Tips Merawat Tanaman Hias

25 Mar 2021 by Laruan, Last edit: 25 Mar 2021
tips merawat tanaman hias

Hobi tanaman hias dewasa ini kembali menjadi trend, munculnya pandemik Covid-19 yang disikapi oleh pemerintah dengan memberlakukan pembatasan sosial, menyebabkan banyak orang yang harus lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tinggal di rumah.

Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang, yang di rumah saja untuk menyalurkan hobi mereka kepada tanaman hias. Hobi tanaman hias tidak saja cocok untuk mengisi waktu selama berada di rumah, tetapi juga menjadi peluang usaha baru yang dapat mendatangkan penghasilan.

Semenjak informasi berkembangnya hobi tanaman hias di tengah masyarakat, melalui berbagai media, tidak sedikit orang mencoba untuk memelihara tanaman hias untuk dijual kembali.

Agar tanaman hias dapat tumbuh sehat dan indah, berikut ini beberapa tips merawat tanaman hias direkomendasikan kredit pintar, penyedia layanan pinjaman uang online resmi OJK.

1.    Kenali Jenis Tanaman Hias

Banyak jenis tanaman hias yang berasal dari berbagai jenis tanaman dari tempat yang berbeda-beda, yang mana setiap jenis tanaman memerlukan perawatan yang berbeda agar dapat tumbuh subur.

Oleh karenanya, sebelum berlanjut pada cara merawat dan menangani, tips merawat tanaman hias yang pertama adalah mengenali terlebih dahulu jenis tanaman hias yang kamu miliki, dengan demikian kamu dapat mengetahui kondisi lingkungan yang sesuai untuknya.

Dengan mengetahui jenis dan kondisi yang sesuai untuk tanaman hias yang ada, maka perawatannya dapat menjadi lebih mudah. Misalnya jenis Kaktus, memerlukan tempat kering dengan banyak cahaya matahari, sedangkan jenis keladi memerlukan tempat lembab yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Pada dasarnya kondisi yang sesuai untuk suatu jenis tanaman adalah yang mendekati dengan tempat asal tanaman tersebut di alam liar. Sehingga perawatan yang dilakukan selain memberikan makanan yang cukup bagi tanaman hias tersebut, juga memberikannya lingkungan yang nyaman baginya untuk tumbuh subur.

2.    Sesuaikan Media Tanam

Setelah mengetahui jenis tanaman yang kamu miliki, tips merawat tanaman hias selanjutnya adalah menyesuaikan media tanam yang sesuai dengan tanaman hias tersebut.

Misalnya tanaman jenis kaktus menyukai media tanam kering yang sedikit berpasir, media tanaman yang menyimpan air akan mendatangkan resiko kerusakan pada akar maupun batang mereka.

3.    Memberikan Cukup Air

Mengairi tanaman hias adalah hal selanjutnya yang perlu perhatian dalam pelaksanaannya, sebab tiap jenis tanaman memiliki kebutuhan air dan jenis media tanaman yang berbeda, sehingga cara menyiramnya harus disesuaikan.

Misalnya, tanaman hias jenis keladi menyukai banyak air, namun media tanamnya yang gembur tidak boleh disiram langsung agar tidak terkikis, yang dapat mengganggu akarnya. Untuk itu menyiramnya tidak langsung mengenai media tanaman, tetapi dialirkan terlebih dahulu ke batang maupun daunnya.

4.    Mendapat Cukup Cahaya Matahari

Sebagian besar tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga kekurangan sinar matahari dapat membuat pertumbuhannya terganggu bahkan dapat membuatnya mati.

Tetapi tidak semua jenis tanaman hias kuat terkena cahaya terik langsung, biasanya tanaman dengan daun lebar dan batang lunak seperti keladi, tidak kuat jika terkena cahaya matahari secara langsung.

Untuk itu penempatannya perlu disesuaikan, misalnya, tanaman yang tidak kuat terkena cahaya terik, ditempatkan di bawah tempat rindang atau di teras yang teduh saat tengah hari. Sebaliknya tanaman yang membutuhkan cahaya terik, seperti beberapa jenis kaktus, perlu ditempatkan pada lokasi yang terbuka agar terkena cahaya matahari secara langsung.

5.    Pemberian Pupuk dan Pemangkasan

Seperti halnya makhluk hidup lainnya, tanaman hias dapat merespon perhatian yang kamu berikan. Untuk itu kamu perlu memperhatikan tanaman hias yang kamu miliki dengan memberinya suplemen berupa pupuk dan melakukan pemangkasan ranting maupun dahan yang sudah layu atau mati.

Dengan demikian tanaman hias yang kamu miliki akan merespon secara positif dengan tumbuh subur dan menawan.

Layanan Pinjaman Uang Resmi OJK – Kredit Pintar

Merawat tanaman hias merupakan hobi yang dapat menghasilkan uang, apabila berjalan lancar. Agar hobi kamu dapat tersalurkan dengan baik, selain perlu modal, juga perlu ketekunan dalam merawat tanaman yang kamu miliki. Kalau kamu kekurangan modal untuk merawat tanaman hias, jangan ragu untuk memakai kredit pintar, aplikasi pinjaman uang online yang sudah resmi terdaftar di OJK.

kredit pintar
25 Mar 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download