Ingin Diet? Berikut Tips Diet Sehat Saat Puasa, Pasti Efektif!

Ingin Diet? Berikut Tips Diet Sehat Saat Puasa, Pasti Efektif!

05 May 2021 by kreditpintar
tips diet sehat

Banyak orang bersemangat menjalankan ibadah puasa untuk tujuan diet sehat saat puasa yang pastinya efektif. Lamanya berpuasa yang terjadi kurang lebih 14 jam sehari dianggap hampir serupa dengan program diet Keto. Namun meski begitu, tujuan utama berpuasa tetaplah untuk beribadah.

Mendambakan tubuh yang ideal di Hari Raya Idul Fitri nanti adalah sesuatu yang sah-sah saja. Terlebih jika kamu berencana untuk bertemu dengan keluarga besar dan ingin tampil beda di hadapan mereka. Lantas, apa tips diet sehat saat puasa?

1. Jalankan Sahur

Meski sedang diet saat puasa, kamu perlu memenuhi asupan nutrisi dengan baik. Salah satu cara memenuhi asupan nutrisi ini adalah dengan menjalankan sahur. Pastikan makanan yang kamu konsumsi selama sahur punya nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Kamu bisa menjadikan nasi merah sebagai sumber karbohidrat, daging merah tanpa lemak sebagai tambahan lemak sehat, telur sebagai sumber protein, serta sayuran dan buah-buahan sebagai makanan kaya serat. Kamu bisa memilih menu makanan lain yang kamu sukai, asalkan memenuhi kebutuhan karbohidrat, lemak sehat, protein, serta serat.

Serat amat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa, karena ia diserap dan dicerna tubuh dalam waktu yang lebih lama. Hal ini membuat kamu dapat merasa kenyang lebih lama dan mencegah lapar saat puasa.

2. Hindari Makan Makanan Olahan

Makanan olahan memang selalu terasa enak di lidah. Hal ini dikarenakan kandungan MSG, pemanis buatan, sodium, serta lemak yang dikandungnya. Jenis makanan ini perlu kamu hindari, karena ia membuat kamu mudah lapar dan kalap saat berbuka puasa.

Pastikan menu berbuka puasa serta sahur yang kamu santap merupakan makanan organik atau makanan olahan sendiri. Makanan organik memiliki kandungan nutrisi yang terjamin. Kamu bisa mengolah sendiri santapanmu dengan cara ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

tips diet puasa

3. Saat Berbuka Puasa, Jangan Makan Berlebihan

Tahukah kamu? Kebiasaan “balas dendam” saat berbuka adalah sesuatu yang perlu kamu hindari selama menjalankan diet saat puasa.

Makan secara berlebihan saat berbuka puasa justru akan meningkatkan bobot badanmu. Terlebih jika makanan dan minuman yang kamu nikmati mengandung gula berlebih serta lemak jenuh. Oleh karena itu, makanlah dalam porsi yang cukup. Hindari makan secara berlebihan, agar program diet saat puasamu berjalan dengan efektif.

4. Tetap Berolahraga saat Puasa

Olahraga tetap perlu kamu lakukan selama puasa. Aktivitas ini secara efektif dapat melengkapi proses diet saat puasa yang tengah kamu jalankan. Rutin berolahraga saat puasa dapat membuat tubuh tetap sehat, menurunkan berat badan, serta membentuk otot.

Kamu bisa berolahraga di malam hari setelah berbuka puasa. Namun kamu pun bisa melakukan aktivitas ini selama 30-60 menit sebelum berbuka agar tidak merasa lemas, haus, dan kelaparan.

5. Tidur yang Cukup

Pastikan tidur kamu cukup selama puasa. Karena kamu harus bangun lebih awal untuk menjalankan sahur selama puasa, usahakan untuk selalu tidur lebih awal.

Tips diet sehat saat puasa yang satu ini, terbilang penting, karena saat kamu kurang tidur, peningkatan hormon ghrelin akan terjadi. Hormon ini yang menyebabkan nafsu makan bertambah dan membuatmu kalap saat berbuka puasa.

Itulah tips diet sehat saat puasa yang direkomendasikan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, kamu tentu perlu mengonsumsi makanan-makanan organik. Mulailah berbelanja makanan organik dari sekarang, agar keinginanmu untuk mendapatkan tubuh ideal dapat segera tercapai.

Terkendala biaya saat akan berbelanja makanan-makanan organik? Kredit Pintar sebagai platform pemberi pinjaman dana online hadir sebagai solusi. Mau berbelanja apapun kebutuhanmu termasuk makanan organik, Kredit Pintar siap memenuhi kebutuhanmu. Proses pinjaman dana online yang mudah dan cepat akan sangat memudahkanmu membeli apapun yang kamu mau.

Yuk, mulai program diet sehatmu dengan makan makanan organik yang sehat dan bergizi. Untuk urusan pinjaman dana kebutuhan berbelanja, Kredit Pintar solusinya!

kredit pintar