Mengatasi Kulit Kusam, Ternyata Mudah!

12 Jul 2021 by Laruan

Memiliki kulit bersih dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Terlebih lagi bagi seorang wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Seperti yang kita tahu bahwa kesan pertama seseorang bisa dinilai pada penampilannya.

Ada beberapa penyebab kulit kusam yang sebenarnya sering kita jumpai atau lakukan sehari-harinya. Penyebab kulit kusam di antaranya sering begadang, pola hidup yang tidak teratur, polusi udara, skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit, serta kurang olahraga.

Mengatasi Kulit Kusam, Ternyata Mudah!

Klinik kecantikan bisa menjadi tujuan Sobat Pintar untuk mengatasi kulit kusam yang begitu mengganggu penampilan. Namun, sebelum Sobat Pintar merogoh kantong untuk jajan di klinik kecantikan, Sobat Pintar bisa coba cara-cara berikut ini untuk mengatasi kulit kusam.

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Ini sangat penting karena kulit wajah begitu rentan terhadap polusi, apalagi buat Sobat Pintar yang sering aktivitas di luar ruangan. Cobalah untuk rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari pada pagi dan menjelang tidur.

Bersihkan wajah dengan sabun atau brand kecantikan yang biasa Sobat Pintar pakai. Biasakan juga untuk memberikan pijatan lembut pada kulit wajah. Hal tersebut bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah Sobat Pintar akan tampak lebih cerah. 

2. Rutin Memakai Masker

Tidak hanya dibersihkan, wajah Sobat Pintar juga butuh dimanjakan. Contohnya rutin memakai masker, baik itu masker alami atau masker instan yang sudah dikemas. Namun dianjurkan untuk memakai masker alami. Selain bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan, masker alami lebih aman untuk kulitmu.

Beberapa bahan yang bisa Sobat Pintar sulap menjadi masker wajah alami adalah pepaya, putih telur, lidah  buaya, kunyit, dan masih banyak lagi. Dengan memakai masker alami secara rutin 2 kali seminggu, akan membantu mengusir kulit kusammu.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Kurang mengkonsumsi air putih juga bisa menjadi penyebab kulit kusam, lho. Tidak diragukan lagi kalau air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Salah satu manfaatnya adalah mampu melengkapi nutrisi penting pada sel dan jaringan kulit. Hal tersebut bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit Sobat Pintar sehingga tampak lebih kencang.

Dengan begitu, air putih bisa menjadi salah satu senjata Sobat Pintar untuk memerangi kulit kusam. Yuk, mulai sekarang, perbanyak minum air putih dan kurangi minuman bersoda dan kafein.

4. Mengatur Waktu Tidur

Banyaknya pekerjaan atau tugas membuat Sobat Pintar sering begadang. Tanpa disadari, kekurangan waktu untuk beristirahat juga dapat menyebabkan kulit kusam. Kurangi waktu begadang menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam yang Sobat Pintar alami.

Cobalah untuk mengatur kembali jadwal bekerja atau mengerjakan tugas di rumah agar tidak memaksa Sobat Pintar untuk sering begadang. Atur jadwal istirahat Sobat Pintar agar kembali mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

5. Melakukan Eksfoliasi

Kotoran, debu, dan sel kulit mati adalah penyebab wajahmu tampak kusam. Kamu perlu melakukan eksfoliasi terhadap kulitmu. 

Eksfoliasi adalah usaha pengangkatan sel kulit mati yang menyebabkan kulit tampak kusam. Cara ini bisa Sobat Pintar lakukan di rumah menggunakan scrub khusus wajah. Penggunaan scrub secara rutin setidaknya satu sampai dua kali seminggu, sangat membantu Sobat Pintar untuk mengembalikan wajah cerahmu.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tambah asupan nutrisi pada kulit dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Jangan bosan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur, karena cara ini bisa membantu Sobat Pintar mengusir kulit kusam yang mengganggu penampilan.

Mengatur pola makan juga penting agar nutrisi dari buah dan sayur itu bisa diserap tubuh dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan di jus, atau dikonsumsi langsung setelah dicuci. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan makananmu.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kusam yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah. Perawatan pada wajah yang rutin bisa membantu mengembalikan wajah cerahmu secara maksimal.

Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload