Cara Investasi Emas di Shopee, Bisa Dicetak!

03 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Apakah Sobat Pintar tahu kalau Shopee menyediakan fitur tabungan emas? Artikel ini akan mengupas tuntas tabungan emas Shopee, termasuk keuntungan investasi emas di Shopee dan cara investasi emas di Shopee.

Investasi emas di Shopee kerja sama dengan Pegadaian

Shopee membuat langkah pintar dengan menggaet Pegadaian untuk meluncurkan menu investasi emas. Pegadaian memang merupakan salah satu platform jual-beli emas yang paling banyak digunakan di Indonesia, sehingga sudah jelas kredibilitasnya.

Baca juga: Tabungan Emas Pegadaian, Mudah dan Untung

Jenis-jenis investasi emas

Sebelum membahas lebih lanjut tentang investasi emas di Shopee, akan lebih baik bila Sobat Pintar terlebih dahulu memahami ini dulu. Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai tinggi karena telah dijadikan mineral yang berharga dan menggambarkan kekayaan sejak berabad-abad yang lalu. Ada 3 jenis investasi emas.

1. Tabungan emas

Yang terakhir dan paling baru adalah tabungan emas. Caranya relatif mudah, Sobat Pintar tinggal menyetorkan uang. Uang itu kemudian akan dikonversikan ke dalam satuan pecahan emas, jadi seperti menggunakan emas sebagai mata uang.

2. Perhiasan emas

Salah satu kegunaan emas yang paling umum adalah untuk dijadikan perhiasan, baik itu cincin, kalung, gelang, atau anting. Investasi perhiasan emas adalah jenis investasi emas yang paling sederhana dan sudah sering dilakukan ibu-ibu dari berpuluh tahun lalu.

Caranya sangat mudah, Sobat Pintar tinggal pergi ke toko perhiasan, cari perhiasan emas yang Anda sukai, dan beli perhiasan tersebut. Beberapa tahun kemudian, periksa harga pasar. 

Walaupun sederhana dan mudah dilakukan, investasi emas perhiasan adalah yang memberikan keuntungan paling rendah dari 3 jenis investasi emas.

3. Emas batangan

Sebenarnya cara investasinya kurang lebih sama dengan perhiasan emas, beli – tunggu harga naik – jual. Akan tetapi emas batangan tidak sembarangan dibuat dan dijual karena harganya yang sangat tinggi.

Investasi emas batangan dinilai paling menguntungkan karena likuiditasnya tinggi dan harganya relatif tidak terpengaruh oleh faktor eksternal. Maka dari itu nilainya cenderung terus naik dan tidak terlalu fluktuatif. Emas batangan sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Cara kerja investasi emas di Shopee

Dari 3 jenis investasi emas tadi, investasi emas yang ditawarkan di Shopee adalah tabungan emas. Jadi Sobat Pintar menukarkan sejumlah uang rupiah dengan gram emas, jumlah emas yang diterima tergantung pada harga emas saat itu.

Misalnya Sobat Pintar menyetor Rp500 kepada platform penyedia layanan tabungan emas. Uang Rp500 Anda kemudian ditukar dengan 0,005 gram emas (berapa gram yang didapatkan sesuai dengan harga emas pada saat itu).

Apakah emas di Shopee bisa dicetak?

Ya, tabungan emas di Shopee bisa dicetak di Pegadaian. Ini menjadikan investasi emas di Shopee sangat cocok untuk para milenial yang ingin melakukan investasi emas tetapi baru memiliki sedikit dana.

Sobat Pintar bisa menabung sedikit demi sedikit sesuai uang yang dimiliki, kemudian mencetaknya menjadi emas batangan saat tabungan Anda sudah mencapai 1 gram.

Investasi emas di Shopee–apakah aman?

