Lelang JBA: Cara Ikut, Bayar, dan Jadwal Lelang

08 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Feb 2022

Jika Sobat Pintar memimpikan memiliki kendaraan idaman dengan harga miring, salah satu jalan terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti lelang JBA. Dengan mengikuti lelang, Sobat Pintar bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki mobil atau sepeda motor impian kalian.

Cara Ikut Lelang JBA

Lelang JBA memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena itu merupakan salah satu cara untuk memiliki mobil impian dengan harga miring.

Sobat Pintar jadi semakin penasaran bukan cara mengikuti lelang JBA ini? Kali ini, Kredit pintar akan membagikan beberapa informasi mengenai lelang ini dan cara untuk mengikutinya. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta dan 50 Juta

Apa Itu Lelang JBA?

Lelang JBA adalah tempat jual beli kendaraan dengan menggunakan sistem lelang. Lelang JBA sudah ada di dalam pasar lelang otomotif Indonesia sejak tahun 2011 dan menjadi perusahaan layanan lelang otomotif yang stabil dan terpercaya di Indonesia.

Bagaimana Cara Ikut Lelang JBA?

Cara ikut lelang JBA

Sebelum Sobat Pintar mengikuti lelang untuk mendapatkan mobil atau sepeda motor impian, kalian harus mengetahui beberapa syarat lelang JBA berikut ini.

Pertama, Sobat Pintar wajib mendaftarkan diri melalui situs resmi JBA. Setelah itu, Sobat Pintar sudah dapat melihat pengecekan unit kendaraan yang akan dilelang.

Biasanya, pelelang kendaraan akan memberitahukan jenis kendaraan apa saja yang akan dilelang selama open house. Saat open house, pastikan Sobat Pintar melakukan pengecekan unit kendaraan dengan detail karena saat sudah selesai, Sobat Pintar tidak dapat melakukan pengecekan unit.

Selanjutnya, Sobat Pintar akan diminta untuk menyerahkan jaminan berupa uang tunai Rp5 juta untuk mobil dan Rp1 juta untuk sepeda motor. Biaya tersebut untuk membayar lot lelang kendaraan. Jadi, jika Sobat Pintar ingin membeli beberapa kendaraan, Sobat Pintar harus bayar biaya lot tersebut sesuai kebutuhan.

Saat sesi lelang berlangsung, Sobat Pintar tidak dapat melakukan pengecekan unit lagi. Maka dari itu, pada saat open house, Sobat Pintar harus melakukan pengecekan unit secara mendetail.

Bila Sobat Pintar menjadi pemenang, maka Sobat Pintar akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.7 per unit kendaraan yang sudah kalian menangkan. Sedangkan untuk kendaraan yang bernilai diatas Rp292 juta, Sobat Pintar akan dikenakan biaya sebesar 0.6% dari unit tersebut.

Untuk sepeda motor, Sobat Pintar wajib membayar sebesar Rp300 ribu untuk setiap unit kendaraan yang kalian menangkan.

Syarat Mengikuti Lelang

Jika Sobat Pintar sudah mengikuti semua persyaratan yang berlaku, maka langkah selanjutnya adalah mengikuti sesi lelang secara resmi. Pastikan juga Sobat Pintar sudah membayar jaminan ke nomor rekening yang diberikan oleh pelelang.

Selain itu, Sobat Pintar juga harus memiliki Nomor Induk Peserta Lelang atau NIPL untuk mengikuti lelang JBA.

Cara Mendapatkan NIPL Lelang JBA

Untuk mendapatkan NIPL, Sobat Pintar wajib memberikan bukti pembayaran jaminan dan fotocopy identitas atau KTP di konter PT JBA Indonesia. 

Sistem penawaran lelang akan dilakukan secara lisan oleh pejabat lelang yang bertugas saat itu. Bid awal lelang akan dimulai dari Rp500 ribu untuk mobil dan Rp100 ribu untuk unit sepeda motor. Mereka yang memenangkan lelang tersebut merupakan penawar tinggi dari unit tersebut.

Baca juga: Carsome Indonesia, E-Commerce Mobil di Asia Tenggara

Cara Membayar Kendaraan Lelang JBA

Jika Sobat Pintar berhasil memenangkan kendaraan yang diinginkan, sekarang Sobat Pintar wajib membayar kendaraan tersebut.

Batas persyaratan membayar unit kendaraan ini adalah maksimal 5 hari dari tanggal lelang berlangsung. Sobat Pintar hanya perlu menyerahkan bukti pembayaran dan serah terima dokumen di konten resmi JBA.

Apabila  Sobat Pintar tidak membayar unit tersebut, Sobat Pintar akan dikenakan wanprestasi atau pembatalan kemenangan dan uan jaminan yang sudah kalian keluarkan tidak dapat dikembalikan.

Namun, jika Sobat Pintar kalah dalam sesi lelang, uang jaminan yang sudah Sobat Pintar bayar di awal akan kalian dapatkan kembali tanpa adanya biaya potongan. Jadi, pastikan Sobat Pintar menyimpan NIPL dengan baik.

NIPP ini harus dikembalikan oleh setiap peserta yang kalah dalam pertempuran lelang untuk mendapatkan uang jaminan. Jika Sobat Pintar kehilangan NIPL tersebut, Sobat Pintar akan dikenakan denda sebesar Rp100 ribu untuk setiap lot atau NIPL yang hilang.

Nantinya, pelelang akan mengembalikan uang jaminan tersebut dengan cara transfer dalam waktu 2 haru kerja untuk nasabah BCA dan 5 hari kerja untuk nasabah non BCA.

Tips Ikut Lelang JBA

  1. Lebih Banyak Pilihan

Salah satu keuntungan mengikuti lelang JBA adalah Sobat Pintar dapat memilih jenis kendaraan  dengan harga miring dengan kondisi unit kendaraan yang beragam. 

  1. Tersedia Kendaraan Truk atau Bus

Menariknya, di lelang JBA ini, Sobat Pintar juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan kendaraan truk atau bus. Jadi Sobat Pintar tidak hanya dapat mengikuti lelang mobil atau motor saja.

  1. Periksa Kondisi Kendaraan
Periksa Kondisi Kendaraan Lelang

Hal utama dan wajib dilakukan untuk membeli kendaraan lelang adalah mengecek langsung kondisi kendaraan tersebut. Pastikan Sobat Pintar mengecek kondisi dan menyesuaikan kendaraan tersebut dengan dokumennya.

  1. Periksa Keaslian Dokumen Kendaraan

Setelah itu, Sobat Pintar harus mengecek kondisi kendaraan yang diinginkan sebelum sesi lelang berlangsung. Jadi Sobat Pintar bisa mengecek kendaraan tersebut mulai dari mesin kendaraan, BPKB, tahun pajak, dan nomor mesin kendaraan.

  1. Periksa Harga Pasar

Jangan terlalu terburu-buru untuk mengikuti lelang kendaraan. Sobat Pintar harus melakukan pengecekan harga pasar kendaraan yang diinginkan secara online. Bandingkan harga tersebut dengan daftar harga kendaraan yang akan di lelang.

  1. Menentukan Anggaran

Kami sarankan untuk tidak terlalu agresif saat melakukan penawaran. Tetap sabar dan tunggu sejenak supaya Sobat Pintar bisa mendapatkan harga dan penawaran terbaik saat membeli kendaraan yang di inginkan. Jadi, jaga emosi kalian saat sesi lelang berlangsung.

  1. Jual Kendaraan Melalui Lelang

Selain membeli kendaraan lelang atau bekas, Sobat Pintar juga bisa menjual kendaraan pribadinya dengan sistem lelang. Sobat Pintar hanya perlu menghubungi lelang JBA dan berdiskusi dengan mereka tentang sistem jual kendaraan.

Setelah mencapai kesepakatan, tim JBA akan memeriksa unit kendaraan pribadi yang akan dijual secara lelang untuk dilihat kondisi dan harga awal saat sesi lelang. Jika kendaraan Sobat Pintar laku, dalam waktu 7 hari JBA akan mengirimkan hasil lelang tersebut ke rekening Sobat Pintar.

Baca juga: Cara Mudah Gadai BPKB Mobil Untuk Segala Keperluan

Jadi itulah cara, syarat, dan tips mengikuti lelang JBA. Semoga dengan informasi ini, Sobat Pintar bisa menemukan mobil impian melalui lelang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download