Ini 13 Cara Menghilangkan Mata Panda Paling Cepat dan Mudah

Ini 13 Cara Menghilangkan Mata Panda Paling Cepat dan Mudah

08 Jun 2021 by kreditpintar
Ini 13 Cara Menghilangkan Mata Panda Paling Cepat dan Mudah

Mata panda sering menjadi permasalahan banyak orang. Lingkaran hitam yang ada di sekitar mata ini sering merusak penampilan seseorang. Harusnya bisa mendapatkan penampilan yang sempurna, namun karena adanya mata panda ini tampilan sempurna jadi rusak. Sebenarnya Sobat Pintar bisa menutupi mata panda ini dengan beberapa produk make-up, seperti foundation, concealer, hingga bb cream. Namun ternyata menutupinya bukan solusi yang tepat dan Sobat Pintar membutuhkan tips agar mata panda memudar ini.

Bagaimana sih tips agar mata panda memudar ini? Sobat Pintar pasti tidak ingin penampilan Sobat Pintar jadi rusak karena mata panda ini. Buat Sobat Pintar yang penasaran dengan tips agar mata panda memudar, baca artikel ini hingga selesai, ya! Karena di sini akan ada penjelasan cara menghilangkan mata panda paling mudah dan cepat.

Apa Itu Mata Panda?

Mata panda merupakan lingkaran hitam yang ada di sekitar mata yang kehadirannya sangat mengganggu penampilan seseorang. Mata panda dapat terjadi pada semua orang, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Sering tidur larut malam atau begadang menjadi salah satu penyebab mata panda ini. Selain dapat merusak penampilan seseorang, mata panda juga akan membuat seseorang tampak lesu.

Penyebab Mata Panda

Selain kurang tidur dan kelelahan, mata panda juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Apa saja beberapa penyebab lainnya ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Terlalu lama menangis
  2. Mengalami dehidrasi atau kekurangan kekurangan cairan
  3. Merokok atau mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  4. Terlalu banyak menatap layar komputer atau gadget terlalu lama
  5. Papan sinar matahari yang berlebihan
  6. Alergi
  7. Faktor genetic
  8. Terlalu sering menggosok area mata
  9. Adanya gangguan tiroid
  10. Infeksi kulit
  11. Mata kelelahan
  12. Proses penuaan

Karena banyaknya penyebab mata panda ini, penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui penyebab mata panda yang Sobat Pintar alami. Hal ini dilakukan agar mudah menemukan solusi dari permasalahan mata panda Sobat Pintar.

Cara Menghilangkan Mata Panda

cara menghilangkan mata panda

Ada dua cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk menghilangkan mata panda, yaitu dengan cara alami dan dengan cara medis. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Secara Alami

Berikut tips agar mata panda memudar secara alami yang dapat Sobat Pintar lakukan:

1. Tidur yang Cukup

Cara menghilangkan mata panda pertama yang dapat Sobat Pintar lakukan adalah dengan tidur yang cukup. Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab mata panda yang paling sering terjadi adalah karena kurangnya tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, seperti kulit tampak kusam, putat, hingga munculnya mata panda ini. Jika Sobat Pintar mengalami insomnia, Sobat Pintar dapat melakukan beberapa untuk mengatasinya, mulai dari tidur dengan keadaan gelap, melakukan olahraga, menggunakan suara music tertentu, hingga mengkonsumsi makanan bergizi.

2. Kurangi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Bagi Sobat Pintar yang mengkonsumsi alkohol dan kafein, sebaiknya menguranginya. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi alkohol dan kafein dapat menyebabkan mata panda semakin parah.

3. Kompres Dingin

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya yang cukup mudah adalah dengan melakukan kompres dingin. Kompres air dingin ini dapat dilakukan dengan cara mencelupkan handuk dingin ke air es, kemudian letakan di area bawah mata selama 20 menit.