Karena merupakan kerja sama dengan Pegadaian yang sudah melayani investasi dan jual-beli emas selama bertahun-tahun, investasi emas di Shopee bisa dibilang sangat kredibel. Selain itu, Shopee sendiri merupakan marketplace yang terpercaya dan memiliki banyak pengguna.

Investasi emas Shopee diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keuntungan Investasi Emas

1. Praktis

Keuntungan yang paling jelas dari investasi emas di Shopee adalah praktis. Karena dilakukan melalui aplikasi yang kemungkinan besar sudah terinstall dan sering digunakan di handphone Anda, investasi emas di Shopee lebih cepat dan tidak ribet daripada melakukan investasi lewat perantara lain. Pengguna juga bisa mengecek grafik harga lewat aplikasi.

2. Minimum investasi rendah

Pengguna Shopee dapat membuka tabungan emas di Shopee dengan investasi minimal Rp500 perak saja. Selanjutnya, Sobat Pintar dapat membeli emas mulai dari Rp5.000.

3. Bisa cetak emas di Pegadaian

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Pegadaian memfasilitasi jika nasabah emas Shopee ingin mencetak emas. Ini cocok untuk orang muda karena mereka bisa menabung sedikit uang di awal kemudian terus mengembangkan tabungan sampai akhirnya bisa mencetak emas untuk dijadikan investasi yang lebih solid. Saldo minimum jika ingin mencetak emas adalah 1 gram.

4. Promo

Promo memang menjadi daya tarik besar dari marketplace, termasuk Shopee. Ternyata Shopee juga sering menawarkan berbagai promo menarik untuk tabungan emas Shopee, seperti cashback dan hadiah voucher emas dengan cara memainkan berbagai game Shopee.

Kelemahan investasi emas di Shopee

1. Masih relatif baru

Beberapa orang akan berpikiran lebih baik berinvestasi pada dealer emas seperti ANTAM atau bahkan langsung di Pegadaian daripada menggunakan Shopee. Ini wajar saja menjadi pertimbangan karena Shopee masih relatif baru dalam menyediakan layanan tabungan emas dan juga merupakan perusahaan yang berfokus pada marketplace daripada tabungan dan investasi.

2. Harus registrasi di kantor cabang

Di zaman serba digital, Sobat Pintar mungkin ingin segala proses dilakukan secara online. Sayangnya, walaupun sebagian besar transaksi bisa dilakukan di aplikasi Shopee, nasabah tetap harus melakukan pendaftaran di kantor cabang Pegadaian terdekat.

Baca juga: Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

Syarat investasi emas di Shopee

  1. Memiliki akun Shopee.
  2. Melakukan verifikasi KTP (ini berbeda dengan verifikasi KTP ShopeePay).
  3. Investasi awal minimal Rp500.
  4. Melakukan registrasi di cabang Pegadaian pilihan nasabah.
  5. Mendapatkan buku tabungan dari cabang Pegadaian pilihan nasabah.
  6. Mentransfer emas ke pengguna Shopee lain minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram.
  7. Memiliki saldo mengendap (tidak bisa ditarik) minimal 0,05 gram.

Cara investasi emas di Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda.
  2. Log in ke akun Shopee Anda atau lakukan pendaftaran akun jika belum memiliki akun Shopee.
  3. Klik menu Pulsa, Tagihan & Hiburan.
  1. Scroll ke bawah sampai menemukan kategori Keuangan di bagian paling bawah.
  1. Pilih Emas.
  2. Klik Beli Sekarang.
  1. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda tukarkan dengan tabungan emas.
  2. Klik Lanjutkan.
  3. Verifikasi KTP demi keamanan transaksi.
  4. Lakukan pembayaran.
  5. Emas sudah terbeli dan tercatat dalam fitur buku tabungan virtual di Shopee.
  6. Sejak transaksi emas pertama, nasabah harus melakukan registrasi di cabang Pegadaian terdekat.

Baca juga: Panduan Lengkap Mata Uang Kripto

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download