Cara Menanggulangi Pencemaran Air dan Penyebabnya

21 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Air  merupakan salah satu hal paling esensial dalam hidup, karena kita selalu membutuhkan air dalam keseharian. Tetapi beberapa tahun ini pencemaran air banyak terjadi sehingga ada beberapa daerah yang kesulitan untuk mendapatkan akses terhadap air bersih. Agar hal ini tidak banyak terjadi lagi, mari kita ketahui lebih lanjut bagaimana cara menanggulangi pencemaran air.

Baca juga: Fakta-fakta Badai Matahari yang Sebaiknya Kita Ketahui

Pencemaran air merupakan pencemaran yang terjadi pada badan air (seperti laut, danau, sungai, air tanah, dan sebagainya) yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Perubahan yang terjadi pada sifat kimia, fisik, atau biologis air dapat memiliki konsekuensi yang merugikan bagi para organisme hidup.

Menurut PP no. 20 tahun 1990. Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air tersebut menurun hingga batas tertentu yang mengakibatkan air tidak berguna lagi sesuai dengan peruntukannya.

Biasanya pencemaran air terjadi disebabkan oleh beberapa sumber seperti:

  • Limbah pertanian
  • Limbah pengolahan kayu
  • Penggunaan limbah hijau atau hutan yang biasanya digunakan untuk pembangunan
  • Penggunaan bom oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut
  • Limbah industri yang terdiri dari bahan kimia padat ataupun cair yang berasal dari sisa-sisa bahan bakar seperti minyak dan oli, atau kebocoran pipa-pipa minyak tanah yang ditimbun di dalam tanah
  • Limbah rumah tangga seperti sampah padat (plastik, gelas, kaleng, batu batre), sampah cair (deterjen dan air sabun), sampah organik (sayuran, buah-buahan, sisa makanan), dan limbah cair (air sabun sisa mandi atau MCK)

Baca juga: Cara Menurunkan Panas Badan dengan Alami

Cara menanggulangi pencemaran air

Agar pencemaran air tidak berjalan terus menerus, kita harus melakukan penanggulangan agar pencemaran air bisa berkurang. Berikut beberapa cara menanggulangi pencemaran air yang bisa dilakukan:

  1. Membuat kolam stabilisasi

Dengan kolam stabilisasi, Sobat Pintar bisa mengolah air limbah secara alami. Tujuan dari pembuatan kolam stabilisasi adalah untuk menetralisir zat-zat pencemar sebelum mengalir ke sungai.

  1. Pengelolaan Excrexta

Pengelolaan Excrexta atau Human Excreta ini biasanya ditemukan di dalam septic tank yang bisa diolah melalui cara anaerobik sehingga menjadi biogas. Gas yang dihasilkan ini bisa dimanfaatkan sebagai gas untuk rumah tangga.

  1. Mengelola IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Dengan adanya Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL  ini pencemaran air bisa ditanggulangi. Dalam IPAL, digunakan alat-alat khusus yang menggunakan tiga tahapan yaitu primary treatment (pengolahan pertama), secondary treatment (pengolahan kedua), dan tertiary treatment (pengolahan lanjutan).

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Siapa yang masih suka membuang sampah sembarangan? Ternyata kalau kita buang sampah sembarangan, bisa meningkatkan pencemaran air juga loh! Selain itu membuang sampah ke dalam air juga bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir.

  1. Tidak sering menggunakan pestisida

Pestisida biasanya digunakan untuk membasmi hama karena pestisida merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk mengendalikan, menolak, ataupun membasmi organisme yang mengganggu. Oleh karena itu penggunaan pestisida yang terlalu banyak bisa menyebabkan kematian bagi para hewan yang hidup di dalam air.

  1. Tidak membuang bahan kimia ke air

Pembuangan bahan kimia ke dalam air yang menyebabkan bahan kimia tersebut menyatu dengan air merupakan salah satu penyebab pencemaran air. Jika Sobat Pintar membuang cat, minyak, atau obat-obatan ke wastafel maka bisa menyebabkan air menjadi tercemar. Oleh sebab itu, salah satu cara penanggulangan pencemaran air adalah dengan tidak membuang bahan kimia ke dalam sumber air.

  1. Menanam pohon

Menanam pohon merupakan salah satu cara penanggulangan yang paling efektif. Karena dengan adanya pohon maka bisa menyerap bahan kimia sehingga tidak mudah menimbulkan pencemaran air.

  1. Bijak dalam menggunakan air

Usahakan untuk tidak boros dalam penggunaan air karena dengan menggunakan air dengan bijak juga bisa menjadi salah satu cara dalam penanggulangan pencemaran air. Dengan mengurangi jumlah air yang digunakan ketika kita mandi atau mencuci, bisa menjadi langkah mudah dan sederhana dalam cara menanggulangi pencemaran air.

Baca juga: Mudah Banget! Cara Bikin Bonsai Kelapa Sendiri

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download