Tabungan Emas Pegadaian, Mudah dan Untung

08 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Bagi para pebisnis, emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling disukai. Hal ini disebabkan karena harga emas jarang sekali anjlok. Bahkan ketika situasi ekonomi tidak begitu bagus, tetap saja harganya stabil. Salah satu tempat jual beli emas yang terpercaya adalah Pegadaian.

Investasi Emas di Pegadaian, Mudah dan Untung

Perusahaan yang berada di berada di bawah BUMN ini sendiri memiliki layanan tabungan emas dan jual beli emas yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas di perusahaan ini, maka ikuti terus penjelasannya berikut ini. 

Baca juga: Lelang JBA: Cara Ikut, Bayar, dan Jadwal Lelang | Kredit Pintar

Kelebihan Investasi Emas di Pegadaian 

Investasi Emas di Pegadaian, Mudah dan Untung

Walaupun banyak platform investasi emas, khususnya yang dalam bentuk batangan, tapi di perusahaan ini ada banyak kelebihan yang akan Anda rasakan. Apa saja kelebihan investasi emas di anak perusahaan dari BUMN ini? Berikut adalah kelebihannya: 

Harga emas terjangkau 

Emas yang Anda beli atau tabung di perusahaan ini sudah bekerja sama dengan PT. Antam. Dimana emas dari perusahaan tersebut sudah terjamin. Harga emas antam logam mulia Pegadaian sendiri terbilang sangat terjangkau. Dimana harga jualnya juga bisa dikatakan sangat tinggi. 

Anda pun tidak akan rugi dengan berinvestasi emas di perusahaan ini. Karena memang jika dilihat akan sangat menguntungkan dan untuk memulainya tidaklah terlalu sulit. Untuk sekarang, harga emas di perusahaan ini sekitar Rp. 979.000 per gramnya. Sedangkan harga jualnya mencapai Rp. 1 jutaan lebih per gramnya. 

Dibandingkan dengan platform lain, sudah terlihat bahwa harga emas dari perusahaan ini terbilang rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan membeli di Gudang Pusat Antam yang ada di Jakarta. 

Sudah terjamin keasliannya 

Karena bekerja sama dengan PT. Antam, maka sudah jelas emas yang dijual bersertifikat dan resmi. Sehingga Anda sudah tidak perlu lagi khawatir dengan keaslian dari emas yang dijual. Bahkan Anda bisa membeli emas dengan dimensi dan berat yang Anda inginkan. Anda pun bisa membeli emas mulai dari 0,5 gram hingga 1 kg.

Mudah untuk dicairkan 

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi emas di perusahaan ini adalah mudah sekali untuk dicairkan. Tabungan emas Pegadaian merupakan jenis likuid, dimana memiliki arti bahwa Anda akan dengan mudah dicairkan menjadi uang tunai saat ada kebutuhan mendesak. 

Sistem yang digunakan perusahaan ini untuk tabungan emas ini adalah bisa Anda ambil ketika sudah memiliki jumlah tabungan yang cukup. Ketika sudah mendapatkannya, maka Anda pun bisa menggadaikan atau menjualnya. Prosesnya pun sangatlah cepat dan syaratnya tidaklah sulit. 

Sangat Aman 

Kelebihan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan menabung atau investasi emas dari perusahaan ini adalah tidak perlu lagi memikirkan akan tempat penyimpanannya. Kenapa? Karena emas akan disimpan oleh perusahaan dan Anda pun tidak perlu khawatir dengan keamanan yang diberikan. 

Transaksi tabungan emas sangatlah mudah 

Tidak hanya itu saja, ketika Anda sudah menabung emas di perusahaan ini, sudah tidak akan merasa kerepotan lagi saat bertransaksi. Anda bisa melakukan top up dengan transfer bank baik itu menggunakan ATM atau internet dan mobile banking. Sehingga sudah tidak perlu lagi Anda datang ke kantor untuk menambah tabungan emas. 

Bebas pajak serta aturan 

Ketika Anda memutuskan untuk menabung emas di sini, maka Anda tidak perlu pusing lagi dengan pajak serta aturannya. Anda tidak akan terikat peraturan ketika menabung emas. Tidak hanya itu saja, pajak pun tidak akan dibebankan kepada Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan masalah keduanya. 

