Cara Mudah Gadai BPKB Mobil Untuk Segala Keperluan

27 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 30 Dec 2021

Hidup kadang di atas kadang di bawah, kadang berkelimpahan kadang sedang dalam kesempitan karena adanya beberapa kondisi seperti keluarga sakit, anak sekolah, usaha sedang turun, kejadian-kejadian tidak terduga yang bisa dialami siapa saja. Bersyukur disaat berkelimpahan bisa membeli barang-barang yang mempunyai nilai jual tinggi atau bahkan investasi yang bisa sebagai dana darurat saat dibutuhkan, karena saat kondisi kurang baik dan membutuhkan banyak biaya untuk keperluan penting barang-barang tersebut masih memiliki nilai jual.  Dan ini cara gadai bpkb mobil:

Cara Mudah Gadai BPKB Mobil Untuk Segala Keperluan

Barang-barang yang masih memiliki nilai jual tinggi adalah rumah, mobil, motor, emas, laptop, HP dari beberapa merek ternama yang memiliki nilai jual tinggi. Sebelum membeli barang pastikan bahwa barang-barang yang di beli mempunyai nilai purna jual tinggi sehingga masih bisa di jual atau digadaikan dengan nilai tinggi.

Sebelum melakukan gadai mobil, sebaiknya cek dulu kelengkapan surat-surat untuk persyaratannya sehingga saat proses gadai mobil tidak ada kendala. Berikut Syarat – syarat umum untuk menggadaikan mobil :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang patuh dan tunduk kepada hukum, taat kepada Pancasila dan UUD 1945. 
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Untuk karyawan memiliki pekerjaan tetap minimal 1 tahun atau beberapa lembaga keuangan mensyaratkan minimal 2 tahun kerja dengan dokumen lengkap surat keterangan kerja, surat keterangan penghasilan atau slip gaji, rekening 3 bulan, NPWP bagi karyawan. Bagi pengusaha kelengkapan surat  keterangan usaha SIUP, TDP, NPWP, dll.
  • Menyiapkan kelengkapan surat-surat pribadi seperti KTP dan fotokopi nya, KK dan fotokopinya, bagi yang sudah menikah kelengkapan administrasi dari suami istri.
  • Mempunyai kendaraan mobil dengan surat yang lengkap seperti BPKB yang akan digadaikan, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, Usia mobil yang akan digadaikan maksimal 20 tahun. 

Siapkan semua kelengkapan tersebut dalam satu tempat file yang asli dan fotokopi sebaiknya dipisah supaya memudahkan saat nanti petuga mengeceknya. Setelah menyiapkan semua dokumen untuk gadai mobil maka hal yang penting dilakukan adalah menentukan tempat gadai yang terpercaya dan aman, untuk memastikan gadai mobil aman

Baca juga:  Tips Jual Beli Mobil Bekas

Lembaga keuangan penyedia fasilitas pinjaman dengan gadai mobil

Berikut adalah lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan gadai mobil yang terpercaya dan aman

  1. Pegadaian 

Pegadaian adalah perusahaan negara yang memfasilitasi dalam memberikan pinjaman dana dengan cara gadai BPKB mobil dengan nama Kreasi. Besar pinjaman yang diberikan dengan gadai BPKB dibawah 10 juta.

2. Adira Finance

Adira Finance adalah lembaga keuangan yang memberikan fasilitas gadai dengan platform pinjaman mulai dari 10 juta sampai dengan 2 Miliar. Dengan masa pinjaman 12 bulan s.d 48 bulan, dengan suku bunga kompetitif berkisar 0.65 – 1 persen per bulan. 

3. BFI Finance

BFI adalah lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman dengan gadai mobil dengan pinjaman mulai dari 10 juta rupiah. Pinjaman yang bisa diberikan  tergantung pada usia mobil dan kondisi mobil dengan maksimal pinjaman bisa mencapai 85 persen dari nilai mobil yang digadaikan. Kelebihan dari BFI adalah proses yang mudah dan cepat proses pencairannya kurang lebih 1 jam tanpa survey apabila semua syarat sudah dipenuhi.

