Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

08 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 20 Mar 2022

Investasi emas memang menjadi salah satu cara tepat bagi Anda yang ingin memiliki tabungan jangka panjang. Emas sendiri dikenal sebagai logam mulia yang memiliki harga stabil, dimana salah satunya adalah emas antam. Sebelum Anda berinvestasi dalam instrumen investasi ini, maka lebih baik Anda mengenal lebih dalam tentang emas yang satu ini. Mari simak penjelasannya. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam Terbaik | Kredit Pintar

Penjelasan Tentang Emas Antam 

Bagi para pebisnis, nama emas dari Antam ini sudah sangat dikenal baik. Karena memang dari segi kualitas dan kemurniannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Emas batangan ini sendiri dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang atau lebih dikenal PT. Antam. Dimana pada setiap emas yang mereka keluarkan sudah pasti ada sertifikatnya. 

Emas batangan dari Antam ini sendiri susah sekali untuk dipalsukan. Karena memang terdapat nomor seri yang dicetak langsung. Dimana dalam nomor sertifikat tersebut sudah tercantum tanggal pembuatan, kemurnian, dimensi, berat dan juga nomor seri. Sehingga bisa dikatakan, bahwa investasi pada emas ini sangatlah aman. 

Harga Emas Antam Saat Ini 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam harga emas antam sendiri sangatlah stabil. Jarang sekali mengalami penurunan yang terlalu signifikan. Tentu saja ini menjadi salah satu kelebihan dari investasi emas murni. Lalu kenapa emas menjadi salah satu instrumen investasi?

Hal ini sendiri tidak lepas karena pasokan dari emas juga tidak selamanya ada. Emas adalah logam mulia yang diproduksi secara alami. Sehingga tidak heran jika harganya sendiri selalu stabil. Tingkat kemurnian emas sendiri dihitung dengan satuan karat. Semakin tinggi karat dari emas tersebut, maka sudah pasti akan semakin mahal. 

Harga emas antam 24 karat per gram saat ini sangatlah tinggi, yaitu sekitar Rp. 977.000. Tentu saja harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tapi, semakin tahun memang ada kecenderungan bahwa harga emas akan selalu naik. Andaikan turun juga tidak terlalu jauh dan jarang anjlok. 

Dimana Bisa Membeli Emas Antam?

Lalu beli emas antam dimana? Mengingat bahwa untuk mendapatkan emas ini juga harus jelas Anda ketahui. Karena Anda harus memastikan bahwa emas yang dibeli juga asli. Meski susah dipalsukan, tapi masih ada kemungkinan Anda tertipu dengan emas palsu. Berikut ini adalah tempat dimana Anda bisa membeli emas dari Antam: 

Pegadaian 

Lokasi pertama yang dapat menjadi tempat Anda membeli emas dari Antam ini adalah Pegadaian. Sudah sekitar tahun 2015 lalu, Pegadaian telah membuka tabungan emas dan terbukti dari Antam. Anda pun bisa menggunakan layanan tabungan emas tersebut untuk memiliki instrumen investasi tersebut. 

Tentu saja syaratnya sendiri juga sangat mudah untuk bisa memiliki tabungan emas. Anda bisa bertanya langsung  ke kantor Pegadaian terdekat. Anda juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan menabung emas di Pegadaian. Bisa dikatakan tabungan ini sendiri sangatlah cocok untuk Anda yang memang masih pemula dalam investasi emas. 

Baca juga: Tips dan Cara Beli Saham IPO Untuk Pemula | Kredit Pintar

Kantor Pusat Antam 

Lokasi selanjutnya yang disarankan untuk Anda adalah di Kantor Pusat Antam yang berada di Jakarta. Anda sudah tidak perlu meragukan lagi akan keaslian, karena disini adalah gudang pusat dari perusahaan tambang ini. Anda pun hanya perlu datang ke kantornya yang berada di Jalan Simatupang, Jakarta. 

