Cara Melatih Kucing Agar Patuh Dan Tidak Nakal

01 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 22 Mar 2022

Kucing merupakan makhluk hidup yang sangat independen. Para riset menemukan fakta bahwa meski manusia telah merawat kucing lebih dari 100 tahun, kucing masih termasuk hewan yang setengah jinak. Ini dia cara melatih kucing.

Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat disukai oleh sebagian banyak orang. Tampang mukanya yang menggemaskan dan juga tingkah uniknya membuat orang terkagum dengan kelakuan si kucing.

Menurut sebagian orang, kucing tidak bisa jadi penurut dan patuh seperti halnya anjing. Kucing memang hewan yang unik seringkali cuek, tidak mau dielus, susah diatur namun ketika mereka lapar akan berubah menjadi hewan yang sangat manis.

Misalnya saja mereka suka mencakar ataupun meraung ketika bertemu orang baru. Hal ini karena kucing perlu pendekatan terlebih dahulu agar jadi kucing yang penurut.

Jangan khawatir jika kucing Sobat Pintar susah diatur, Sobat Pintar bisa kok mengajari kucing agar patuh. Berikut ini akan kita bahas bagaimana sih cara agar kucing bisa patuh kepada kita.

Yuk kita simak bersama cara-cara dibawah ini agar kucing kita senantiasa menjadi kucing yang patuh dan manis agar disukai banyak orang.

Baca juga: Ragu Pelihara Kucing? Ini 7 Manfaat Pelihara Kucing

Cara Melatih Kucing Agar Patuh Dan Tidak Nakal

1. Sering Mengelus Kucing

Bagaimana cara agar kucing tidak nakal? Gampang banget loh ternyata. Yang pertama, biasakan untuk memangku mereka kemudian elus secara lembut. Kucing sangat suka dielus-elus terutama pada bagian leher, dagu dan kepalanya. Mengelus kucing bisa meningkatkan kedekatan emosional antara si kucing dan pemilik.

Salah satu tanda bahwa kucing merasa nyaman adalah ketika si kucing sudah memejamkan matanya. Hal itu akan membuat kucing merasa diperhatikan. Akan tetapi kita juga harus pandai menganalisa bahasa tubuh si kucing. Karena tidak jarang kucing tidak mood untuk dibelai.

Tanda-tanda kucing tidak ingin disentuh adalah telinganya menyamping, ekornya bergerak-gerak secara agresif dan mata membesar. Jika kucing sudah memberikan gelagat seperti ini sebaiknya berikan ruang bagi si kucing untuk bermain sendiri.

2. Melatih Kucing Sejak Kecil

Kunci cara menjinakkan kucing adalah dengan melatih mereka sejak kecil. Jika sudah terbiasa dengan aturan sejak dini, maka kucing akan dengan mudah jinak kepada pemiliknya. Sebagai contoh, jika kucing dibiasakan sejak kecil untuk buang air dikamar mandi makan kebiasaan itu akan selalu kucing lakukan setiap hari. Sangat memudahkan pekerjaan kita bukan?

3. Memandikan Kucing Dengan Air Hangat

Ini adalah bagian yang sangat penting. Seperti yang kita ketahui, kucing sangat sensitif terhadap air. Bahkan bisa melukai kita jika kita memandikan nya dengan cara kasar atau memaksa kucing tersebut. Cara pertama adalah dengan menggendong dan mengelus kucing agar merasa nyaman.

Kemudian siramkan air hangat ke badan kucing secara perlahan, hal ini akan mengurangi keagresifan si kucing. Nah setelah itu berikan shampo pada badan si kucing dan pijat secara perlahan. Membersihkan busa sabunnya pun harus sangat pelan agar si kucing tetap merasa aman. Setelah selesai membersihkan sisa sabun, gendong kucing secara perlahan dan keringkan menggunakan handuk atau bisa juga menggunakan hair dryer.

4. Memberikan Hadiah Berupa Makanan Ataupun Catnip

Ketika kita melatih kucing, sebaiknya kita berikan hadiah berupa makanan yang kucing kita sukai, atau juga bisa berupa catnip. Hal ini bisa diterapkan untuk kucing ras jenis Anggora, Persia maupun jenis kucing kampung. Ini akan membuat kucing merasa diperhatikan.

5. Mengajak Kucing Bermain

Jika Sobat Pintar mempunyai kucing yang sangat aktif, Sobat Pintar bisa mengajaknya bermain setiap hari agar menjadi rutinitas. Hal ini akan memudahkan kalian untuk cepat akrab dengan si kucing. Tentunya akan lebih mudah juga menjinakkan kucing peliharaan dirumah.

6. Melatih Buang Air di Litter Box

Banyak sekali cara untuk melatih kucing agar mereka tidak pup sembarangan. Selain bisa mengajari mereka untuk buang air di toilet bisa juga dengan menaruh kotak pasir di dekat tempat kucing bermain. Secara naluri mereka akan menggunakan kotak pasir untuk buang air besar maupun kecil.

Baca juga: Cara Memotong Kuku Kucing Dengan Aman

7. Tidak Menghukum Kucing

Berikan larangan kepada kucing, ini menjadi bagian cara melatih agar kucing tidak agresif. Jika kucing salah sebaiknya jangan dihukum, cukup berikan belaian dan tunjukkan gerakan melarang agar kucing tidak marah.

8. Memberi Nama si Kucing

Nah apakah Sobat Pintar sudah punya nama panggilan untuk kucingmu? Ini penting banget loh, beri kucing kalian nama yang pendek saja ya agar mudah dimengerti. Sobat Pintar bisa membiasakan memanggil nama mereka setiap hari, perlahan mereka akan mengerti.

9. Memberi Durasi Latihan Yang Pendek

Sangat dianjurkan untuk memberikan sesi latihan kucing secara singkat karena kucing memiliki rentang perhatian yang pendek.

Jika Sobat Pintar ingin melatih kucing memijat, bersalaman atau aktivitas yang lainnya. Ajarkan dengan durasi yang pendek saja, agar si kucing tidak cepat bosan.

Purina, perusahaan yang memproduksi makanan hewan menyarankan agar sesi latihan tidak lebih dari 15 menit agar si kucing tidak cepat lelah.

10. Mengulang Latihan Secara Rutin

Cara menjinakkan kucing yang agresif perlu dilakukan latihan secara rutin. Sobat Pintar bisa mengajarkan mereka menggunakan litter box, bermain dengan pelatihan secara rutin setiap hari.

11. Memberi Mainan Favorit Kucing

Coba sesekali berikan mainan yang menarik dan disukai oleh kucing kalian. Kucing cenderung suka berbuat iseng dan juga menyenangkan jika diajak bermain. Hal ini bisa menjadi cara untuk melatih si kucing agar pintar dan jinak.

Baca juga: 12 Jenis Kucing Paling Populer Di Dunia

12. Memberikan Makanan Kesukaan Si Kucing Dengan Tangan

Yang satu ini cara yang sangat mudah bukan? Salah satu langkah yang mudah untuk menjinakkan kucing baru atau kucing anakan adalah dengan memberi mereka makan menggunakan tangan kita. Gunakan makanan kering atau makanan sachet dan belai kepala si kucing ketika sedang memberikan makanan. Hal ini akan membuat kucing cepat jinak.

13. Memberikan Makanan Secara Teratur

Banyak cara agar kucing kita cepat gemuk. Yaitu dengan memberi mereka makanan secara teratur, ini juga melatih agar kucing tidak mencuri makanan.

Biasanya kucing akan terlihat sangat manis dan patuh ketika meminta makanan, beri mereka variasi makanan yang berbeda agar tidak bosan. Misal pagi beri nasi dengan campuran ikan dan di siang hari beri mereka makanan kering. Jangan lupa juga sediakan air minum di dekat tempat makanan kucing ya Sobat Pintar.

14. Gunakan Clicker Untuk Melatih Kucing

Sama seperti anjing, clicker juga bisa kita gunakan untuk melatih kucing. Clicker merupakan latihan yang dibarengi dengan pemberian hadiah.

Misalnya, jika kita ingin mengajari kucing duduk, klik clicker setelah mereka duduk lalu berikan cemilan kecil untuk mengapresiasi usaha si kucing.

Wah cat lovers, ternyata banyak sekali ya cara yang dapat kita lakukan untuk melatih agar kucing kita jinak, patuh dan tidak nakal. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download