4. Mandiri Tunas Finance

Bank Mandiri juga mempunyai fasilitas gadai mobil adalah Mandiri Tunas Finance lembaga keuangan ini memiliki produk Pinjaman Multiguna. Keunggulan gadai mobil di Mandiri Tunas Finance adalah  pencairan dana bisa maksimal hingga 90 persen dari nilai mobil yang digadaikan, dengan masa pinjaman maksimal 3 tahun. Besaran pinjaman dan suku bunga disesuaikan dengan nilai mobil dan kondisi keuangan dari calon nasabah. Untuk syarat dan ketentuan umum sama dengan lembaga keuangan lainya

5. WOM Finance

Group Maybank juga mempunyai WOM Finance yang memberikan fasilitas pinjaman dengan gadai mobil dengan proses cepat tanpa BI checking. Dana pinjaman bisa cair dalam waktu 1 hari kerja, tanpa potongan biaya tambahan. Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 3 juta – Rp 2 miliar. Untuk syarat – syarat umum sama dengan lembaga keuangan lainnya. Kelengkapan surat mobil dan nasabah

Demikian daftar rekomendasi gadai BPKB mobil resmi yang terpercaya. Selain lembaga keuangan  diatas  juga masih banyak  lembaga gadai yang lain yang bisa di survey, dan sebelum melakukan gadai sebaiknya di periksa dan di cek dari lembaga tersebut supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan atau mengalami kerugian.

Setelah semua kelengkapan dan menentukan tempat gadai mobil mana yang akan di pilih, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah : 

  • Mendatangi kantor gadai mobil terdekat, sebaiknya sesuai domisili dan cari penggadaian atau tempat gadai yang cabang jangan yang unit kecil, karena ada kalanya untuk kantor pegadaian yang kecil tidak melayani gadai beberapa barang karena tidak adanya tim tafsir barang yang akan menilai berapa nilai mobil yang akan di gadai. 
  • Membawa semua kelengkapan dokumen yang sudah di siapkan pada syarat – syarat gadai diatas
  • Mengantri untuk mendapatkan arahan dan layanan petugas, dan pastikan membawa alat tulis sendiri supaya tidak tunggu-tungguan dengan customer lain.
  • Setelah petugas memanggil dan memberikan form pengajuan serta memberikan pengarahan maka silahkan diisi sesuai ketentuan. Dalam mengisi formulir pastikan hati- hati dan benar karena kalau ada kesalahan repot harus menghapus atau mengisi ulang
  • Petugas akan memanggil antrian sesuai dengan antrian dan saat itu akan dilakukan pengecekkan dokumen jadi pastikan semua dokumen pendukung sudah lengkap, sehingga semua sudah lengkap  saat akan dilakukan pengecekan mobil beserta surat – suratnya serta taksiran nilai  gadainya.
  • Setelah platform nilai gadainya disetujui maka petugas akan memproses gadainya dan membuat surat SBK (Surat Bukti Kredit) anda tinggal menunggu untuk dipanggil.
  • Setelah semua proses selesai petugas akan memanggil dan menjelaskan semua ketentuan jatuh tempo, denda, administrasi, dan waktu pelelangan, dll
  • Setelah itu semua dokumen selesai dan menandatangani SBK serta membayar biaya administrasi kurang lebih 10 persen dari pinjaman yang diajukan maka proses selesai.
  • Setelah proses gadai selesai uang akan ditransfer melalui rekening nasabah dan nasabah bisa pulang
https://media.istockphoto.com/photos/mobile-to-mobile-payment-transfer-picture-id1148621167?b=1&k=20&m=1148621167&s=170667a&w=0&h=6JFTrxwRIUSoiJN4U50whwU_CK05JC-Z3M0idcx1PKg=

Setelah mobil kendaraan digadai pastikan tanggal jatuh tempo supaya tidak terlewatkan untuk menebus gadai sehingga kendaraan tidak sampai dilelang. Kalau dana belum ada untuk menebus gadai proses gadai bisa diperpanjang dengan membayar biaya administrasi dan biaya bunganya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download