Dari kelebihan yang sudah dijelaskan, maka sudah dapat Anda simpulkan kalau menabung di perusahaan yang satu ini akan membantu Anda untuk bisa berinvestasi emas dengan lebih mudah. 

Baca juga: Pengertian Pajak, Fungsi, dan Jenis | Kredit Pintar

Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian 

Investasi Emas di Pegadaian, Mudah dan Untung

Jika Anda tertarik membuka tabungan emas di perusahaan ini, maka perlu tahu bagaimana caranya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah syarat dan cara menabung emas di Pegadaian:  

Syarat dan Ketentuan tabungan emas

  • Siapkan identitas diri seperti KTP. Bisa juga menggunakan Paspor atau SIM dan sediakan fotokopinya juga. 
  • Apabila Anda membuka tabungan di kantor cabang, maka akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah dan biaya penitipan emas sebesar 30 ribu per tahun. Tapi, jika Anda menggunakan aplikasi, maka akan dibebaskan biaya tersebut selama 1 tahun. Minimal membuka tabungan emas adalah 50 ribu rupiah. 
  • Kemudian jika membuka tabungan di jenis syariah digital, maka akan dikenakan biaya titip emas 30 ribu rupiah per tahun dan saldo awal minimal adalah 70 ribu rupiah. 
  • Jika membuka di agen, maka Anda akan dikenakan biaya titip emas sebesar 30 ribu rupiah per tahun, dengan saldo awal adalah 57.500 rupiah serta ada biaya transaksi yaitu 2.500 rupiah. 
  • Minimal saldo emas yang ada dalam tabungan adalah 0,1 gram. Tapi, Anda bisa membeli emas berikutnya adalah 0,01 dan kelipatannya. 
  • Emas baru bisa dicetak ketika Anda memintanya baik itu dalam bentuk batangan atau lembaran. Dimana akan dikenakan biaya cetak dan jumlahnya adalah 1 hingga 100 gram. 
  • Pembelian emas untuk tabungan ini minimal adalah 50 ribu rupiah dan maksimal adalah 10 juta rupiah untuk per hari. 
  • Saldo tabungan emas di perusahaan ini bisa dijual kembali atau di transfer minimal 1 gram tanpa ada biaya lagi. 

Cara buka tabungan emas 

Cara agar Anda bisa membuka tabungan emas ini adalah melalui aplikasi yang bernama Pegadaian Digital dan sudah bisa di download melalui smartphone. Untuk tata caranya adalah sebagai berikut: 

  • Pengisian data pribadi 

Pertama Anda harus mengisi seluruh data pribadi yang sesuai dengan kartu identitas atau KTP. Termasuk nomor KTP, tanggal lahir, nomor telepon yang masih aktif, alamat yang lengkap serta nama Ibu Kandung. Kemudian Anda juga akan diminta untuk memfoto KTP atau bisa juga di scan. 

  • Pilih salah satu cabang terdekat

Kemudian Anda diminta untuk memilih salah satu cabang dari perusahaan ini yang paling dekat dengan lokasi. Hal ini sendiri sangatlah penting karena untuk membuktikan bahwa Anda adalah nasabah yang nyata. Maksimal untuk datang ke kantor cabang adalah 6 bulan. 

  • Membayar biaya pembukaan tabungan 

Kemudian Anda akan diminta untuk membayar biaya pembukaan tabungan emas ini. Caranya sendiri sangatlah mudah, Anda tidak perlu datang ke kantor cabang. Cukup transfer ke rekening virtual yang sudah disediakan. 

  • Ambil buku tabungan 

Tahapan terakhir yang harus Anda lakukan untuk memiliki tabungan ini adalah dengan mengambil bukunya langsung di kantor cabang yang tadi sudah dipilih. Maksimal pengambilan buku tabungan adalah 12 bulan setelah rekening emas Anda aktif.

Nanti petugas akan mengkonfirmasi dengan mengirimkan kode OTP ke nomor yang sudah didaftarkan. Jika Anda menerimanya, petugas akan memberikan buku tabungan. 

Demikianlah penjelasan tentang tabungan emas dari Pegadaian. Dimana bisa terlihat bahwa caranya sangatlah mudah serta banyak kelebihan yang didapatkan. 

Baca juga: Mau Ajukan Pinjaman Online BRI? Ini yang Harus Disiapkan | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download