Nanti Anda akan dibantu oleh petugas untuk bisa membeli emas dengan berat dan dimensi yang diinginkan. Disana pun Anda bisa bertanya lebih dalam terkait emas yang mereka keluarkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan lebih dalam akan keuntungan dari investasi emas batangan dari Antam. 

Bank yang ada di Indonesia 

Beberapa bank di Indonesia sendiri sudah bekerja sama dengan PT. Antam untuk membantu masyarakat yang ingin berinvestasi emas. Ada banyak sekali bank-bank yang juga khusus membuka tabungan emas untuk nasabah. Contohnya adalah seperti Bank Syariah Indonesia yang memang memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin menabung emas. 

Anda pun juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan membuka tabungan emas dari bank. Keuntungan yang paling utama adalah Anda tidak perlu lagi mencari tempat penyimpanan. Selain itu jika ingin menjualnya pun juga sangat mudah. Syarat yang diberikan juga sangatlah mudah dan tidak memberatkan. 

Beli Online 

Kemajuan teknologi pada saat ini sendiri juga sangatlah membantu bagi masyarakat yang ingin membeli emas dari Antam. Sekarang sudah banyak sekali orang yang menjual emas batangan yang mereka miliki. Meski begitu, Anda harus berhati-hati ketika ingin membeli secara online. Karena Anda tidak dapat melihat langsung, jadi ada kemungkinan ditipu juga sangat besar. 

Salah satu website yang paling aman dan sudah terpercaya menjual emas batangan dari Antam yang asli adalah Logam Mulia. Anda dapat mencarinya di internet, dimana memang website tersebut menjual berbagai logam mulia tidak hanya emas saja, tapi juga perak murni. 

Anda juga bisa membeli di marketplace yang sudah banyak sekarang ini. Hanya saja tetap pada penjelasan sebelumnya, kalau Anda harus berhati-hati. Pastikan kalau seller memang sudah sangat terpercaya dan terbukti merupakan penjual emas dari Antam yang asli. 

Bagaimana Cara Jual Emas Antam 

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi emas, maka hal selanjutnya yang juga harus Anda ketahui adalah cara jual emas antam ini. Bagaimana cara menjualnya? Berikut ini adalah penjelasannya: 

Jual di PT. Antam 

Jika Anda membeli emas dari PT. Antam langsung, maka Anda bisa menjualnya lagi dari perusahaan tersebut. Dimana Anda tidak hanya dapat menjual saja, tapi juga memantau akan pergerakan harga emas pada saat ini. Selain itu, menjual di perusahaannya langsung akan memberikan banyak keuntungan sendiri. 

Jual di Pegadaian 

Karena Pegadaian telah membuka tabungan emas, maka Anda pun bisa menjualnya ke perusahaan milik BUMN ini. Tidak hanya Anda yang menjadi nasabah di sana, tapi jika Anda memiliki emas dari Antam dan asli, maka tetap bisa menjual di Pegadaian. Prosesnya sendiri sangatlah mudah dan cepat. 

Jual secara perorangan 

Selama memang Anda mempunyai emas yang asli, maka untuk menjual secara perorangan juga akan sangat mudah sekali. Dimana tentu saja akan lebih mudah dan harganya juga bisa Anda cek di PT. Antam. Karena hingga sekarang ini peminat investasi dalam emas batangan masih terbilang tinggi. 

Penjelasan di atas sendiri akan sangat membantu sekali untuk Anda yang memang ingin terjun dalam dunia investasi emas batangan. Dimana saat ini harga emas dari PT. Antam adalah yang paling tinggi. 

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa antara emas Antam dengan emas perhiasan sangatlah berbeda. Jadi, jangan samakan harga emas dari Antam dengan emas yang Anda beli di toko perhiasan. Hal ini disebabkan emas perhiasan sudah melalui banyak proses dan sudah jelas tingkat kemurniannya berbeda. 

Baca juga: Energi Alternatif, Contoh dan Mengapa Diperlukan | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download