Ini Jenis Ikan Koi Yang Perlu Kamu Tahu

11 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 20 Apr 2022

Ikan koi begitu disukai karena warna yang bervariasi. Corak yang beraneka ragam menandakan banyaknya jenis ikan koi yang dapat Anda pelihara. Ditambah lagi ikan jenis ini dapat dipelihara hingga mencapai ukuran yang besar.

Ikan koi berasal dari daerah Niigata, Jepang. Nama ikan koi berasal dari kata Nishiki dalam bahasa Jepang yang artinya sesuatu yang indah atau anggun. Seiring berjalannya waktu, ikan koi menjadi ikan hias yang dipelihara di dalam kolam taman.

Jenis Ikan Koi

Beberapa Jenis Ikan Koi

Di Indonesia pada umumnya jenis ikan koi yang paling disukai adalah Kohaku, Showa dan Sanke. Padahal banyak sekali jenis ikan koi. Berikut adalah beberapa jenis ikan koi yang disajikan Kredit Pintar.

Baca juga: Harus Tahu, ini Cara Mengatasi Pemanasan Global

Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku merupakan spesies koi dengan warna tubuh putih dengan corak kemerahan di atasnya. Ciri-cirinya yakni nampak seperti sapi berwarna putih-merah. Kohaku cukup populer. 

Koi jenis Kohaku begitu populer. Banyak peminat koi memeliharanya di kolam mereka. Bagaimana dengan harganya? Harga koi untuk varian ini mencapai Rp. 200.000, kisaran harga tersebut terbilang cukup murah.

Ikan Koi Tancho (Rp700.000 – Rp1.000.000)

Koi Tancho merupakan salah satu jenis ikan koi unik yang banyak peminat. Sebagian besar jenis tancho berwarna dasar putih dengan corak bulat jingga tepat di dahinya.

Tancho lain berwarna dasar tidak putih dan corak tambahan di tubuhnya.

Ikan Koi Tancho Kujaku

Jenis Kujaku ini memiliki titik-titik hitam di bagian warna putih pada tubuhnya. Sirip titik hitamnya juga hampir merata di seluruh tubuh bagian atas dan samping. Pada bagian perut bawahnya masih berwarna putih susu. Koi ini dibanderol Rp. 700.000/ ekor.

Ikan Koi Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke, hampir sama dengan jenis Kohaku. Hanya saja untuk jenis taisho sanke memiliki kekhasan yakni cantiknya corak hitam pada bagian atas. 

Ketiga warna yang dimiliki pada jenis ini adalah hitam, merah dan hitam digabungkan. Karakter dari jenis koi ini adalah tidak sulit ditemukan. Harganya Rp. 300.000.

Ikan Koi Kin Showa

Koi Kin Showa, yang mana memiliki bentuk atau ciri tubuh disertai corak hitam warna putih. Sekilas tampak ada selaput putih yang menutupi sekujur badan. 

Harganya adalah Rp. 500.000/ ekor.

Ikan Koi Chagoi 

Jenis ikan koi Chagoi memiliki corak polos dengan warna khas. Sebagian besar tubuh ikan koi ini berwarna kuning keemasan atau hampir seperti kuning kunyit. 

Bentuk siripnya terdapat corak kehitaman dengan kombinasi warna khasnya. Rata-rata ikan koi jenis ini dibanderol Rp.200.000 – Rp.400.000.

Baca Juga: Cara Menanggulangi Pencemaran Air dan Penyebabnya

Ikan Kumpay Slayer

Kumpay slayer sering disebut sebagai koi butterfly. Hal ini disebabkan siripnya yang panjang dan indah seperti halnya kupu -kupu.

Tidak mengherankan jika koi butterfly tergolong paling mahal. Harganya berkisar Rp1,5 juta-Rp2 juta.

Ikan Koi Ogon

Karakteristik dari ikan Koi Ogon ini sangat memukau warnanya yakni kuning keemasan. Varian ikan Koi Ogon sudah ditemukan sejak tahun 1946. Jika dirunut, koi ini adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis koi Shiro-Fuji. 

Pada awal percobaan memang belum sepenuhnya menghasilkan warna emas seluruh tubuhnya, akan tetapi setelah 6 kali generasi keturunan dari koi yang dikawinkan itu, terciptalah Ogon emas super eksotis dengan harga Rp. 1.500.000/ ekor.

C:\Users\Hi\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.MSO\8EBFEB3F.tmp

Ikan Koi Ki Utsuri

Koi Ki Utsuri memiliki warna gabungan jingga dan hitam. Karakter dari jenis koi ini adalah warna dasarnya jingga serta hitam sebagai coraknya yang berpadu cantik. Sirip ikan ini warnanya gelap. Badannya memiliki ukuran mungil. 

Jenis Utsuri lain bisa berwarna jingga kemerahan. Sedangkan kebanyakan yang jingga atau orange adalah yang tidak sulit ditemukan. Harga Ikan Koi Ki Utsuri yakni Rp. 850.000/ ekor.

Ikan Koi Shusui Asagi

Jenis ikan Koi Shusui Asagi memiliki tubuh dengan corak warna putih dan ada bercak polkadot sisi hitam yang menjari pada bagian punggungnya. Ciri khasnya, siripnya berwarna oranye.

Pada bagian dekat ekor juga terdapat sedikit warna jingga yang membuatnya memukau. 

Harga Ikan Koi Shusui Asagi yakni Rp. 600.000/ ekor.

Ikan Koi Ai Goromo

Ikan Koi Ai Goromo merupakan jenis ikan koi yang memiliki tubuh dengan warna dominan putih. Ada pula corak oranye disertai tutul-tutul hitam. Siripnya warna putih susu, dan bola matanya tidak nampak karena warna putih susu juga, sebagaimana warna kulit di dekat matanya.

Harga Ikan Koi Ai Goromo dibanderol Rp. 600.000.

Jual Ikan Koi Koromo - Jual Ikan Koi Berkualitas

Ikan Koi Aka Bekko

Jenis ikan koi ini memiliki warna dasar kulit yang lebih oranye. Ikan ini sangat mirip ikan Karper, atau ikan mas. Corak hitamnya sebagian besar berada di area tubuh pada bagian atas dan sedikit menyamping, sepanjang punggung. 

Ikan Koi Aka Bekko ini juga menjadi spesies yang paling diminati, satu ekornya dibanderol Rp. 500.000.

Ikan Koi Kumonryu 

Karakteristik yang menarik dari ikan ini adalah warna dasarnya, yakni berwarna putih. Di permukaan tubuhnya terdapat corak berwarna gelap. Kombinasi itu menambah kesan misterius pada ikan ini. Harga ikan jenis ini Rp600 ribu-Rp700 ribu.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi Shiro Utsuri memiliki gabungan warna hitam menyala dengan putih tulang yang sangat menarik. Ditambah lagi, bentuk siripnya juga menarik sebagaimana jenis lainya. Para pengoleksi ikan koi begitu menginginkan koi jenis ini. Tidak lain tidak bukan karena keelokan coraknya. Biasanya harga ikan koi ini dipasarkan kisaran Rp700.000 – Rp1 juta.

Cara Merawat Ikan Koi

Kegiatan budidaya koi sekarang tidak hanya dilakukan di daerah tertentu seperti Jawa Timur, Bogor dan Sukabumi yang sudah dikenal menjadi pusat budidaya. Kini, hampir semua kawasan di Indonesia mengembangkan varian ikan hias koi yang dapat dilakukan secara individu maupun berserikat.

Berikut adalah cara merawat ikan koi:

  • Kamu harus menyediakan kolam koi dengan kedalaman minimal 50 cm.
  • Isilah kolam dengan air bersih.
  • Untuk menjaga kebersihan kolam, gunakan filter.
  • Pilih ikan koi yang sehat supaya mudah menyesuaikan dengan kondisi kolam. Ciri-cirinya yakni bergerombol, lincah, dan aktif.
  • Sebagai nutrisi gunakan tanaman air seperti alda. 
  • Tambahkan pelet yang sudah direndam selama 30 – 60 detik sehingga koi mudah mencerna.
  • Berikan nutrisi lainnya seperti wortel, udang, dan sebagainya minimal 2 minggu sekali.
  • Suhu kolam harus di antara 24 -26 derajat celcius.
Colorful Carp Swimming in Traditional Japanese Koi Pond Kyoto Japan This is a horizontal, color photograph of vibrantly colored carp fish swimming in a traditional Japanese Koi Pond in Kyoto, Japan. Photographed with a Nikon D800 DSLR camera. koi fish stock pictures, royalty-free photos & images

Ikan koi terbesar yang pernah diketahui memiliki berat sekitar 40 cm dan panjang 120 cm. Ikan ini punya kebiasaan mengintimidasi ikan jenis lain, khususnya jika berada dalam satu tempat. Selain itu, ikan koi juga mudah iritasi jika terkena matahari secara langsung. 

Oleh karenanya, sediakan pohon teduh untuk menutupi kolam dari sinar matahari secara langsung.Ikan koi termasuk pemakan segala atau omnivora sehingga dapat makan beragam buah serta sayuran Ikan koi tertua pernah hidup selama 226 tahun. 

Itulah informasi tentang jenis ikan koi. Semoga bisa menjadi pilihan peliharaan untuk kolam atau aquarium di rumah para sahabat Kredit Pintar masing-masing. 

Baca Juga: Cara Berkembang Biak Ayam dan Tahapan Pertumbuhannya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

20 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download