Cara Memotong Kuku Kucing Dengan Aman

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Anda butuh informasi tentang cara memotong kuku kucing yang benar? Salah satu langkah perawatan kucing adalah dengan cara potong kukunya secara teratur. Waktu yang disarankan adalah setiap 2 hingga 4 minggu sekali atau tergantung kebutuhan.

Cara Memotong Kuku Kucing Dengan Aman

Kuku merupakan senjata utama bagi kucing selain taringnya. Kucing menggunakan kukunya tersebut untuk memanjat serta mencakar dengan mudah. Namun, sebagian besar orang yang memelihara kucing biasanya resah karena kuku hewan tersebut saat terlalu panjang dapat merusak perabotan rumah.

Solusinya adalah dengan potong kuku kucing secara rutin. Tapi ingat ,Anda juga harus tetap mencari cara yang aman dan benar. Jangan malah mencabut kukunya sehingga membuat kucing kesakitan. Salah memotong kuku kucing pun bisa berakibat fatal seperti pendarahan. Sebagai panduan Anda, berikut cara memotong kuku kucing paling aman dan tepat yang bisa dicoba:

Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman

Cara Memotong Kuku Kucing Dengan Aman
  • Siapkan Dulu Peralatannya

Langkah pertama adalah Anda harus menyiapkan dulu semua peralatannya. Selain gunting kuku, Anda juga harus menyiapkan handuk, serta obat. Handuk bisa Anda gunakan untuk membalut kaki kucing supaya kucing Anda merasa nyaman. Sedangkan obat perlu Anda siapkan untuk berjaga-jaga jika kuku kucing sampai berdarah.

Khusus untuk gunting kuku kucing perlu sedikit perhatian. Pastikan menggunakan gunting kuku yang tajam dan sesuai dengan kuku kucing. Biasanya, gunting kuku kucing ini bentuknya cukup kecil, sehingga tidak menyakiti hewan tersebut. Bahkan di pasaran disediakan gunting kuku kucing berdasarkan ukuran dan umur.

Selain gunting khusus untuk kucing, biasanya orang menggunakan gunting jenis guillotine. Gunting jenis ini diperuntukkan bagi kuku kucing yang agak tebal dan keras. Bentuk alat ini cukup unik, dilengkapi dengan cincin oval tempat kuku kucing dimasukkan nanti. Jika memilih alat ini, jangan lupa pastikan pisaunya tajam supaya tidak membuat kuku kucing hancur.

  • Tentukan Tempat Yang Tenang Dan Nyaman

Setelah menyiapkan segala peralatannya, langkah berikutnya adalah menentukan tempat untuk menggunting kuku kucing. Pastikan Anda potong kuku kucing di tempat yang tenang dan nyaman. Usahakan yang memotong kuku kucing hanya satu orang. Jangan bergantian atau lebih dari satu orang karena berpotensi membuat kucing panik dan tidak nyaman.

Sebelum mulai memotong kuku kucing, sebaiknya Anda membelainya terlebih dahulu. Selain itu, supaya lebih membuatnya tenang, Anda bisa menyisir bulunya sebelum memotong kukunya. 

  • Pijat Lembut Dan Tekan Telapak Kaki Kucing

Masih dalam kondisi kucing tenang, langkah berikutnya adalah mulai pijat lembut telapak kakinya. Caranya adalah, genggam dengan lembut kaki kucing menggunakan handuk tadi, lalu tekan bagian bantalannya. Baru dengan begitu, kuku kucing akan keluar sepenuhnya. 

Mengeluarkan semua bagian kuku kucing ini akan mempermudah Anda saat akan memotongnya. Saat menekan bantalan kaki kucing, ada baiknya gunakan jari jempol dan telunjuk supaya lebih mudah. 

Menekannya pun tidak boleh terlalu keras. Cukup lakukan dengan pelan dan lembut. Dengan begitu, kucing akan tetap merasa nyaman. Tidak malah panik, dan berujung pada sulitnya Anda memotong kukunya. 

