Inilah 10 Kebiasaan yang Membuat Kita Cepat Tua

Inilah 10 Kebiasaan yang Membuat Kita Cepat Tua

09 Jun 2021 by kreditpintar
Beberapa Kebiasaan yang Membuat Kita Cepat Tua

Tahukah Sobat Pintar? Rupanya ada beberapa kebiasaan yang sepertinya sadar atau tidak sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari dan kebiasaan tersebut membawa dampak kurang baik bagi kita. Dampak kurang baik tersebut adalah kebiasaan ini akan membuat kita cepat tua. Lantas, apa saja sepuluh kebiasaan yang bisa membuat kita cepat tua?

Kebiasaan #1: Sering Memakan Dessert Manis

Rupanya, kebiasaan nikmat satu ini bisa membuat kita cepat tua. Ia tidak hanya dapat menambah bobot tubuh kita. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan seorang dokter kulit asal San Diego yang bernama Susan Stuart, MD. Beliau berkata bahwa molekul gula dapat menempel pada serat protein di setiap sel kita. Proses ini disebut sebagai glikasi yang dapat meningkatkan garis halus dan keriput pada wajah.

Kebiasaan #2: Menjadi Seseorang yang Multitasking

Hal ini didukung oleh pernyataan Raymon Casciari, MD. yang merupakan Chief Medical Officer di Rumah Sakit St. Joseph di Orange, California, Amerika Serikat. Beliau berkata bahwa multitasking dapat menciptakan lebih banyak stres. Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa stres kronis dapat memicu pelepasan radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penuaan.

Kebiasaan #3: Tidur Kurang dari 5 Jam Sehari

Kurang tidur tidak hanya bisa menghasilkan kantung pada mata kita, tetapi juga biasa dikaitkan dengan umur yang lebih pendek. Analisa mengenai tidur dilakukan oleh Dr. Casciari di Rumah Sakit St. Joseph. Beliau berkata bahwa tidur yang optimal berlangsung selama tujuh jam. Kita perlu tidur lebih awal jika mengalami hal-hal tidak nyaman seperti kurang energi di siang hari, lesu mental, kurang fokus, atau kenaikan berat badan.

Kebiasaan #4: Duduk Seharian

Meski terlihat nyaman, duduk seharian rupanya bisa meningkatkan risiko gagal ginjal kronis, penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, kanker, serta obesitas. Hal ini didukung oleh pernyataan British Journal of Sports Medicine bahwa kita perlu berolahraga untuk mengatasi hal ini. Idealnya, kita perlu olahraga selama 150 menit dalam seminggu, untuk meningkatkan kemungkinan hidup 10-13 tahun lebih lama dari mereka yang tidak berolahraga.

Kebiasaan #5: Menonton Serial secara Maraton

Studi yang dilakukan British Journal of Sports Medicine pada 11.000 orang Australia berusia 25 tahun ke atas menunjukkan, bahwa untuk setiap jam menonton televisi, orang dewasa telah memotong harapan hidup mereka selama 22 menit. Selain itu, orang yang menghabiskan waktu rata-rata 6 jam sehari untuk menonton TV bisa hidup lima tahun lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak.

Kebiasaan #6: Hanya Menggunakan Tabir Surya saat Liburan

Faktanya, pekerjaan sehari-hari yang kita lakukan di rumah dapat membuat kulit kita lebih rusak dari pada saat kita menghabiskan waktu di pantai. Ini merupakan pernyataan dari Profesor Dermatologi di Wake Forest Baptist Medical Center, Sarah L. Taylor, MD., Oleh karenanya, kita harus menggunakan tabir surya, karena paparan ultraviolet adalah penyebab nomor satu pada setiap tanda penuaan dini.

Kebiasaan #7: Menggunakan Makeup Terlalu Banyak

Rupanya memakai makeup secara berlebihan bisa membuat kita mengalami penuaan dini. Hal ini dikarenakan produk berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori kulit kita. Selain itu, produk yang punya kandungan bahan kimia serta alkohol dapat mengeringkan kulit. Alhasil, minyak alami wajah dapat hilang dan garis prematur serta keriput muncul.

Kebiasaan #8: Tidur dengan Bantal di Samping Wajah

Tidur dengan posisi ini dapat membuat wajah keriput dan mempercepat penuaan. Jaringan ikat serta kolagen di wajah dapat melemah. Kulit pun dapat berkurang kemulusannya. Selain itu, garis lipatan dari bantal dapat menjadi permanen.

Kebiasaan #9: Suhu Rumah Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Kondisi ekstrem antara dingin dan panas pada sebuah ruangan dalam waktu yang terlalu lama dapat membuat kulit kering, keriput, dan memberikan dampak penuaan. Oleh karena itu, kita perlu mengatur suhu ruangan atau dengan mencoba memakai humidifier.

Kebiasaan #10: Minum dengan Sedotan

Kebiasaan satu ini sepertinya sering kita lakukan karena banyaknya minuman kekinian di masa sekarang. Meminum minuman melalui sedotan memang dapat mencegah noda pada gigi, tetapi ia dapat menyebabkan keriput di sekitar mata serta keriput prematur di sekitar mulut. Ini juga bisa terjadi saat kita merokok.

Itulah sepuluh kebiasaan yang membuat kita cepat tua. Hindari kebiasaan-kebiasaan di atas dan perbanyak melakukan hal yang membuat kita tetap awet muda. Contohnya, meminum banyak air putih, mencukupkan waktu tidur, rajin membersihkan kulit, dan masih banyak lagi. Selamat menjaga kesehatan dimulai dari sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk