7 Cara Menghilangkan Mata Panda dalam Waktu 5 Menit

08 Jun 2021 by kreditpintar, Last edit: 13 Mar 2022

Meski terlihat sepele, mata panda seringkali dikeluhkan oleh banyak orang. Hal ini karena mata panda bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih tua dan lusuh. Yang jadi pertanyaan adalah, adakah cara menghilangkan mata panda dalam waktu 5 menit?

Mata panda bisa menyerang orang dari berbagai usia. Tak hanya orang dewasa, kondisi ini juga bisa menyerang anak muda, baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengeluh karena menderita mata panda.

Sobat Pintar, apakah kamu sedang mencoba menghilangkan mata panda dalam sekejap? Jika ya, kamu datang ke tempat yang tepat! Berikut ini cara menghilangkan mata panda dalam waktu 5 menit yang bisa kamu coba.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Perawatan Kulit, Dijamin Wajah Jadi Glowing!

Apa Itu Mata Panda?

Mata panda merupakan lingkaran di bawah mata yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur ataupun kelelahan. Meski dapat merusak penampilan, mata panda ternyata bukanlah masalah medis.

Meski dapat menyerang semua orang, mata panda biasanya terjadi kepada:

  • Orang yang sudah tua
  • Punya kecenderungan genetik untuk kondisi ini (hiperpigmentasi periorbital) 
  • berasal dari kelompok etnis non-kulit putih (warna kulit yang lebih gelap lebih rentan terhadap hiperpigmentasi di sekitar area mata)

Kebanyakan mata panda memang disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Meski begitu, ternyata ada faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi mata panda pada seseorang. Simak penjelasannya di poin selanjutnya, Sobat Pintar.

Penyebab Mata Panda

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan mata panda:

Kelelahan

Tidur berlebihan, kelelahan ekstrem, atau hanya begadang beberapa jam setelah waktu tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata kamu. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kusam dan pucat, sehingga jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit akan terlihat. 

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata, yang membuat mata terlihat bengkak. Akibatnya, lingkaran hitam yang nampak sebenarnya adalah bayangan dari kelopak mata yang bengkak.

Penuaan Alami

Selain kelelahan, penuaan alami juga menjadi penyebab umum lain dari mata panda. Seiring bertambahnya usia, kulit yang kamu miliki menjadi lebih tipis. 

Selain itu, kamu juga kehilangan lemak dan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit. Hal ini menyebabkan pembuluh daerah gelap di bawah kulit kamu menjadi lebih terlihat dan menyebabkan area di bawah mata menjadi gelap.

Terlalu Sering Menatap Layar

Terlalu lama menatap layar televisi atau komputer dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata. Nah, ketegangan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata kamu akan terlihat lebih gelap.

Alergi

Kemudian, reaksi alergi dan mata kering juga bisa memicu mata panda. Saat mengalami reaksi alergi, tubuh kamu akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap bakteri berbahaya. 

Selain menyebabkan gejala tidak nyaman seperti gatal, kemerahan, dan mata bengkak, histamin juga dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan lebih terlihat di bawah kulit kamu. 

Selain itu, alergi juga dapat meningkatkan keinginan kamu untuk menggosok dan menggaruk kulit yang gatal di sekitar mata. Tindakan ini dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan bahkan bisa membuat pembuluh darah pecah. 

Hal ini dapat menghasilkan bayangan gelap di bawah mata kamu.

Kurang Minum 

Dehidrasi adalah penyebab umum lain pada mata panda. Ketika tubuh kamu tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata akan mulai terlihat kusam. Kulit kusam ini akan membuat mata kamu terlihat cekung. 

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kamu memproduksi melanin berlebih. Melamin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit.

Saat tubuh terpapar oleh matahari secara berlebihan, maka pigmentasi pada kulit menjadi lebih gelap. Termasuk pada kulit disekitar mata kamu.

Faktor Genetik

Genetika juga bisa berperan dalam menghasilkan lingkaran hitam di bawah mata kamu. Hal ini bisa saja terjadi sejak awal masa kanak-kanak, dan mungkin memburuk seiring bertambahnya usia.

Penyakit Tiroid

Kondisi tiroid— baik hipertiroidisme ataupun hipotiroidisme—dapat menimbulkan kantung atau lingkaran di bawah mata. Hal ini karena penyakit tiroid dapat meningkatkan retensi cairan di sekitar mata, yang kemudian menarik kulit di bawah mata untuk membuat lekukan seperti kantong.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kusam, Ternyata Mudah!

Cara Menghilangkan Mata Panda dalam 5 Menit

Ada berbagai cara untuk menghilangkan mata panda, baik dengan cara alami maupun medis. Jika dilakukan dengan benar, cara-cara ini bisa menghilangkan mata panda dengan cepat, bahkan 5 menit saja!

Berikut ini cara menghilangkan mata panda dalam 5 menit, baik secara alami maupun medis.

Cara Menghilangkan Mata Panda Dalam 5 Menit Secara Alami

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangatlah baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit dibawah mata. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kurang tidur dapat membuat kulit kamu tampak pucat, dan membuat lingkaran hitam nampak terlihat lebih jelas. 

Nah, untuk mencegah mata panda, kamu setidaknya harus meluangkan waktu 8 jam untuk tidur setiap hari. Jika mengalami kesulitan untuk tidur, kamu bisa mengatasinya dengan cara meditasi, menghindari tidur siang, berolahraga di waktu siang, dan lain-lain.

Kurangi Merokok dan Konsumsi Alkohol 

Merokok dan minum alkohol secara umum memang punya efek buruk terhadap kesehatan, termasuk membuat kulit dehidrasi dan memunculkan lingkaran hitam pada mata. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan pembuluh darah melebar di bawah mata, yang membuat lingkaran hitam terlihat lebih menonjol.

Lakukan Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Hal Ini dapat mengurangi munculnya bengkak dan membantu menghilangkan lingkaran hitam. 

Caranya, Sobat Pintar bisa membungkus beberapa es batu dengan waslap bersih lalu mengoleskannya ke mata. Setelah itu, oleskan waslap ke kulit di bawah mata selama 20 menit. Ulangi proses ini jika kain sudah mulai hangat atau jika es mencair, ya!

Kompress dengan Timun

Banyak orang menggunakan timun pada mata sebagai bagian dari relaksasi. Selain sebagai relaksasi, ternyata timun juga sangat baik untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata panda. Hal ini karena timun dapat memberikan kandungan air bagi mata.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengiris timun tipis-tipis terlebih dahulu. Setelah itu, letakan irisan timun di bawah kelopak mata selama 10-15 menit.

Kompress dengan Kantung Teh

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan melakukan kompress menggunakan kantung teh. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit. 

Rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit dan dinginkan di kulkas selama 15 hingga 20 menit. Setelah dingin, oleskan teh celup ke mata tertutup selama 10 hingga 20 menit. Setelah dilepas, bilas mata dengan air dingin.

Gunakan Sendok

Selanjutnya, bahan sehari-hari yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan mata panda adalah sendok. Caranya, Masukkan dua sendok logam ke dalam freezer di malam hari. Lalu, di pagi hari, letakkan bagian belakang sendok dingin di bawah mata sedekat mungkin dengan sudut bagian dalam. 

Kemudian, berikan sedikit tekanan dan secara perlahan luncurkan sendok ke sudut luar. Gerakan meluncur ini akan membantu mengalirkan cairan yang terkumpul di bawah mata kamu, sementara sendok dingin akan membantu meminimalkan bengkak.

Gunakan Lidah Buaya dan Bahan-bahan Alami Lainnya

Untuk meningkatkan hidrasi kulit dan menghilangkan lingkaran hitam, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit setiap hari dan membiarkannya sepanjang malam. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lain seperti jus lemon, madu, atau air mawar. 

Selain dioleskan pada kulit, kamu juga bisa mengkonsumsi gel lidah buaya dalam berbagai hidangan, termasuk smoothie, saus, dan salsa. Namun sebelum mengkonsumsinya, pastikan untuk mencuci potongan gel padat yang dipanen secara menyeluruh terlebih dahulu.

Hal ini untuk menghilangkan residu dan lateks, zat di dalam daun yang dapat membahayakan kesehatan kamu.

Baca juga: Cara Mengempeskan Jerawat Cepat Dalam Semalam

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download