4. Kompres dengan Timun

Selain kompres dengan air dingin, Sobat Pintar juga dapat mengompres area bawah mata dengan timur. Iris timun tipis-tipis, kemudian letakan di area bawah mata. Sobat Pintar dapat melakukan ini saat menggunakan masker.

5. Kompres Menggunakan Kantung Teh

Selain air dingin dan timur, kantung teh juga dipercaya dapat membantu menghilangkan mata panda. Sobat Pintar dapat melakukannya dengan cara menyeduh kantung teh hitam atau teh hijau selama 5 menit, kemudian setelah dingin dan dimasukan kulkas, Sobat Pintar dapat meletakkannya di area bawah mata selama 15 hingga 20 menit.

6. Gunakan Sendok

Sendok juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya pun sangat mudah. Siapkan sendok, kemudian masukan ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah sendok tersebut dingin, tempelkan area cembung sendok ke area mata.

7. Dengan Bahan-Bahan Alami

Selain cara-cara di atas, Sobat Pintar juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti buah dna sayuran untuk menghilangkan mata panda ini. Ada beberapa buah dan sayuran yang dapat Sobat Pintar gunakan, antara lain lidah buaya, tomat, lemon, kentang, dan juga madu.

Secara Medis

Sedangkan untuk cara medis, berikut tips agar mata panda memudar yang dapat Sobat Pintar lakukan:

1. Menggunakan Krim Khusus

Cara medis pertama yang dapat Sobat Pintar lakukan adalah dengan menggunakan krim khusus untuk mencerahkan kulit. Penggunaan krim pencerah kulit ini dapat membantu memudarkan mata panda akibat produksi melanin yang berlebihan. Sobat Pintar dapat memilih krim-kirim khusus yang mengandung hydroquinone dan retinol untuk menghilangkan permasalahan kulit wajah satu ini.

2. Gunakan Asam Azelaic

Selain krim khusus, untuk menghilangkan mata panda ini biasanya dokter akan meresepkan produk perawatan kulit dengan kandungan asam azelaic yang ada di dalamnya. Bahkan asam azelaic ini dipercaya aman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

3. Gunakan Vitamin C Topikal

Penggunaan vitamin C topikal minimal selama 6 bulan dipercaya dapat membantu menghilangkan mata panda, jadi Sobat Pintar dapat mencobanya.

4. Melakukan Chemical Peeling

Ingin melakukan perawatan di dokter kulit tapi bingung jenis perawatan apa yang harus dipilih? Mungkin chemical peeling bisa menjadi salah satu pilihan. Bahan asam alfa hidroksi yang terkandung dalam chemical peeling dipercaya dapat membantu mencerahkan area sekitar mata.

5. Lakukan Laser dan Filler

Laser dan filler juga bisa menjadi pilihan bagi Sobat Pintar yang ingin menghilangkan mata panda. Perawatan laser dengan intensitas rendah dapat membantu menghilangkan mata panda. Sedangkan untuk mata panda yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah, filler bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Operasi Kelopak Mata

Sobat Pintar juga dapat melakukan operasi kelopak mata untuk menghilangkan mata panda ini. Prosedur operasi yang digunakan ini bernama blefaroplasti yang akan mengatasi permasalahn mata panda dengan penyebab lemak berlebih di sekitar mata.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghilangkan mata panda yang dapat Sobat Pintar pilih. Memiliki mata panda memang sangat mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Di antara cara-cara tersebut, mana nih yang akan Sobat Pintar pilih? Bagi Sobat Pintar yang memiliki permasalahan mata panda dan ingin melakukan pengobatan namun tidak ada dana, Kredit Pintar bisa menjadi solusi tepat.

Kredit Pintar merupakan pinjaman online yang akan membantu Sobat Pintar mengatasi permasalahan finansial. Kredit Pintar aman karena telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan Kredit Pintar mendapatkan pinjaman jadi super mudah, termasuk bagi Sobat Pintar yang membutuhkan tips agar mata panda memudar secara medis.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk