulit untuk mendapatkan kandang kucing bekas. 

Baca juga: Rekomendasi Buku Self-Improvement Terbaik

Anda bisa mencari kandang bekas di sejumlah e-commerce. Harganya pun relatif murah. Untuk ukuran 45 x 35 x 40 cm dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Sedangkan untuk ukuran 52 x 34 x 40 cm dijual dengan harga Rp 113 ribu.

Jenis-jenis kandang kucing

Setiap kandang kucing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada kandang yang di dalam rumah dan ada pula kandang yang digunakan untuk mengembangbiakkan kucing dalam jumlah yang besar. Agar tidak salah pilih, berikut jenis-jenis kandang kucing:

  1. Kandang untuk sehari-hari

Tujuan utama kandang adalah sebagai tempat tinggal kucing. Di situ lah kucing tidur, makan dan minum. 

Ukuran standar kandang kucing di dalam rumah biasanya adalah 150 cm x 80 cm. Tidak perlu besar dan luas, yang penting kucing merasa nyaman. Apalagi saat pemiliknya sedang tidak berada di rumah.

  1. Kandang untuk beternak

Beda dengan kandang kucing sehari-hari, kandang yang digunakan untuk beternak harus memiliki ukuran yang luas dan besar. Kandang untuk beternak biasanya didesain sedemikian rupa menyesuaikan dengan keinginan si peternak kucing.

Menurut standar CFA, ukuran kandang kucing yang digunakan untuk beternak adalah 4 x 6 m2. Jumlah kucing maksimal di dalam kandang adalah 12 ekor.

Baiknya, kandang dibuat terpisah dan didesain dengan tata ruang yang baik. Selain itu, harus memiliki ventilasi udara yang baik. Tujuannya agar tidak terjadi penularan saat salah satu kucing terserang virus atau penyakit berbahaya. 

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan! Jangan menggabungkan kucing jantan dewasa di dalam satu ruangan agar tidak terjadi perkelahian dan perebutan teritori antar kucing dewasa. 

  1. Kandang tingkat

Biasanya, kandang tingkat memiliki ukuran 60 x 42 x 76 cm. Ukurannya memang tidak besar, namun karena jenis tingkat jadi bisa digunakan untuk dua ekor kucing. 

Pilihlah kandang tingkat jenis HP1. Kandang ini termasuk jenis yang fleksibel dan mudah disimpan dengan cara dilipat.

  1. Kandang C-222

Kandang tipe C-222 merupakan jenis kandang yang lumayan besar. Kandang ini memungkinkan hewan peliharaan Anda bisa bergerak bebas di dalamnya.

Biasanya, kandang C-222 memiliki ukuran 91 x 56 x 130 cm. Ukurannya lumayan besar dan kandang jenis ini juga memiliki dua tingkat.

Selain itu, ada tempat tidur gantung atau hammock yang bisa digunakan oleh kucing untuk tidur dengan nyaman. Kelebihan lainnya adalah kandang C-222 memiliki roda di bagian bawahnya. Sehingga sangat mudah untuk dipindahkan ke tempat lain.

  1. Kandang custom

Bosan dengan model kandang kucing yang itu-itu saja? Anda bisa memilih kandang custom.

Jenis kandang yang satu ini bukan jenis pabrikan seperti kandang besi pada umumnya. Namanya saja custom, jadi didesain sesuai dengan keinginan Anda.

Umumnya, kandang custom menggunakan rangka aluminium dengan penggunaan keramik pada bagian alas. Penggunaan keramik di bagian alas memudahkan pemilik kucing untuk membersihkan tumpahan minuman, makanan atau muntahan kucing. 

Kandang ini memiliki satu tingkat atau rak. Lalu bagian bawahnya ada penempatan untuk kotak pasir. Ada kaca di bagian pintu depan sehingga membuat kandang ini terlihat elegan dan cantik.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Parfum Pria

Pakai kandang bekas untuk kucing, aman nggak sih?

Kandang bekas memang jadi penyelamat untuk pemilik kucing yang memiliki budget pas-pasan. Namun sebelum bergegas memilih dan membeli kandang kucing, perhatikan faktor keamanan dan kesehatan jangka panjang untuk kucing Anda.

Biasanya, kandang bekas pemakaian hewan lain bisa membawa penyakit pada hewan Anda jika tidak dibersihkan dengan baik. Ada baiknya, pemilik membersihkan kandang bekas terlebih dahulu sebelum digunakan oleh hewan peliharaan.

Cara membersihkan kandang kucing bekas

  1. Cuci tangan sebelum membersihkan kandang kucing dan pakailah sarung tangan sekali pakai.
  2. Buang semua sampah dan kotoran di dalamnya.
  3. Gunakan cairan pembersih dan sikat bagian lantai, dinding serta besi-besi sudut kandang. Gunanya untuk membersihkan kotoran kering yang menempel pada kandang.
  4. Siram dengan cairan pemutih yang dicampur dengan air agar bakteri, virus, jamur dan parasit yang ada di dalam kandang mati.
  5. Bilas kandang hingga bersih.
  6. Semprot dengan cairan desinfektan untuk membunuh sisa-sisa kuman atau bakteri yang menempel.
  7. Biarkan kandang kering. Jangan buru-buru menempatkan kucing di dalam kandang yang lembab karena bisa berisiko terkena jamur.

Jika menemukan warna kusam pada kandang kucing bekas, kemungkinan ada bagian yang berkarat. Anda bisa mengecat ulang dan mengeringkannya selama 3 hari.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download