Carsome Indonesia, E-Commerce Mobil di Asia Tenggara

28 Oct 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Apakah Anda sedang butuh uang dan ingin menjual mobil Anda? Kesal karena calon pembeli mobil terus-terusan menawar harga dan tidak kunjung membeli? Atau Anda ingin membeli mobil tapi tidak cukup dana untuk membeli mobil baru? Carsome Indonesia adalah solusi paling tepat untuk Anda. Platform e-commerce mobil terbesar di Asia Tenggara ini menyediakan layanan jual beli mobil bekas online.

Menurut kepala Carsome Indonesia, Delly Nugraha, prinsip Carsome adalah keyakinan bahwa. “Pengalaman transparan, terpercaya, dan nyaman dalam membeli mobil bekas adalah hal yang sangat krusial bagi konsumen.” Jadi, hal-hal itulah yang akan Anda dapatkan jika melakukan jual beli mobil bekas di Carsome Indonesia.

Cara Kerja Jual Beli Mobil Bekas Carsome Indonesia

Bila Anda masih bingung apa yang dilakukan oleh Carsome Indonesia, berikut adalah uraian singkat sistem Carsome Indonesia dalam melakukan jual beli mobil bekas.

  1. Penjual mobil bekas menjual mobil ke Carsome Indonesia
  2. Penjual mobil dapat memilih antara mengikuti bidding (lelang) atau menjual langsung ke Carsome
  3. Mobil yang diminta untuk dilelang akan dilelang di dealer-dealer mobil tersertifikasi di Indonesia
  4. Mobil yang dijual langsung ke Carsome akan diiklankan di situs web Carsome
  5. Calon pembeli mobil bekas dapat melihat-lihat dan membeli mobil bekas yang ada di situs web Carsome.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Carsome Indonesia

  1. Mobil memiliki sertifikasi Carsome

Semua mobil yang dijual di Carsome Indonesia bertanda Carsome Certified. Tiap kali ada calon penjual yang hendak menjual mobil bekas ke Carsome, selalu dilakukan inspeksi (pemeriksaan) mobil secara menyeluruh. Maka semua mobil yang dijual di Carsome kualitasnya dijamin.

Secara spesifik, Carsome Certified berarti mobil sudah dipastikan bebas dari kecelakaan besar, rangka, kebakaran, atau kerusakan akibat banjir. Selain itu, setelah Carsome membeli mobil bekas dari penjual, selalu dilakukan rekondisi mobil sebelum didaftarkan di situs web untuk dapat dibeli. Maka dari itu calon pembeli tidak perlu khawatir kondisi mobil buruk.

  1. Bisa Test Drive dan kapan saja

Jika sudah menemukan mobil di situs web Carsome Indonesia yang menarik perhatian Anda, klik tombol “Jadwalkan Test Drive”. Calon pembeli dapat menentukan tanggal dan waktu kapan saja.

  1. Test Drive dapat dilakukan di rumah

Praktis sekali bukan? Layanan Test Drive di rumah ini ada sejak pandemi untuk mempermudah calon pembeli yang tidak bisa datang ke kantor Carsome karena PPKM. Staf yang membawakan mobil tentunya juga mematuhi protocol kesehatan.

  1. Harga yang dibayarkan sesuai yang terdaftar di situs web

Selain Carsome Certified, mobil yang dijual di situs web Carsome Indonesia juga dilengkapi Carsome Promise. Ini adalah jaminan bahwa uang yang harus calon pembeli bayarkan saat transaksi pembelian adalah sama dengan harga yang tertulis di situs web Carsome. Calon pembeli tidak akan dikenakan biaya lain apapun yang tidak disebutkan di situs web.

  1. Pengambilan mobil berdasarkan keinginan pembeli

Apabila calon pembeli sudah yakin akan membeli mobil, calon pembeli dapat memilih antara dua cara pengambilan mobil, yaitu self pick-up atau dikirim langsung ke rumah calon pembeli. 

  1. Pembayaran sangat mudah

Pembayaran dapat dilakukan menggunakan beragam metode, antara lain:

  • Pembayaran online
  • Kartu kredit
  • Cicilan ke bank
  1. Garansi 1 tahun dan garansi uang kembali 5 hari

Daripada Anda membeli mobil bekas tanpa jaminan, lebih baik membeli di Carsome Indonesia di mana semua mobil bekas memiliki garansi. Garansi 1 tahun Carsome berlaku untuk apabila ada kerusakan mesin, transmisi, atau AC. Sementara garansi uang kembali berlaku selama 5 hari. Jarang kan ada penjual mobil bekas yang menawarkan garansi?

  1. Bisa tukar tambah

Tidak hanya membeli, Anda juga dapat melakukan tukar tambah mobil. Anda tinggal membawa mobil yang ingin Anda tukar tambah bersama dokumen-dokumennya ke salah satu cabang Carsome dan memberikan mobil Anda untuk diinspeksi. Setelah mendapatkan rincian harga jual mobil, Anda dapat memilih mobil yang dijual di Carsome, melakukan Test Drive, dan melakukan pembayaran sesuai selisih harga jual mobil lama Anda dengan harga beli mobil yang akan dibeli.

Keuntungan Menjual Mobil Bekas di Carsome Indonesia

  1. Titik inspeksi mobil ada banyak

Titik inspeksi Carsome Indonesia mencapai 175 lokasi. Ini memudahkan calon penjual untuk menemukan titik inspeksi yang dekat dengan lokasi mereka. Selain itu, inspeksi juga dilakukan dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 30 menit.

  1. Inspeksi bisa dilakukan di rumah Anda

Sama seperti layanan Test Drive di rumah, Anda dapat memanggil staf inspeksi ke rumah. Staf inspeksi akan memeriksa kendaraan Anda dan melaporkan hasilnya ke atasannya melalui telpon, kemudian Anda akan diberitahu mengenai estimasi harganya.

  1. Inspeksi GRATIS

Betul sekali, calon penjual tidak perlu membayar untuk melakukan inspeksi mobil. Jika Anda ingin menjual mobil Anda tetapi masih belum yakin, tidak masalah. Coba saja pergi ke salah satu titik inspeksi Carsome Indonesia, tidak ada ruginya karena tidak bayar. Calon penjual akan diberi tahu apakah mobil yang ingin dijual sesuai dengan sertifikasi Carsome dan berapa kisaran harga jualnya.

  1. Harga jual yang cukup kompetitif

Omong-omong soal harga jual, Carsome Indonesia membeli mobil bekas dengan harga yang bisa dibilang cukup tinggi dibanding platform lain yang serupa. Jika menjual mobil langsung ke calon pembeli (misalnya lewat aplikasi jual beli barang bekas umum), pasti akan ada tawar-menawar berkepanjangan. Dengan Carsome sebagai perantara antara penjual dan calon pembeli, harga sudah ditetapkan secara objektif sesuai kondisi mobil. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan harga yang diestimasikan oleh Carsome di bawah ekspektasi Anda.

  1. Proses yang transparan

Seperti yang disebutkan di atas, penjual dapat menjual mobil langsung ke Carsome atau melelang mobil dengan Carsome sebagai perantara. Apabila penjual memilih untuk melelang mobil, penjual akan diberi akses untuk memantau sendiri proses lelang secara live. Jadi bisa dibilang memang Carsome sangat transparan seperti klaim-nya.

  1. Proses selesai dalam satu hari

Mulai dari proses inspeksi sampai terima pembayaran, semuanya dapat dilakukan dalam sehari! Ini berlaku jika mobil dijual langsung ke Carsome (bukan dilelang). Masalah dokumen pun akan dibantu Carsome dalam mengurusnya. Tetapi apabila melalui bidding, proses bisa memakan 1-2 hari. 

Setelah membaca artikel ini, jika masih tertarik Anda dapat mencoba pergi ke situs web Carsome Indonesia untuk mencari info lebih lanjut. Jika Anda sedang menabung untuk membeli mobil bekas di Carsome Indonesia tetapi dana Anda masih belum cukup, Anda dapat mengajukan pinjaman modal Kredit Pintar. Gabungan dari harga bersaing Carsome dan pinjaman modal Kredit Pintar yang bunganya kecil bisa membantu Anda mengelola pengeluaran supaya tidak langsung habis untuk beli mobil.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download