  • Potong Bagian Kuku Yang Tepat

Yang tidak kalah penting adalah Anda harus memotong bagian kuku yang tepat dan benar. Bagian kuku kucing yang dipotong adalah area tajam saja. Pastikan juga jangan memotongnya terlalu dalam. Apabila Anda memotong kuku Anda terlalu dalam, pastinya Anda merasa kesakitan, bukan? Sama halnya dengan kucing. 

Jangan sampai Anda justru memotong hingga bagian kuku kucing yang berwarna pink. Sebab, pada bagian itu terletak pembuluh darah dan syaraf. Akan sangat berbahaya sekali jika akhirnya terpotong, karena berpotensi melukai hewan tersebut dan terjadi pendarahan. 

Bagian kuku kucing ini sering disebut sebagai area Quick. Kuku kucing yang perlu dipotong biasanya punya warna semi transparan. Pada umumnya akan ada jarak cukup jauh antara kuku kucing dengan area Quick tersebut.

  • Gunting Dengan Cepat Dan Yakin

Cara memotong kuku kucing yang tidak kalah penting adalah pastikan mengguntingnya dengan cepat dan yakin. Saat Anda menggunting kuku kucing, hindari bersikap tidak yakin dan takut. Sikap seperti itu justru berpotensi membuat kuku kucing hancur karena tidak tepat sasaran.

Rata-rata kecelakan terjadi karena Anda tidak sengaja memotong bagian Quick tadi. Apabila sudah yakin, maka jangan ragu untuk segera mengguntingnya dengan cepat.

Tips Saat Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing Dengan Aman
  • Selalu Hati-Hati

Dari sekian cara yang dapat Anda lakukan ketika harus memotong kuku kucing, yang paling penting untuk diperhatikan adalah kehati-hatian. Menggunting atau memotong kuku kucing adalah hal yang berhubungan dengan kesehatan dari hewan tersebut. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk selalu berhati-hati dalam setiap langkahnya.

Anda pasti tidak mau bukan, kucing peliharaan Anda sakit hanya karena kurang hati-hati ketika memotong kukunya? Apabila merasa tidak terlalu yakin, ada baiknya serahkan saja pada ahlinya. Biasanya para dokter hewan atau pet shop punya ahli khusus yang dapat menanganinya. Bila ingin melakukannya sendiri, ingat hati-hati adalah prioritas utama.

  • Perhatikan Waktu Paling Ideal Untuk Gunting Kuku Kucing

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk menggunting kuku kucing. Memotong kuku kucing memang harus rutin sebetulnya. Tapi, Anda juga perlu memilih waktu yang tepat. Idealnya, kuku kucing harus dipotong setiap 2 sampai 4 minggu sekali. Paling tidak, Anda harus melakukannya setiap satu bulan sekali.

Memotong kuku kucing selama 2 minggu sekali sangat disarankan. Sebab, kuku kucing pada umumnya akan runcing kembali setelah 2 minggu. Rajin-rajin memotong kukunya adalah pilihan terbaik untuk memastikannya tetap rapi dan sehat.

  • Berikan Hadiah Jika Berhasil Menggunting Kuku Kucing

Sama seperti manusia, hewan seperti kucing pun akan mudah senang jika diberikan hadiah. Pada umumnya, orang-orang akan memberikan hadiah sebelum memulai langkah memotong kuku kucing. Hal ini wajar dilakukan, supaya membuat kucing jadi jauh lebih tenang. Namun, ada baiknya memberikan hadiah tidak hanya saat memulai saja.

Anda juga harus kembali memberikan hadiah ketika proses menggunting kukunya selesai. Hal ini akan membuat kucing tidak rewel saat nanti harus kembali dipotong kukunya di masa depan. Hadiahnya cukup beri makanan kucing kesukaannya, di wadah tempat makan yang biasa digunakan. Bagaimana? Informasi tentang cara memotong kuku kucing yang aman dan benar di atas mungkin bisa Anda jadikan bahan referensi. Sepertinya tidak begitu sulit untuk melakukan langkah-langkahnya. Jika Anda berhasil mencobanya, kemungkinan besar kuku kucing peliharaan Anda akan terjaga kesehatannya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download